CARA JITU ATASI HDD EKSTERNAL YANG TIDAK TERBACA DI INTERNET EXPLORER DAN DISK MANAGEMENT


AlamakjaaaaangHard Disk Drive (HDD) External saya bermasalah. Terbaca di icon tray sudut kiri bawah dan lampu HDD nyala tapi tidak terbaca di Windows Explorer dan Disk Management. Padahal saya mau menggawe, mau nulis sesuatu, ada bahan yang perlu saya akses di sana.

Ini HDD 1 Terabyte hadiah waktu jadi juara pertama Lomba Menulis di tahun 2012 lalu. Berharga banget. Ada foto monumental, 900 tulisan, draft buku pertama dan kedua, dan file-file yang sangat berharga sekali. Lalu bagaimana dong?

Alhamdulillah setelah saya coba cari ke sana-kemari akhirnya bisa diakses lagi. Saya tulis cara ini agar kalau ada orang lain mengalami hal yang sama dengan saya tidak panik dan tetap tenang serta ikhtiar terus mencari obatnya. Insya Allah cara ini berhasil. Dengan syarat atau kondisi sebagaimana telah saya sebut di atas, namun saya ulangi lagi sebagai berikut:

  1. Di Tray Icon terbaca HDD kita saat dicolok;


  2.  Di Device and Printers ada terbaca;


  3. Lampu indikator di HDD menyala;
  4. Di Windows Explorer tidak ada atau tidak terbaca;
  5. Di Device Manager terbaca ada HDD kita yang dicolok;
  6. Di Disk Management pun tidak terbaca. Yang terakhir ini banyak tips-tips yang mengabaikan hal ini. Yakni hanya sampai di poin 3 saja. Mereka menganggap kalau di Windows Explorer tidak terbaca pasti di Disk Management terbaca. Faktanya banyak juga yang mengeluh bahwa di Disk Management tidak terbaca sehingga tidak bisa melakukan tindakan apa pun.

Ohya saya pakai Windows 8. Berikut caranya:

  1. Buka Windows Explorer;
  2. Klik Kanan Computer;
  3. Klik Manage.


  4. Nanti kebuka Computer Management.


    Sebenarnya banyak cara membuka Computer Management. Bisa via Control Panel. Saya via Windows Explorer agar lebih cepat.

  5. Lalu klik Device Manager;
  6. Lalu klik Other Device;
  7. Lalu klik kanan HDD yang kita punya itu;
  8. Klik Uninstall;
  9. Cabut HDD secara benar dari colokan USB;
  10. Pasang lagi HDD.

    Sampai di sini HDD saya sudah bisa terdeteksi oleh Windows Explorer. Alhamdulillah. Jika ternyata masih tak bisa. Maka:

  11. Kembali ke Device Manager;
  12. Klik Kanan di HDD kita;
  13. Scan for Hardware Changes;
  14. Update Driver Software

Itu saja semoga berhasil ya teman-teman. Jangan panik dulu. Insya Allah tidak apa-apa. Kalau tidak berhasil juga, coba cari tips-tips lainnya. Tetap semangat!

***

Riza Almanfaluthi

Dedaunan di ranting cemara

14 Oktober 2015


Advertisements

77 thoughts on “CARA JITU ATASI HDD EKSTERNAL YANG TIDAK TERBACA DI INTERNET EXPLORER DAN DISK MANAGEMENT

  1. Saranku…. don’t put your eggs in one basket. Sebenarnya itu saran dalam hal investasi sih, tapi relevan banget untuk hal lain yang berhubungan dengan simpan menyimpan. Aku nggak punya dan nggak pernah kepikir untuk memiliki HDD ext. berkapasitas giga maupun tera. Aku hanya menggunakan beberapa flashdisk dan itu pun jarang kupake. Selebihnya aku lebih memilih cloud storage dari berbagai penyedia layanan cloud storage. Malah lebih simple, nggak perlu nenteng HDD ext. kemana2 kan. Pun bisa diakses dari perangkat apa saja, tidak terbatas pada lappy dan kompi.

    Like

  2. Kalau cara ini tidak berhasil, ciba ganti USB barangkali karena USBnha eror. Kemarin saya juga ngalamin hal di atas, dan sudah mencoba berbagai cara namun gagal. Eh, pas iseng ganti usb malah berhasil 😉

    Liked by 1 person

  3. Gan udh q coba tpi tetep aja gak bisa malaham di disk management nga it No Media klo klik knan cuma ada chane drive… properties sma help.. udh coba berbagai blok dsni tetap gk bisa tolong aku donh kalo bisa 😢😢😢

    Liked by 1 person

  4. kalo misalnya hddnya adanya di diskdrive bukan di otherdrive, trus pas udah coba cara di atas tapi katanya softwarenya juga udh yang paling up to date. trus harus gimana lagi ini ya?:( padahal ciri2nya juga udah sama persis kyk yg dijelasin

    Liked by 1 person

  5. HD aku dulukan internal trus aku pakek external disitu ruang penyimpanan HD aku ada 3 trus yg gak kebaca satu itu kira kira bisa dibenerin lewat langkah diatas gak?
    trus datanya aman gak ?

    Like

  6. Gan kalau yg saya di device managmt itu kliatan terus tulisannya device work properly, tapi ttp di explorer gk muncul dan lampu HDD eks nya g nyala, apakah masih bisa betul lagi? karena banyak data penting. tolong bantuannya gan.

    Like

  7. Selain daripd itu msh ada cara lain lagi gk awalnya hdd ku in q pindah2kn filnya abz itu gk smgaja blom selesai langsung q cabut mknya jdi gk kbaca malah ad kuning2 dismpingx tanda seruu itu gmna ngatasinya pix q merk WD 1 Tb

    Liked by 1 person

  8. Dah Q coba tapi msh blum bisa ada saran lain gk selain itu awalnya gra2 q pindahin file trus smntra q pondahin trus not responding abz itu q cabut pas q pasang lagi dah gk kebaca malah ad kuning tanda seru gtu itu gmna yh mohon infox thankz..

    Liked by 1 person

  9. saya sudah coba cara pertama, kondisi hdd ext masih terdeteksi di tray kanan kemudian saya coba uninstall, cabut dan colok kembali malah jadi gak terdeteksi sama sekali :””””””””””””””(((

    ada saran lain kah?
    nasib data2nya gemana ya ini?

    Like

  10. gan, ane sudah memenuhi syarat semua, tapi lampu hardisk doang yang ga memenuhi syarat. lampu hardisk mati, tapi yang lainnya memenuhi syarat, masi kedetect di drivenya. tapi ga ada di my computernya, it gimana ya… padahal hardisk baru

    Like

  11. maaf kak mau nanya,apakah proses uninstalnya lama? HDD sya proses lama sekali… hampir 2 jam dan itu ga jalan2.. gmn ya kak?
    thanks
    HHD sya seagate backup+.. lampu nyala.. di device n printer muncul.. tpi di explorer n disk management ga muncul.. ada solusi ga ya?
    thanks

    Liked by 1 person

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s