CERITA SERU DI BALIK PENEMUAN INI



Ini cara mencari koran Republika versi cetak atau epaper edisi lama atau di tanggal yang lebih tua. Atau bisa juga cara mendownload (mengunduh) epaper Republika. Kok bisa-bisanyua saya menulis begini? Ada cerita serunya ternyata.

Jadi suatu ketika saya mengirimkan sebuah resensi ke Koran Republika di pertengahan November 2015. Kemudian setelah saya kirim saya tidak mengingat-ingat dan memantau-mantau lagi. Tiba-tiba sore ini saya ingat tentang resensi tersebut. Seperti biasa saya Googling terlebih dahulu. Ternyata hasil pencarian itu mengarah di situs Republika Online.

Resensi saya itu ada di halaman ini. Tepatnya di Home-Koran-Dialog Jumat tertanggal 20 November 2015. Sebagai sebuah petunjuk maka resensi saya ini sudah dimuat di halaman offline atau versi cetak (epaper) Koran Republika. Masalahnya saya tak punya korannya. Bagaimana caranya saya melacak keberadaan Koran Republika yang sudah seminggu lewat itu?

Saya Googling cara mendapatkan Koran Republika versi cetak via online. Ketemu alamat situs epaper Republika. Tepatnya di epaper.republika.co.id. Tapi untuk bisa mengaksesnya saya harus daftar dan login dulu. Ada versi COBA sebelum kita benar-benar berlangganan berbayarnya. Maka saya pun mendaftar dan masuk untuk akses koran cetak Republika.

Ketika halaman itu terbuka yang tampak adalah koran Republika hari itu juga. Kita tidak bisa akses hari-hari sebelumnya. Alamat di address bar pun tak bisa diutak-atik juga. Yang ada hanya alamat seperti ini: http://epaper.republika.co.id/main.

Tapi saya tak kehabisan akal. Saya coba membaca page source-nya dengan cara meng-klik kanan halaman. Ketemu dengan alamat halaman seperti ini:

http://epaper.republika.co.id/uploads/20151128/thumb/1.jpeg

 


 

Saya copas tautan itu ke address bar baru. Dan mengganti tanggalnya dengan tanggal 20 November 2015. Binggo!!! Bisa!!! Cuma itu versi kecilnya. Versi seukuran jempol. Tentunya tidak bisa terbaca. Pasti ada cara lain. Pasti ada tautan dengan ukurannya yang besar. Saya coba perhatikan dengan seksama page source-nya. Ketemulah tautan ini:

http://epaper.republika.co.id/uploads/20151128/zoom/1.jpeg

 


Saya copas tautan itu ke address bar baru. Dan mengganti tanggalnya dengan tanggal 20 November 2015. Binggo!!! Bisa!!! Dan dalam layar yang lebar. Saya cari satu persatu di mana resensi saya di berada. Caranya dengan mengganti angka di depan huruf “.jpeg”. Saya ganti angka 1 sampai angka 36. Dan ternyata di muat di sana.

Nah, cerita saya di atas adalah cara panjangnya. Cara pendeknya adalah begini:

  1. Buka epaper Republika;
  2. Klik kanan di ruang kosong tepat di Koran Republika-nya;

  3. Lalu Copy Lokasi Gambar;
  4. Buka halaman baru browser Anda;
  5. Paste lokasi gambar di address bar;
  6. Ganti tanggal dengan tanggal yang dikehendaki;
  7. Cek satu per satu halaman dengan ganti nomor halaman yang dicari.

    Semoga manfaat.

    ***

    Riza Almanfaluthi

    Dedaunan di ranting cemara

    28 November 2015

 

Catatan: Setelah saya pelajari lebih lanjut, maka lebih baik meng-copy alamat gambar yang ada kata “zoom” daripada selainnya, misal “slide” atau “thumb”. Karena dengan “zoom” itu gambar bisa dibaca sampai terlihat huruf-hurufnya. Sedangkan kalau “slide” gambar menjadi kabur. Intinya ukuran gambar “zoom” lebih besar daripada selainnya.

Contoh: http://epaper.republika.co.id/uploads/20151128/zoom/1.jpeg

Advertisements

2 thoughts on “CERITA SERU DI BALIK PENEMUAN INI

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s