Asian Games Pertandingkan Enam Cabang Baru, Kabaddi Salah Satunya


Asian Games 2018 berlangsung di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus sampai dengan 2 September 2018.

Ada 67 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam pesta olahraga terbesar bangsa-bangsa Asia ini dengan lebih dari 17.000 partisipan yang berasal dari 46 negara.

Enam di antara cabang olahraga ini merupakan cabang olahraga yang tidak biasa atau baru dikenal karena pertama kali dipertandingkan pada kegiatan internasional kali ini.

 

E-Sport

E-Sport merupakan kompetisi gim video dan sudah dikategorikan sebagai olahraga berbasis teknologi. Ini sejalan dengan industri gim video yang bertumbuh pesat pada era sekarang dan kompetisi yang banyak diselenggarakan di berbagai tempat.

Pada Asian Games 2018 ini E-Sport menjadi olahraga ekshibisi dan sebagai uji coba untuk Asian Games selanjutnya dan Olimpiade 2024.

Ada enam gim video yang dimainkan pada Asian Games 2018 ini yaitu Arena of Valor, Pro Evolution Soccer, Clash Royale, Starcraft 2, Heartstone, and League of Legends.

 

Bridge

Bridge merupakan olahraga satu-satunya yang melibatkan pemain berusia sangat lanjut.

Pemain Bridge Filipina Kong Te Yang adalah peserta Asian Games 2018 tertua yang berumur 85 tahun. Memainkan Bridge memang tidak membutuhkan stamina dan kekuatan fisik berlebih. Bridge termasuk olahraga otak seperti catur.

Di Tim Indonesia sendiri terdapat pemain gaek bernama Bambang Hartono yang berumur 78 tahun. Oleh majalah luar negeri ternama ia dinobatkan sebagai orang terkaya Indonesia.

Inti permainan Bridge adalah penawaran dan permainan kartu. Bridge dimainkan secara berpasangan. Setiap pemain akan mendapatkan 13 kartu. Tujuan permainan ini untuk memenangkan trik sebanyak mungkin untuk pasangannya. Pemenang trik adalah mereka yang memiliki kartu dengan peringkat paling tinggi.

Asian Games 2018 ini merupakan debut buat Bridge. Pertandingan olahraga ini dipusatkan di JIExpo Kemayoran Ballroom, Jakarta.

 

Pencak Silat

Pencak Silat merupakan olahraga beladiri tradisional Indonesia yang tersebar sampai ke Malaysia.

Asian Games 2018 merupakan debut Pencak Silat walaupun sudah dipertandingkan sebelumnya di Asian Beach Games dan Asian Indoor Games. Sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia memang diperkenankan untuk menambahkan tiga cabang olahraga.

Penilaian cabang olahraga ini dilihat dari pukulan, tendangan, sapuan, dan bantingan dengan sasaran adalah pelindung yang dikenakan atlet yang bertanding.

Pada ajang kali ini Tim Indonesia turun di sepuluh nomor tanding dan enam nomor seni. Pencak Silat diharapkan menjadi tambang emas buat Indonesia.

 

Sepak Takraw

Ini adalah olahraga tradisional negara-negara Asia Tenggara. Merupakan jenis olahraga campuran sepakbola dan voli yang dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis dengan menggunakan bola terbuat dari anyaman rotan.

Setiap tim terdiri dari tiga pemain. Pemain dilarang menyentuh bola dengan tangan. Tim akan mendapatkan angka jika berhasil mendaratkan bola ke sisi lapangan milik lawan.

Sepak Takraw mulai ditampilkan pada Asian Games 1990 di Beijing. Thailand mendominasi cabang olahraga ini dengan sejauh ini merebut 22 dari 33 medali emas.

Pada Asian Games 2018, olahraga ini diselenggarakan di Jakabaring Sport City, Palembang.

 

Kabaddi

Olahraga ini berasal dari India. Merupakan olahraga kuno sejak 4000 tahun lampau. Naskah kuno Mahabharata mencatat olahraga ini.

Di Indonesia, permainan ini mirip dengan Gobak Sodor atau Benteng. Kabaddi dimainkan oleh dua tim yang bergantian saling menyerang. Satu tim terdiri dari tujuh pemain. Durasi permainan dua kali 20 menit.

Poin akan didapatkan jika tim menyerang mengirimkan satu pemainnya—biasa disebut raider—ke area lawan untuk dapat menyentuh pemain bertahan dengan kaki atau tangannya dan kemudian mundur ke areanya sendiri dengan selamat dari telikungan pemain bertahan. Jika tidak, tim bertahan akan mendapatkan poin.

Di Indonesia, Bali merupakan tempat pengembangan atlet Kabaddi.

Kabaddi resmi dipertandingkan pada Asian Games 1990 di Beijing. India selalu menjadi juara dalam kategori laki-laki maupun wanita.

Pada Asian Games 2018, Indonesia turut mengirimkan tim untuk bertanding bersama 11 negara lainnya seperti India, Pakistan, Iran, Irak, Korea Selatan, Srilanka, Nepal, Bangladesh, Irak Jepang, dan Malaysia.

 

Kurash

Kurash merupakan olahraga tradisional Uzbekistan. Olahraga ini sudah ada sejak zaman dahulu kala. Filsuf Yunani Herodotus pernah mencatatnya. Kurash dalam bahasa Uzbekistan ini memiliki arti mencapai tujuan dengan cara yang adil.

Kurash mirip gulat dan judo, bedanya Kurash hanya menggunakan bantingan atas dengan tangan dan tidak boleh menggunakan kaki untuk menjatuhkan lawan.

Kurash dimainkan oleh dua atlet. Satu pemain memakai baju warna hijau, lawannya berwarna biru. Indonesia ikut ambil bagian dalam cabang olahraga baru yang pertama kali dipertandingkan di Asian Games 2018 ini.

 

***
Riza Almanfaluthi
Dedaunan di ranting cemara
22 Agustus 2018
Diolah dari berbagai sumber.

Sumber berita: http://www.pajak.go.id/article/asian-games-pertandingkan-enam-cabang-baru-kabaddi-salah-satunya

Advertisements

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.