ANDA PEREMPUAN? JANGAN TAKUT URUS SERTIFIKAT SENDIRI DI BPN


ANDA PEREMPUAN? JANGAN TAKUT URUS SERTIFIKAT SENDIRI DI BPN

 

Setelah membaca blog saya tentang Biaya Peningkatan Status Hak Guna Bangunan Menjadi Hak Milik seorang ibu bernama Dyah Ully mencoba mengurus sendiri sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB)-nya yang hampir kedaluarsa menjadi sertifikat Hak Milik di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Selatan, beberapa waktu yang lalu (19/6).

Tidak diketahui alasan yang sebenarnya dari Ibu Dyah Ully untuk mengurus sendiri di BPN. Tapi dari komentarnya yang sempat masuk di sana, Ibu Dyah Ully ingin pengurusan sertifikat ini selesai agar tidak menyulitkan anaknya di kemudian hari. Alasan yang bagus menurut saya. Menjadikan anak keturunan kita tidak membawa beban orang tuanya.

Setelah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dan diawali dengan kecemasan tentang rumitnya birokrasi di BPN hingga membuatnya tidak bisa tidur serta biaya yang harus dibayar, Bu Dyah Ully menekadkan diri untuk langsung aksi daripada diam termangu tanpa melakukan apa-apa dan mendapatkan hasil. Berikut kisah lengkap Ibu Dyah Ully untuk bisa kita simak bersama-sama.

Kantor Pertanahan BPN Kota Administratif Jakarta Selatan (bpn.go.id)

*

Selasa, 17 Juni 2014

Tadi saya mulai dengan mencari kantor BPN Jakarta Selatan. Karena rupanya sejak 2011 kantornya pindah dari Jalan Prapanca ke Jalan Alwi di Tanjung Barat. Dan rupanya sesuai dengan hasil googling sana sini, kantornya nyelempit di antara rumah penduduk dan jalannya hanya muat satu mobil. Jalan masuknya pas di sebelah Showroom Auto2000, Lenteng Agung arah Depok sana. Dengan plang super mini: Kantor BPN Jakarta Selatan. Okelah, alhamdulillah ketemu dan rupanya ada tempat parkir yang lumayan lega.

Suasana kantor ramai luar biasa mirip dengan kantor imigrasi kira-kira. Saya menghampiri satpam dan tanya koperasi di mana. Rupanya di luar kanan belakang. Di sana saya membeli formulir permohonan peningkatan hak rumah tinggal. Mapnya warna putih. Oh iya saya sebelumnya di tanya luas tanah apakah melebihi 600 meter persegi atau tidak ? Saya bilang tidak. Tanah saya hanya 200 meter persegi. Mungkin beda formulirnya buat tanah berukuran 600 meter persegi ke atas.

Lalu saya tanya pada petugas, apakah fotokopinya perlu dilegalisir? Saya belum sempat melegalisir. Ini juga tadi langsung berangkat ke sini mumpung bayi saya anteng dan bisa ditinggal. Rupanya fotocopi KTP dan KK harus dilegalisir di kelurahan. Okelah. Biaya formulir 10 ribu saja. Pas juga sudah saya siapkan.

Jadi saya pulang dan akan saya isi dulu serta lengkapi persyaratannya. Sama kok yang diminta adalah fotokopi KTP dan KK dilegalisir, fotokopi IMB, fotokopi SPPT PBB tahun berjalan. Yang lupa saya lakukan adalah masuk dan bertanya di helpdesk kira-kira brp biaya yg hrs saya siapkan.

Tapi ya sudah, besok setelah lengkap saya akan kembali dan semoga saja biaya resminya tidak mahal. Amin.

 

Kamis, 19 Juni 2014

Barusan saya pulang dari kantor BPN Jakarta Selatan. Semua persyaratan sudah saya lengkapi. Fotokopi KTP dan KK yg dilegalisir, fotokopi IMB, dan fotokopi SPPT PBB.

Saya baru sampai kantor itu jam 10. Lalu mengambil nomor antrian. Sudah nomor 661. Rupanya nomor antrian sudah panjang sekali. Suasana sangat ramai. Waktu saya lihat, antrian nomor pengurusan baru 600. Saya mengikuti petunjuk Pak Riza, mencari loket 2. Saya duduk di bangku yg menghadap loket itu. Kelihatannya Pak Petugas tidak memanggil nomor antrian. Setelah menunggu 15 menit tanpa kepastian, saya mendatangi Pak Petugas dan bertanya, “Pak mau urus pengalihan hak dimana ya?”

Pak Petugas dengan ramah menjawab, “di sini bu. Mari saya periksa.”

“Maaf pak, biayanya berapa?“

“50 ribu Bu,” jawabnya. Saya kaget dan senang mendengarnya.

Alhamdulillah, diperiksa semua data, persyaratan lengkap, dan sertifikat asli diminta. Lalu dilepas dari map hijaunya. Contreng-contreng terus Pak Petugas bilang, “sudah ke pemetaan? Sambil menunjuk ke petugas di sebelahnya.

Oh belum, lalu map pun pindah tangan, diperiksa di komputer lalu dicap dan diberikan kembali ke Pak Petugas pertama. “Ditunggu dulu Bu,” Katanya. Alhamdulillah langsung diproses. Saya menunggu sekitar setengah jam dengan deg-degan karena tidak memakai nomor antrian. Lalu saya dipanggil lagi, diberikan surat pembayaran, benar tertulis lima puluh ribu rupiah. “Nanti habis bayar kemari lagi ya,“ Kata Pak Petugas.

Lalu saya ke loket pembayaran, dan menunggu kuitansi tanda pembayaran. Sekitar setengah jam kemudian, nama saya dipanggil. Saya kembali ke loket 2, lalu Pak Petugas dengan ramah menginformasikan bahwa di kantor BPN Jakarta Selatan ini untuk peningkatan hak pelayanannya ada juga di hari Sabtu. Malah kalau hari Sabtu, langsung jadi hari itu juga (one day service). Berhubung HGB saya sudah hampir kedaluwarsa saya tidak berani ambil risiko dengan datang ke BPN di hari Sabtu. Kelamaan. Nah karena saya datang di hari kerja biasa maka untuk sertifikat saya jadi dalam tujuh sampai sepuluh hari kerja.

Alhamdulillah. Saya tinggal menanti dan mengambil hasilnya. Semoga lancar dan dimudahkan. Terima kasih atas sharing-nya Pak Riza, yang membuat saya berani urus sendiri lewat jalur resmi. Terima kasih kasih buat pejabat negara yang sudah memudahkan ibu rumah tangga seperti saya bisa mengurus sendiri surat tanahnya. Sekian sharing saya, Terima kasih dukungannya.

*

Ayo perempuan Indonesia jangan takut dengan birokrasi. Jangan takut urus sendiri sertifikat di BPN. Ada beberapa birokrasi yang sudah mau berubah. Sudah bukan zamannya lagi birokrasi yang mengagung-agungkan kredo “kalau bisa dipersulit mengapa harus dipermudah”. Selain BPN tentunya ada kantor pajak di seluruh Indonesia yang senantiasa memudahkan dalam memberikan pelayanan perpajakan. Jangan takut pula Anda, Wajib Pajak, untuk datang mengurus sendiri hak perpajakan Anda ke kantor pajak.

***

 

Riza Almanfaluthi

Dedaunan di ranting cemara

12 Juli 2014

Advertisements

38 thoughts on “ANDA PEREMPUAN? JANGAN TAKUT URUS SERTIFIKAT SENDIRI DI BPN

  1. Informasitambahan dan terupdate dari Bu Ully:

    Menambahkan sharing saya, pak. Akhirnya sertifikat saya jadinya lebih lama dari yg seharusnya. Tapi marilah kita berbaik sangka, karena waktu itu menjelang bulan puasa. Mungkin para petugas waktu kerjanya lebih sedikit. Sertifikat akhirnya saya ambil seminggu sebelum lebaran. Dengan ini utk yg mau urus di BPN jaksel, lebih baik diurus hari Sabtu. Utk peningkatan HGB ke HM bisa dilakukan sabtu (bpn nya buka dari jam 8-12), dan sehari selesai. Layanan hari sabtu ini hanya melayani 4 macam pengurusan saja. Maap saya jg lupa selain peningkatan hak apa lg yg bisa diurus. Semoga sharing saya membantu, dan benar biaya nya hanya 50 rb. Jadi saya tidak keberatan dg lamanya waktu pengurusan, dibanding hitungan biaya notaris yg bisa mencapai puluhan juta rupiah utk mengurus surat saya. Itu sebabnya saya pilih urus sendiri. Terima kasih

    Like

  2. Sy mendapatkan jatah rumah dari Yayasan yg mana perumahan tersebut pd SK Gubernur an. teman sy ttp sejak sk tsb diterima, dgn perjanjian di atas kertas bermaterai dgn diketahui Lurah dan Camat pd lokasi perumahan, penguasaan rmh tersebut diserahkan ke sy artinya uang cicilan sampai pelunasannya sy yg cukupi. Saat ini sy pindah tugas ke luar provinsi dan rmh tsb dibawah pengawasan saudara sy. Sy bermaksud mengalihkan hak kepemilikan rmh tsb atas nama sy/ jd hak milik sy. Mhn masukan apa persyaratannya dan bgmn meknismenya. Terima kasih banyak.

    Like

    1. Wah dengan berat hati untuk kasus ini saya tidak tahu jawabannya. Saya pikir Anda harus meluangkan waktu tuk urus semuanya sampai selesai. Kunjungi BPN dan konsultasi dg mereka. Dmikian. On 12 Mar 2015 19:07, “Blog Riza Almanfaluthi” wrote:

      >

      Like

  3. Halo Pak,

    Terima kasih infonya, sangat berguna sekali, menginspirasi saya untuk mengurus peningkatan HGB menjadi SHM sendiri.

    Mau nanya Pak, saya lokasi di Jakarta, kalau untuk ukuran tanah lebih dari 500 m2 (tapi masih memenuhi syarat kurang dari 600 m2), apakah berlaku tambahan biaya atau perbedaan perhitungan biaya?

    Sekali lagi, terima kasih.

    Like

  4. Saya td mengurus peningkatan hgb ke hm, di bpn salatiga tp kenapa prosedurnya tidak seperti itu. Berkas2 saya diterima terus saya cuma diberi tandaterima kemudian saya di suruh nunggu sms dr bpn……ini yang membuat saya bingung..

    Like

    1. Kemarin sy sdh menerima sertifikat HM dan sy di minta uang sebesar 250rb katanya yg 200 biaya pengecekan di lapangan dan yg 50rb di setorkan ke kas negara…itu diterima oleh petugas yg menangani tnp ada kwintansi atau bukti bayar, knapa berbeda? dan lg petugas yg menerima formulir permohonan orangnya sangat tdk ramah seakan2 tdk senang klo ada yg memohon perorangan,…pelayanan di BPN salatiga sungguh mengecewakan..terutama yg menerima formulir itu….sangat disayangkan

      Liked by 1 person

  5. Saya barusan ke kantor BPN kab.Magelang..mau ngurus peningkatan HGB ke HM atas nama ayah saya yg sudah meninggal..syaratnya sih sama cuma ditambah surat kematian dan surat waris..begitu tanya biayanya sekitar berapa jawab ibu PNS yg melayani katanya sekitar 2 juta lebih sedikit…hadeeehhhh…apa benar segitu biayanya..kok jauh sekali selisihnya dengan yg di ceritain disini..puyeng deh…

    Like

      1. Katanya ngitungnya pakai rumus gitu pak..terus jatuhnya sekitar 2 jutaan gitu..yg tadinya saya semangat sekali mau urus peningkatan hak ini jadi hilang deh semangat saya..pikir saya 2jt itu buat bayar apa aja ya..atau buat bayar siapa aja ya???
        Tapi seperti kata pak Riza..mari kita berbaik sangka mungkin ibu itu salah ngomong…(naif sekali 😅)

        Liked by 1 person

      2. Pak, apakah ngurus status dr HGB ke HM hrus nunggu sertifikat HGB nya diterima dulu?
        Bisa nggak selama saya masih proses kredit ke bank bisa ditingkatkan ke HM langsung.
        Tks

        Like

  6. aku seorang pns yg bertugas di intansi negera apakah bisa selama ini akan mejadikan rumah yg kami tinggalin sekarang menjadi hak milik apakah sama prosesnya seperti ibu itu ya mohon doanya muda @ an saya di kasih kemudahan

    Like

  7. Perempuan atau Pria sama aja. Notaris saya perempuan, sebgai notaris langganan. Yang mengurus berkas2 saya dari pemecahan, AJB dll.

    Biayanya juga lumyan murah klo dalm jumlah bnyak dan sudah langganan. Cma jika tidak kenal dan masih baru biasanya agak tinggi dikit. Pengalamn sih.
    http://goo.gl/1WzJdH

    Like

  8. Sy mau tanya untuk mengurus peningkatan hgb menjadi shm tetapi sertifikat hgb dah lewat jatuh tempo apa perlu tambah biaya lagi ya…kira2 birokrasinya ribet ga ya…

    Like

  9. Kok sy susah sekali ya mengurus peningkatan hak dr HGB ke Hak Milik di Banjarnegara? Walaupun berkas sy sdh lengkap tp petugasnya bilang butuh legalisir imb kalo mau dibantu tambah uang lg, trus biaya pengurusannya jg mahal&lama sekitar 1 bln lbh…

    Like

  10. mau tanya mas, saya tinggal di parung KPR BNT, sy mau lunasin rmh saya di kpr BTN, untuk meningkatkan shgb menjadi shm.. NAH klo BPN nya dmn ya.. waktu akad kredit saya di BTN cikokol.. mohon info nya mas

    Liked by 1 person

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s