DJP RUNNERS: Dari Bandung Sampai ke Hongkong


DJPRUNNERS2

Olah raga lari sudah menjadi gaya hidup sehat masyarakat saat ini. Olah raga murah ini digemari berbagai kalangan, terutama masyarakat perkotaan. Berbagai lomba lari digelar di berbagai daerah dan menarik antusiasme masyarakat. Komunitas lari pun bermunculan bak cendawan di musim hujan. Salah satunya adalah DJP Runners.

Komunitas lari buat pegawai DJP ini didirikan dan diresmikan pada momen Car Free Day Dago, tanggal 26 April 2015, oleh Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Barat I pada saat itu, Ajat Jatnika. Selain sebagai sarana silaturahmi, DJP Runners dimaksudkan menjadi model bagi pegawai DJP untuk hidup aktif, menjaga kesehatan, dan berbagi informasi terkini di dunia lari.

Berbagai lomba telah diikuti oleh anggota DJP Runners baik dalam negeri maupun mancanegara, maraton bahkan ultra, antara lain Nusantararun Bandung Cirebon 135 Km, Jakarta Ultra 100, Jakarta Marathon 2015. Terakhir adalah Coast to Coast Night Trail Ultra 2016 di Yogyakarta.

Bahkan DJP Runners menorehkan prestasi di luar negeri dengan meraih Bronze Trophy The 6th Edition of the Vibram® Hong Kong 100 Ultra-Trail di Hongkong, Januari 2016 lalu. Salah satu anggota DJP Runners yang ikut dalam even itu adalah Bambang Tejomurti, pemeriksa pajak madya di Kantor Pelayanan Pajak Madya Bandung.

Bambang mulai menekuni olah raga lari sejak Februari 2014. Ajang Pocari Sweat Run 2014 dengan jarak 10 kilometer adalah lomba pertamanya. Berangkat dari itu banyak lomba lari yang diikutinya. Tidak sekadar lari maraton dengan jarak 42 km, bahkan lari ultra ia ikuti, hingga menaklukkan tantangan lomba lari ultra trail.

Lari ultra adalah lari dengan jarak tempuh di atas maraton. Terdiri dari dua jenis, pertama ultra road yaitu lomba lari yang diadakan di jalanan biasa. Sedangkan ultra trail adalah lomba lari yang diadakan di gunung, pantai, atau hutan. Tentu ini merupakan tantangan yang ekstrim. Bambang menikmati semuanya.

“Kalahkan dulu lari maraton, baru ikut lari ultra,” jawab Bambang ketika ditanya tentang kiat agar bisa berpartisipasi dalam lomba lari ultra. Pergaulan yang luas adalah adalah salah satu manfaat yang didapat Bambang ketika mengikuti banyak lomba lari. “Badan bugar dan body stress release itu pasti,” tambah Bambang.

Bambang juga memberikan tips buat pelari pemula, “Harus punya motivasi diri untuk menjadi lebih sehat. Sisihkan waktu dalam seminggu 2 kali lari minimal 30 menit. Untuk jarak tempuh dinaikkan secara bertahap plus berlatih bersama komunitas atau berlari bersama teman.”

Kebutuhan berlari bersama teman itu menggugahnya mendirikan komunitas lari pegawai DJP bersama Agus Maulana. Saat ini, anggota aktif DJP Runners berjumlah 28 pelari yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk berhimpun dengan DJP Runners, peminat lari bisa mengunjungi laman Facebook atau grup Whatsapp-nya. “Pegawai DJP dapat bergabung di grup ini. Kita saling berbagi informasi, pengalaman, kiat hidup sehat, latihan bersama , dan lomba lari bareng,” pungkas Bambang. [Riza Almanfaluthi]

Artikel ini dimuat di e-Magz DJP Maret 2016.

 

Advertisements

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s