Rihlah Riza #67: Huruf R



Akhir Agustus 2015 lalu saya pulang ke Citayam. Ada momen yang harus saya hadiri. Istri saya diwisuda sebagai mahasiswa Program Pascasarjana Magister Akuntansi. Dia sudah sah jadi alumnus Universitas Indonesia setelah hampir dua tahun kuliah dengan program beasiswa Star BPKP. Bukan ini yang saya mau ceritakan kali ini.

Tapi ini tentang Kinan. Anak bungsu saya yang baru berumur tujuh tahun ini sebenarnya baru seminggu itu bisa mengucapkan huruf R. Saya tak tahu. Ketika saya datang, saya kaget ketika dia sudah bisa mengucapkannya dengan jelas. “Coba Nak, ucapkan lagi huruf R,” kata saya.

Akhirnya setelah itu dia selalu lafalkan huruf R dengan bergerung-gerung. Mengulanginya terus menerus. Di depan saya. Saya terharu. Padahal sebelum abinya datang ia enggan buat mengulang-ulanginya.

So, anak perempuan saya ini bisa juga ngomong huruf R. Tidak seperti abinya. Hahahaha. “Rrrrrrr….rrrrr….rrrr….Laler menclok di pager, muter-muter kayak uler.” Ini kalimat yang dia ulang yang abinya gagal total menirunya.

Sering kali sebelum berangkat ke Tapaktuan saya berpesan sama istri saya, “Ajarkan huruf R pada Kinan.” Dari artikel yang saya baca jangan sampai ada pemaksaan kepada anak untuk pelafalan itu. Biarkan alami apa adanya. Saya tak tahu bagaimana metode uminya Kinan mengajarkan pelafalan huruf R itu pada Kinan. Tapi ia berhasil.

Sepengetahuan saya, dari ketiga anak saya, Kinan ini yang paling telat bisa ngucapin huruf R. Awalnya takut, jangan-jangan di keluarga kami, ada juga penerus abinya yang tak bisa bilang huruf R itu. Ternyata tidak. Syukurlah. Setidaknya dia tidak akan pernah mengalami apa yang pernah abinya alami sewaktu kecil dulu. Dibuli sama teman-teman sekolah karena cadel seperti itu. Padahal cadel atau tidak itu tak memengaruhi kesuksesan dia di dunia atau pun di akhirat.

Tak tahu mau menulis apa lagi. Cukuplah sampai di sini.

***

Riza Almanfaluthi

Dedaunan di ranting cemara

11 September 2015.


Advertisements

2 thoughts on “Rihlah Riza #67: Huruf R

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s