SOLUSI TIDAK BISA AKSES EMAIL GMAIL


SOLUSI TIDAK BISA AKSES EMAIL GMAIL

 

Sudah satu bulan lebih atau hampir dua bulan lamanya saya tidak bisa mengakses email gmail saya. Entah kenapa. Saya sudah utak-atik settingan Internet Explorer 7 tidak bisa juga. Sudah saya coba dengan menggunakan browser lain yaitu pakai Mozilla Firefox tetapi hasilnya juga sama, tidak ada koneksi.

Saya coba mencari jawaban dengan bertanya kepada ajengan Google dan sudah menemukan banyak solusi jawaban yang sudah pernah dipakai untuk mengatasi masalah ini tetapi tetap komputer saya tidak bisa mengakses Gmail. Teman-teman satu kantor saya yang menggunakan Gmail masih bisa dengan asyiknya menikmati layanan emailnya sedangkan saya masih gigit jari. Ada apa yah…?

Sebagai gambaran, komputer saya merupakan bagian dari jaringan komputer dalam kantor yang terhubung dengan intranet (bukan internet) ke seluruh kantor pajak di Indonesia. Untuk mengakses internet (bukan intranet) dengan gampang maka saya memakai proxy agar tidak susah-susah menggonta-ganti IP address internet dan intranet.

Walhasil karena saya tidak bisa mengakses Gmail maka saya tidak dapat melihat ada berapa banyak email penting dari Wajib Pajak yang mampir ke Inbox saya di sana itu.

Dan hari ini, solusi yang ditunggu-tunggu itu muncul. Seorang teman dari seksi lain yang berkunjung ke seksi saya—namanya Mas Joko (tanpa kumis loh yah)—iseng-iseng saya tanyai. Sebenarnya pesimis juga sih menanyakannya. Karena pengalaman sudah banyak orang yang saya tanyai hasilnya nihil abissss. Tapi tetap saya tanyakan dengan kemungkinan ia bisa menjawabnya.

Eh, betul. Mas Joko ini datang melihat komputer saya. Terlebih dulu ia mengklik kanan ikon komputer yang berada di sudut kanan bawah dari Windows untuk mengecek apakah ada firewall yang menghalangi akses Gmail. Ia mengklik Change Windows Firewall Settings. Lalu muncul display Windows Firewall dan mengklik tab Exceptions. Ia mengecek apa yang ada di dalamnya dan ia bilang, “masalahnya bukan di sini.”

Lalu ia menemukan masalahnya. Inilah solusinya bagi Anda semua jika mengalami hal yang sama dengan saya:

  1. Ia lalu membuka browser IE7.
  2. Ia memilih Tools;
  3. Ia lalu memilih Internet Options;
  4. Ia lalu memilih tab Connections;
  5. Ia lalu mengklik tombol Lan Settings;
  6. Ia lalu mengecek kebenaran pencentangan Proxy Server, dan kemudian mengklik tombol Advanced dan muncul display Proxy Settings;
  7. Barulah ditemukan kesalahan yang saya buat, pada bagian Exceptions yang bertuliskan Do not use proxy server for addresses beginning with:

    saya menuliskan mail.google.com dan feedburners.com. Seharusnya saya tidak boleh menuliskan nama alamat internet di sana. Pantas saja saya tidak bisa mengakses dua situs tersebut. Yang seharusnya ditulis di sana adalah situs-situs intranet saja karena saya memakai internet via proxy.

    Dihapuslah oleh Mas Joko nama dua situs tersebut dari daftar itu.

     

  8. Lalu tekan tombol OK, OK, dan OK;
  9. Saya kemudian mencobanya, dan Alhamdulillah bisa.

     

Terimakasih Mas Joko atas solusinya. Islam sebenarnya sudah menganjurkan kepada siapapun yang tidak mengetahui akan sesuatu untuk bertanya kepada orang yang lebih mengetahui. Dan hasilnya adalah sebuah solusi. Betul juga tuh.

 

Pertanyaannya adalah mengapa saya menuliskan dua situs itu di sana? Kemungkinan besar adalah saat saya tidak bisa mengakses dua situs tersebut saya langsung terburu-buru menuliskannya di kotak yang tersedia. Padahal bisa jadi tidak bisa diaksesnya itu karena koneksi internet di kantor kami lagi padat-padatnya sehingga membuat akses menjadi lambat.

 

Sekarang kini saya sudah bisa menikmati layanan Gmail lagi. Kiranya saya berbagi kepada Anda semua adalah sebagai salah satu alternatif solusi dari berbagai solusi yang sudah pernah ada dan berhasil dijalankan di dunia maya.

 

Kepada Mas Joko sekali lagi saya ucapkan terimakasih. Kepada Anda semua saya ucapkan semoga bermanfaat.

 

 

***

dedaunan di ranting cemara

Riza Almanfaluthi

11:21 21 Agustus 2008

duhai, tadi malam saya menggendongnya, bahagia banget


 

Advertisements

10 thoughts on “SOLUSI TIDAK BISA AKSES EMAIL GMAIL

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s