KARENA ITU BAHAGIA KAMI, BILA?


KARENA ITU BAHAGIA KAMI, BILA?

Ini hari kelima Ramadhan. Di sebuah sore. Selalu ada de javu. Tentang makanan khas dan kenangan masa kecil. Tapi yang paling bahagia saat ini—ketika puluhan tahun kenangan itu tertinggal di belakang—tentunya buka puasa bersama dengan keluarga. Hari Sabtu dan Minggu adalah dua hari yang dimanfaatkan betul untuk melakukan ritual itu. Ritual yang sama diharapkan oleh milyaran penduduk muslim sedunia para pelaku ibadah puasa.

Bukankah ini satu dari dua kenikmatan yang didapat bagi orang yang berpuasa? Selain yang satu lagi adalah bertemu dengan wajah Allah kelak. Memang betul, nikmat sekali bukan kalau kita berbuka puasa? Tak ada orang yang memungkirinya. Kenikmatan itu berlipat ketika merasakannya bersama-sama dengan keluarga. Ada kehangatan. Ada suka cita. Kita merayakannya bersama. Entah di atas meja makan atau di atas tikar yang digelar di lantai.

Tapi itu tidak untuk hari lainnya yaitu di hari kerja biasa. Mengapa? Pada bulan selain ramadhan saya dan teman-teman Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Keuangan biasa pulang pada pukul 17.00. Di bulan puasa kami mendapatkan ‘dispensasi’ untuk pulang tidak seperti biasanya yaitu pulang pada pukul 16.30. Itu pun sebenarnya bukan dispensasi karena waktu istirahat kami dipotong 30 menit sebagai kompensasinya.

Dispensasi pulang cepat jam 16.30 ini juga berbeda dengan PNS-PNS lainnya yang pulang lebih cepat berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 7 tahun 2013 tentang Penetapan Jam Kerja Pegawai Negeri Sipil pada Bulan Ramadhan. Jelas betul dalam surat edaran itu tentang tujuan dikeluarkannya penyesuaian jam kerja tersebut yaitu dalam rangka peningkatan kualitas pelaksanaan ibadah puasa bulan Ramadhan.

Instansi pemerintah yang memberlakukan lima hari kerja, masuk jam 08.00. Untuk hari Senin – Kamis, pulang jam 15.00, dengan waktu istirahat jam 12.00 – 12.30. Sedangkan hari Jumat, pulang jam 15.30, dengan waktu istirahat jam 11.30 – 12.30. Adapun bagi instansi yang memberlakukan enam hari kerja, masuk jam 08.00. Sedangkan pulang kerja hari Senin – Kamis dan Sabtu pada jam 14.00, dengan waktu istirahat jam 12.00 – 12.30. Sedangkan hari Jumat, pulang jam 14.30 dengan waktu istirahat jam 11.30 – 12.30.

Dengan penetapan ini, jumlah jam kerja bagi instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, yang menerapkan 5 hari atau 6 hari kerja, selama bulan Ramadhan sebanyak 32,5 jam per minggu.

Kami tetap masuk seperti biasa, paling lambat jam 07.30. Lalu pulang jam setengah lima sore. Jika di daerah, itu waktu yang cukup untuk mendapatkan saat berbuka bersama keluarga di rumah. Tapi kalau di seputaran Jabodetabek itu adalah hal yang bisa dibilang mustahil. Mengingat kemacetan dan jarak yang harus ditempuh oleh banyak moda transportasi.

Maka ketika adzan berkumandang, kami terbiasa mendengarnya di atas Commuter Line yang teramat padat. Atau di atas sepeda motor dengan ribuan biker lainnya. Atau di atas busway yang jalannya terbajak kendaraan bermotor lainnya, atau di atas bus jemputan. Bahkan ada yang selama 12 tahun kerja di Jakarta amatlah bisa dihitung dengan jari kesempatan berbuka puasa bersama keluarga di hari kerja biasa. Akhirnya terkadang juga tarawihnya pun tertinggal.

Ini bukan sebuah keluhan. Ini bukan pula sebuah gugatan. Bukan pula bentuk ketidaksyukuran kami atas nikmat masih berkumpulnya kami dengan keluarga. Tapi hanya sebuah keinginan tulus kami dari hati yang paling dalam bahwa kami juga ingin sama dengan PNS-PNS lainnya. Kami ingin lebih khusyu’ lagi beribadah di bulan Ramadhan sebagaimana tujuan dari dikeluarkannya edaran Menpan. Karena itu pun adalah bahagia kami. Bila?

***

Riza Almanfaluthi

dedaunan di ranting cemara

6 Ramadhan 1434H

Ilustrasi dari sini

    

Advertisements

6 thoughts on “KARENA ITU BAHAGIA KAMI, BILA?

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s