Rafida Vera Salsabela, Menulis Itu Menenangkan Jiwa


Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Neilmaldrin Noor menyerahkan piagam penghargaan kepada Rafida Vera Salsabela, pegawai KPP Pratama Palu.

Perempuan yang bekerja di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu ini mendapatkan penghargaan sebagai kontributor berita dan flash photo paling kontributif sepanjang 2022.

Tak tanggung-tanggung, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pajak Neilmaldrin Noor menyerahkan secara langsung piagam penghargaan kepada Rafida Vera Salsabela di Yogyakarta (Rabu, 19/20).

“Membuat konten itu seru, kayak pikiran bisa menari bebas di angan dalam mencari ide, melihat peluang konten, menyunting tulisan sendiri, menggali informasi dari berbagai sumber, dan belajar dari kesalahan,” ujar pemilik panggilan akrab Bela ini yang telah membuat lebih dari 100 konten berita dan flash photo untuk ditayangkan di situs web pajak.go.id.

Pencapaian itu masih membuatnya terus belajar karena ia sangat meyakini, setiap ia berhasil menulis satu konten, pasti ada ilmu baru yang didapat. “Entah dari penulisannya, kosakata baru, kesimpulannya bagaimana, dan bisa melihat permainan kata dari editor,” tambahnya.

Bela juga pernah menghadapi kendala dalam penulisan konten. Terutama apabila informasi seputar 5W1H tidak lengkap dan sepotong-potong. Ia mengatasinya dengan cara banyak bertanya kepada teman atau penanggung jawab kegiatan. “Banyakin relasi juga biar kalau mau minta informasi jadinya enak,” Bela meyakinkan.

Bagi Bela, menulis itu untuk menenangkan jiwa karena pada saat menulis, tangan, mata, dan otak bekerja sama membuat tulisan. Bela merasakan kepuasan tersendiri saat tulisannya bisa diterima secara umum. “Menulis itu candu. Menulis itu improvisasi. Menulis juga wadah untuk mencurahkan kepenatan karena kita bisa melampiaskannya melalui tulisan,” tutur Bela.

Setelah mendapatkan banyak materi penulisan selama mengikuti Lokakarya Kontributor Konten Situs Web Pajak 2022, Bela akan kembali ke Palu dengan banyak asa. Salah satunya, ia ingin dapat lebih berkiprah dan berkontribusi dalam menulis serta belajar membuat tulisan dengan target audiensi yang lebih luas lagi. “Pengen cari lebih banyak pengalaman dan ilmu karena bahasa itu luas banget,” ucap Bela.

Selamat ya Bela. Pertahankan terus prestasinya.

Daftar lengkap penerima penghargaan kontributor berita dan flash photo paling kontributif di situs web Direktorat Jenderal Pajak http://www.pajak.go.id sepanjang 2022:

  1.  Rafida Vera Salsabela, KPP Pratama Palu
  2.  Muhammad Irfan Nashih, KPP Pratama Bulukumba
  3.  Ninda Ainun Fajrin, KPP Pratama Serang Barat
  4.  El Randi Gunarsya, KPP Pratama Gorontalo
  5.  I Gede Suryantara, KPP Madya Denpasar.

***
Riza Almanfaluthi
dedaunan di ranting cemara
20 Oktober 2022

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.