Inilah 4 Makanan Wajib yang Bakalan Bikin Diet Sukses



Diet tanpa nasi telah sukses menurunkan berat badan saya yang semula 78 kilogram menjadi 59 kilogram. Ini program eat clean yang telah saya jalani sejak November 2014 sampai dengan sekarang.

Dibarengi dengan olah raga (Freeletics) secara teratur maka penurunan berat badan menjadi signifikan dan memberi hasil yang nyata. Hanya dalam jangka waktu 3 bulan pertama berat badan turun sebanyak 16 kilogram.

Salah satu cara yang menjadi favorit oleh kebanyakan orang dalam program diet sukses dan saya lakukan juga adalah dengan menghindari asupan berminyak. Itu bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan rebusan.

Biasanya di Tapaktuan, bahan baku rebusan itu saya beli di pasar dan saya rebus sendiri. Dari literatur yang ada ternyata rebus-rebusan yang saya olah tersebut memiliki manfaat yang sangat besar buat diet antara lain sebagai berikut:

Jagung

Kandungan serat jagung lebih banyak daripada nasi dan dapat membantu percepatan proses pencernaan tubuh. Kadar glikemik jagung lebih rendah daripada nasi. Makanya jagung seringkali menjadi sumber karbohidrat pengganti oleh penderita diabetes militus.

Selain sebagai sumber energi, jagung juga mengandung banyak mineral yang sangat bagus untuk fungsi tubuh manusia. Jagung juga baik buat kesehatan mata dan jantung kita. Memilih jagung sebagai pengganti nasi adalah pilihan tepat dalam program diet sukses.

Kacang Tanah

Orang yang sedang diet akan merasa cukup kenyang dengan memakannya secara terukur (satu genggaman tangan). Berdasarkan penelitian yang ada kacang tanah sangat membantu sekali buat orang yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badannya.

Jangan khawatir dengan lemak dalam kacang tanah karena lemaknya lebih sehat daripada minyak goreng. Kacang tanah yang kaya nutrisi ini memiliki kadar lemak tidak jenuh tunggal yang tinggi. Bahkan punya peran signifikan mengurangi kandungan kolesterol jahat.

Tahu

Tahu merupakan sumber protein yang tinggi. Tahu memiliki manfaat yang begitu luar biasa. Selain sebagai sumber energi, tahu juga mampu memperkuat tulang dan sendi. Dalam berbagai program diet sukses, tahu seringkali dijadikan menu utama.

Tahu juga berperan penting dalam penyembuhan penyakit. Mengonsumsinya secara teratur dapat mengusir kolesterol jahat, menurunkan kadar gula darah yang tinggi, dan menjaga kesehatan tulang. Dalam dunia Freeletics, tulang dan persendian menjadi anggota tubuh yang sering diforsir. Menjaga asupan fosfor, kalsium, dan kalium sangat dibutuhkan dalam Freeletics. Dan tahu dapat memenuhinya.

Satu hal yang pasti, tahunya jangan ditambah dengan formalin dan borax. Berbahaya!

Tauge

Tauge sebagai sumber protein selama ini lebih dikenal sebagai bahan penambah kesuburan. Sebenarnya tidak hanya itu. Tauge juga dapat membantu dalam program diet karena manfaat yang dihasilkannya.

Tauge mengandung banyak serat dan dapat mengontrol rasa lapar. Tauge memberikan rasa kenyang lebih awal sehingga menghindari kita untuk ngemil. Yang paling penting, selain kaya vitamin dan mineral tauge juga rendah lemak dan kalori. Tauge pun berguna untuk detoksifikasi tubuh. Waow….

Ayo just do it. Saya sudah, kamu kapan? Tunggu apa lagi? Jadikan diet kamu sukses.

Artikel terkait:

Apa itu Freeletics?

Apa itu Diet Eat Clean?

***

Riza Almanfaluthi

dedaunan di ranting cemara

21 Mei 2016

Gambar via: cision.com

Advertisements

6 thoughts on “Inilah 4 Makanan Wajib yang Bakalan Bikin Diet Sukses

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s