Buka Pekan Inklusi 2018, DJP Bangun Investasi Masa Depan


Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan memukul gong sebagai tanda pembukaan Pekan Inklusi 2018.

Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan memukul gong sebagai tanda pembukaan Pekan Inklusi 2018 di Aula Cakti Buddhi Bhakti, Gedung Mar’ie Muhammad, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta (Senin, 5/11).

“Ini salah satu bentuk kampanye Program Inklusi Kesadaran Pajak dalam pendidikan untuk mewujudkan generasi emas Indonesia yang cerdas dan sadar pajak,” kata Robert.

Robert melanjutkan, Pekan Inklusi 2018 ini akan berlangsung selama satu minggu dan akan diisi dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan upaya DJP dalam membangun kesadaran pajak masyarakat Indonesia. “Sebagai puncak acara Pekan Inklusi 2018, DJP akan menyelenggarakan kegiatan Pajak Bertutur,” tambah Robert.

Pajak Bertutur adalah kegiatan mengajar kesadaran pajak kepada siswa/siswi dan mahasiswa/mahasiswi yang dilakukan oleh perwakilan pegawai dari tiap-tiap unit kerja DJP pada saat yang bersamaan dan serentak di seluruh Indonesia.

“Ini merupakan kegiatan masif yang diharapkan akan membawa impact yang signifikan dalam meningkatkan kesadaran pajak masyarakat Indonesia,” ujar Robert.

Dalam rangka kampanye Program Inklusi Kesadaran Pajak serta untuk mendukung Program Gerakan Literasi Nasional dengan menumbuhkan budaya baca seluas-luasnya bagi masyarakat, pada hari pertama Pekan Inklusi 2018 ini, DJP menyelenggarakan acara Bedah Buku berjudul Digital ParenThink yang menghadirkan pesohor Mona Ratuliu sebagai pembedah.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Hestu Yoga Saksama mengatakan berbagai rangkaian kegiatan sehubungan dengan Program Inklusi Kesadaran Pajak, baik yang sudah, sedang, dan akan dilaksanakan, memang tidak langsung berkaitan dengan penerimaan. “Ini merupakan program invetasi yang akan kita nikmati hasilnya pada 20-30 tahun mendatang,” kata Yoga.

Yoga menambahkan, Pekan Inklusi 2018 ini bagian dari Program Inklusi Kesadaran Pajak yang dimulai sejak 2015 lalu, ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara Menteri Keuangan, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. “Salah satu poinnya memasukkan materi kesadaran pajak dalam dunia pendidikan,” tutur Yoga.

Yoga memerinci secara lengkap rangkaian kegiatan dalam Pekan Inklusi, yaitu:

Lomba Perancangan Perangkat Pembelajaran pada pendidikan tinggi yang diikuti oleh 26 peserta dari berbagai perguruan tinggi dan Lomba Lagu Daerah Sadar Pajak, yang diikuti oleh 31 peserta. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 9 November 2018.

Bedah Buku yang dilaksanakan pada 5 November 2018. Diikuti oleh peserta sejumlah 275 orang dari internal dan eksternal DJP yang akan mengupas buku Digital Parenthink karya Mona Ratuliu. Yoga berharap kegiatan ini akan memberikan bekal bagi pegawai DJP dan masyarakat umum dalam mendidik dan mengasuh anak agar menjadi generasi yang cerdas, berkarakter, dan sadar pajak.

Workshop Penulisan Berita dilaksanakan pada 6 November 2018. Diikuti oleh peserta sejumlah 120 orang mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di DKI Jakarta dan sekitarnya. Kegiatan ini memberikan bekal kompetensi penulisan berita kepada mahasiwa yang nantinya akan menjadi akan menjadi duta-duta dalam menyampaikan informasi yang membangun masa depan perpajakan Indonesia.

Workshop Sinergi Membangun UKM dilaksanakan pada 7 November 2018. Diikuti oleh peserta dari 17 Kementerian/Lembaga yang mengelola UKM. Yoga juga berharap kegiatan ini dapat menyinergikan langkah dalam pengelolaan UKM dan menjadikan peserta workshop sebagai duta pajak di Kementerian/Lembaga masing-masing dalam mengelola UKM.

 Visit Gallery yang dilaksanakan pada 8 November 2018. Diikuti oleh peserta siswa SD sebanyak 50 orang jenjang SD. Kegiatan dilakukan dengan mengunjungi Galeri Pajak dan menyampaikan sejarah perjalanan pajak dengan cara yang menyenangkan sehingga memberikan memori yang berkesan tentang pajak.

Pajak Bertutur, yang dilaksanakan pada 9 November 2018. Akan dilaksanakan kegiatan mengajar tentang peran dan manfaat pajak oleh pegawai DJP kepada siswa SD hingga Perguruan Tinggi secara serentak oleh unit kerja DJP di seluruh Indonesia, termasuk di Kantor Pusat DJP dengan menghadirkan 400 peserta didik.

Sebelum Pajak Bertutur rencananya akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Keuangan dengan Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Selain itu juga akan dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara DJP dengan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan (Kemenristekdikti), Pusat Data dan Informasi Ilmiah (LIPI), dan Universitas Terbuka.

Acara dilanjutkan dengan High Level Meeting yang diikuti oleh Menteri Keuangan, Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Menteri Dalam Negeri, Kepala LIPI, dan pimpinan perguruan tinggi beserta jajarannya. [Rz]

Tulisan ini dibuat untuk situs pajakgoid dan sudah pertama kali muat di:
http://www.pajak.go.id/news/buka-pekan-inklusi-2018-djp-bangun-investasi-masa-depan

Advertisements

One thought on “Buka Pekan Inklusi 2018, DJP Bangun Investasi Masa Depan

  1. Assalamualaikum Pak Reza, Perkenalkan saya leni mau menanyakan tentang perlakuan PPh 23. Sebagai informasi bahwa salah satu vendor jasa dikantor kami biasa dipotong PPh 23 sebesar 2% atas jasa yang mereka berikan.Per tanggal 01 September 2018 mereka memberikan surat keterangan dari kantor pajak bahwa atas penghasilan mereka dikenai PPh berdasarkan PP No. 23 tahun 2018 yang bersifat final sebesar 0.5%.Yang saya tanyakan, apakah atas invoice yang kita bayarkan tetap dipotong PPh 23 atau bagaimana perlakuannya? Demikian pertanyaan ini saya sampaikan, semoga Bapak dapat membantu.Terimakasih.

    Warm Regards,

    Leni 

    Like

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.