Ciri Kanker pada Anak, Perhatikan Bagian Tubuh ini



Foto Istimewa

Ciri kanker pada anak sebenarnya jauh lebih baik untuk dideteksi sejak dini. Jangan berpikir kanker hanya akan menunjukkan gejalanya ketika seseorang berada di usia dewasa, justru tanda-tandanya lebih mudah dikenali ketika masih dini. Dengan begitu, pengobatan yang diperlukan juga tentu jauh lebih mudah dan murah, bukan? BPJS Kesehatan pun akan lebih mampu digunakan karena kemungkinan perawatan yang diperlukan tidaklah begitu rumit.

Jadi, sebagai orangtua, Anda bisa memberikan perhatian yang lebih pada anak-anak. Perhatikan bagian tubuh berikut ini pada buah hati Anda, apakah ada tanda-tanda dan ciri kanker pada anak. Nah, apa saja ciri-ciri yang patut Anda waspadai tersebut?

Ciri Kanker pada Anak yang Harus Diwaspadai

  1. Leher

Jika orangtua merasakan ada benjolan di bagian leher anak yang kemudian benjolan tersebut membesar dalam waktu cukup singkat maka waspadalah. Benjol tersebut bisa jadi berbeda dengan benjol karena infeksi. Dimana perbedaannya? Benjol kanker tidak terasa sakit ataupun panas ketika disentuh, sementara benjol infeksi biasanya cukup nyeri. Oleh karena itu, segera periksakan ke dokter agar diketahui pasti apa penyebabnya. Selain kanker, benjolan di bagian leher bisa jadi diakibatkan oleh infeksi telinga atau gigi.

2. Mata

Orangtua mesti curiga apabila melihat mata anak terlihat merah, seperti mata kucing dan juga juling serta mengalami gangguan penglihatan. Anda bisa memberikan obat tetes mata untuk pertolongan pertama. Namun apabila dalam 3 hari mata merah tersebut tidak juga teratasi maka segera bawa ke pusat kesehatan terdekat. Bisa jadi mata merah adalah ciri awal kanker mata pada anak.

3. Perut

Semua organ yang ada dalam perut yang mencakup ginjal, hati dan juga indung telur dapat diserang kanker. Benjolan pada perut sebagai tanda kanker dapat dilihat dari perut anak yang membuncit. Jangan terlalu sering menekan perut anak karena malah akan memudahkah penyebaran sel kanker.

  1. Paru

Jika anak sesak napas, bisa jadi di paru terdapat benjolan. Namun tanda ini bukanlah tanda kanker paru karena tidak ada jenis kanker paru, melainkan sebaran dari kanker tulang ataupun kanker lainnya.

4. Otak

Benjolan pada otak memang tidak dapat dilihat secara kasat mata tetapi Anda bisa melihat dampak yang dihasilkan. Dampak tersebut bisa berupa muntah menyemprot, pusing, gangguan keseimbangan hingga lumpuh.

5. Alat kelamin

Jangan abaikan pula bagian ini. Benjolan karena kanker di bagian alat kelamin dapat dilihat, khususnya pada anak laki-laki. Tandanya mencakup testis bagian kanan dan kiri yang tidak sama, organ yang terserang kanker juga biasanya jadi lebih keras dan juga tidak terdapat tanda infeksi. Kanker di bagian alat kelamin pada umumnya adalah hasil sebaran jenis kanker lainnya, seperti leukimia atau kanker darah.

6. Tangan dan kaki

Benjolan di bagian tangan dan kaki mudah untuk terlihat. Jika pada anak didapati benjolan pada tangan atau kaki yang diikuti dengan nyeri atau demam maka segera periksakan ke dokter.

Sebagai informasi saja, kanker yang ditemukan pada waktu masih dalam level awal akan lebih punya kesempatan untuk sembuh sampai dengan 80 persen! Jadi, jika Anda melihat ciri kanker pada anak, jangan abaikan! Siapkan juga keluarga Anda untuk proteksi di masa depan – dengan mendaftarkan seluruh anggota keluarga pada BPJS Kesehatan. Preminya yang lebih murah dan cover semua penyakit tentu memberi manfaat terbaik!

Advertisements

2 thoughts on “Ciri Kanker pada Anak, Perhatikan Bagian Tubuh ini

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s