Ini Dia Tempat Jual Baterai Remote Mobil


Kunci remote mobil Avanza 2007 yang saya pakai ini adalah kunci cadangan. Tanda-tanda melemahnya remote sudah mulai tampak. Antara lain tidak bisa meremote dari jarak jauh, tombolnya sudah mulai oblak, dari dekat pun remote sering tidak berfungsi.

Tapi saya abai. Waktu mudik ke Semarang, saya tahu ini bakalan bermasalah. Namun saya tidak membawa kunci remote satu lagi yang juga punya kendala sama.

Satu bulan sebelum mudik pernah kejadian remote tak bisa berfungsi. Jadi pakai manual saat membuka pintu mobil. Otomatis alarmnya menyala memekakkan telinga. Saya tutup pintu dan tak berani melanjutkan memakai manual lagi. Baru berfungsi kembali setelah beberapa waktu lamanya didiamkan begitu saja.

Eh, pas mudik ini, pas habis makan malam di warung mi ayam di Semarang bersama rombongan keluarga, remote mobil kembali ngadat. Saya pinjam obeng kecil milik penjual mi ayam buat buka kunci remote mobil dan berusaha otak-atik baterai yang sudah berkarat itu, dengan berharap semoga bisa berfungsi lagi. Eh ternyata tidak.

Ya sudah saya pakai kunci manual buat buka pintu mobil. Alarm menyala. Saya buka kap mobil. Lalu ambil sekering “Horn” yang letaknya di barisan kedua dari atas jejeran sekering. Alarm dan klakson akhirnya tidak bersuara lagi. Walaupun lampu mobil masih berkedap-kedip tanda masih berfungsinya sistem alarm. (Baca Juga  PORTOFOLIO RIZA ALMANFALUTHI)

Sekarang tinggal memikirkan cara menjalankan mobil. Karena dengan tidak berfungsinya alarm menyebabkan mobil pun tidak bisa nyala. Saya coba dengan memindahkan kunci dari “off” ke “on” berkali-kali sambil pula menginjak gas. Alhamdulillah mobil nyala.  Akhirnya mobil bisa dibawa ke rumah walau tanpa klakson dan dengan lampu hazard yang selalu menyala.

Eh, pas dalam perjalanan remote bisa dioperasikan kembali. Kalau begitu benar kesimpulan saya kalau baterai remote mobilnya sudah soak. Jadi tinggal ganti dan cari baterainya saja. Masalahnya baterainya bukan baterai jam. Bukan pula baterai yang gampang dicari di toko atau minimarket. Apalagi di saat darurat seperti sini, saat bengkel-bengkel belum pada buka karena liburan lebaran.

Kalau saya googling dan bertanya sana-sini ada beberapa tempat yang menjual baterai alarm mobil A27 ini. Antara lain:

1. Bengkel mobil tentunya;
2. Toko sparepart mobil;
3. Supermarket besar;
4. Toko buku Gramedia;
5. Toko jam;
6. Toko kamera;
7. Toko playsation.

Bengkel dan toko sparepart masih tutup. Lalu saya pergi ke supermarket besar eh ternyata tak menyediakan baterai jenis itu. Adanya baterai AA dan AAA. Toko jam juga tutup. Saya belum menemukan toko kamera. Di toko playstation tidak menyediakan baterai itu. Dan alhamdulillahnya adanya di toko buku Gramedia. Di toko buku itu cari saja konter yang menyediakan kalkulator dan jam. Insya Allah mereka menyediakannya.

Saya beli dua baterai. Satunya buat dipasang dan satunya lagi buat cadangan. Saya langsung pinjam obeng sama mbak-mbak penjaga konternya lalu memasang baterainya seketika itu juga. Kemudian saya balik ke tempat parkir dan mengetes baterai baru yang ada di remote mobil. Alhamdulillah berfungsi dengan baik. Bahkan yang biasanya dari jauh tidak bisa, sekarang sudah bisa lagi.

image
Alarm Mobil Avanza 2007. Seukuran pemotong kuku kecil.

image
Ini jeroan alarm mobil Avanza 2007. Baterai A27 buatan Cina ini sudah berkarat. Tanda sudah lama tak pernah diganti. Mungkin sejak mobil ini dibeli. Berarti sudah delapan tahun lamanya. Sediakan obeng kembang atau obeng minus kecil untuk membuka mur remote mobil.

image

Ini penampakan baterai alarm jenis A27. Tingginya setengah dari ukuran baterai AA

Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan panik kalau remote mobil sudah tak berfungsi lagi. Cek dulu remotenya. Periksa baterai apakah perlu diganti atau tidak. Jika iya, maka datangi bengkel terdekat, jika ternyata dalam keadaan darurat dan di daerah Anda ada toko buku di atas, datangi saja dan beli di sana. Mereka menyediakannya.

Jangan abai kalau remote mobil Anda sudah melemah daya jangkaunya. Ganti segera agar tidak terjadi hal-hal yang nantinya akan mengganggu perjalanan dan keamanan mobil Anda.

***
Riza Almanfaluthi
Dedaunan di ranting cemara
Semarang, 21 Juli 2015

(Baca Juga  PORTOFOLIO RIZA ALMANFALUTHI)

Advertisements

7 thoughts on “Ini Dia Tempat Jual Baterai Remote Mobil

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s