Gerakkan Revolusi Senyap, Ditjen Pajak Kumpulkan Pejabat Penyuluhan


Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak mengumpulkan pejabat penyuluhan dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak seluruh Indonesia untuk menyusun strategi penyuluhan  pada 2019. Rapat juga mengevaluasi capaian kinerja penyuluhan selama semester satu 2018.

“Yang terpenting adalah penyusunan strategi penyuluhan ke depan yaitu kegiatan penyuluhan dan sosialisasi tematis terkait potensi penerimaan pajak,” kata Kepala Subdirektorat Penyuluhan Perpajakan Direktorat Jenderal Pajak Aan Almaidah Anwar di Cirebon, Jawa Barat (Rabu, 12/9).

Aan mengatakan, rapat untuk mengoordinasikan persiapan piloting inklusi kesadaran pajak pada pendidikan tinggi di tahun ajaran 2018-2019. “Program inklusi kesadaran perpajakan tetap melaju di perguruan-perguruan tinggi,” tutur Aan.

Untuk itu, tambah Aan, Ditjen Pajak akan tetap berkoordinasi dengan Direktorat Penjaminan Mutu Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia sehubungan dengan pengendalian dan evaluasi penerapan pembelajaran kesadaran pajak pada pendidikan tinggi.

Menurut Aan, rapat yang berlangsung selama tiga hari itu menghadirkan narasumber dari institut Kwik Kian Gie untuk membagi pengalaman positif dan kisah sukses pembelajaran kesadaran pajak di lingkungan perguruan tinggi tersebut.

“Ke depan, rencananya kita akan melakukan finalisasi aturan-aturan dan mendorong pimpinan unit-unit di bawah untuk mendukung pelaksanaan program inklusi kesadaran pajak di lapangan,” katanya. “Program Ditjen Pajak yang paling dekat adalah Pekan Inklusi Pajak pada 22-26 Oktober 2018 mendatang yang diisi dengan berbagai lomba.”

Aan mengatakan, hasil dari rapat ini akan menjadi patokan penyeragaman strategi dalam pelaksanaan tugas edukasi pajak yang teramat penting. “Karena edukasi itu adalah revolusi senyap,” tutur Aan.

Untuk lebih memudahkan bagi unit-unit Ditjen Pajak dalam pelaksanaan tugas itu, rencananya Ditjen Pajak akan membuat aplikasi pelaporan berkala kegiatan penyuluhan yang memuat informasi capaian perubahan perilaku wajib pajak dalam “daftar, bayar, dan lapor”.(Rz)

Tulisan ini dibuat untuk situs pajakgoid dan sudah pertama kali muat di:
Sumber berita: http://pajak.go.id/news/gerakkan-revolusi-senyap-ditjen-pajak-kumpulkan-pejabat-penyuluhan

Advertisements

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.