Penting Buat Ibu Hamil: Kenali Bunyi-bunyian yang Mengganggu Janin Anda



Ibu Hamil (Sumber foto: muslimmums.co.za)

Dari hasil penelitian, indera pendengaran janin sudah mulai terbentuk ketika kandungan memasuki usia 8 minggu. Pembentukan indera ini berakhir pada usia kandungan 24 minggu. Barulah pada minggu ke-25 sang janin mampu mendengar suara orang-orang terdekatnya.

Selain itu janin mampu merespon bunyi-bunyian yang membuatnya tidak nyaman. Lalu seberapa besar desibel (satuan untuk mengukur intensitas suara) yang diperkenankan diperdengarkan kepada janin dalam kandungan?

Buku berjudul While You Are Expecting…Creating Your Own Prenatal Classroom yang ditulis oleh F Rene Van de Carr, pendiri Prenatal University, dan Marc Lehrer, ahli psikologi dan biofeedback therapy, serta diterjemahkan oleh Alwiyah Abdurrahman dengan judul Cara Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan ini mengulasnya.

Menurut mereka janin harus dihindarkan dari kebisingan di atas 100 desibel. Ini setara dengan bunyi yang dihasilkan dari mesin pemotong rumput, gergaji listrik, mobil, dan kereta listrik. Dengan ukuran seperti itu, membuat tekanan pada janin.

Bunyi-bunyian dengan ukuran lebih 80 desibel pun sebenarnya sudah cukup mengganggu buat janin. Angka itu suatu tingkat bunyi yang tidak terlalu keras untuk janin tetapi cukup keras untuk dibedakan dengan bunyi-bunyian yang ada di dalam tubuh.

Van de Carr dan Marc Lehrer menambahkan kalau ibu hamil harus paham pedoman tentang tingkat bunyi. Contohnya, sudah dianggap cukup keras jika Anda masih bisa mendengar suara tape recorder dari jarak empat setengah meter.

Berikut ini tingkat bunyi dari sumber-sumber bunyi yang ada di dalam rumah dalam jarak 30 cm:

  • Motor listrik ¼ HP = 60 desibel;
  • Kipas angin berukuran sedang = 70 desibel;
  • TV dengan volume normal = 75 desibel;
  • Air mengalir dalam bak = 80 desibel;
  • Penyedot debu = 93 desibel;
  • Blender dapur = 106 desibel.

Ibu hamil bisa melindungi suara-suara yang mengganggu dengan menutupi perut dengan selimut. Itu akan mengurangi kebisingan yang masuk ke pendengaran janin. Tentu konser musik rok dan pemutar musik dengan volume tinggi adalah hal yang harus dihindari oleh ibu-ibu hamil.

Lalu berapa desibel bunyi decitan yang dikeluarkan Commuter Line jurusan Bogor-Depok-Jakarta? Ini setara 120 desibel.

***

Riza Almanfaluthi

dedaunan di ranting cemara

4 September 2014-09-04

Persembahan buat ibu-ibu hamil.

Advertisements

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s