[MONOLOG]: SENYUM


[MONOLOG] : SENYUM

Monolog ahad pagi ini bercerita tentang #senyum, bukan karena aku memiliki senyum yang indah seperti yang kau katakan. Bukan, bukan karena itu. Tetapi senyum memang memiliki hal yang penting. Hingga menjadikannya sebagai hal utama di dalam agama kita. Senilai dengan sedekah yang kita beri setiap hari.

Karena sesungguhnya kita dapat menarik seseorang dengan senyuman. Senyum menjadi saham perdana dalam pergaulan, dalam memikat hati objek dakwah. Untuk itu perlu sapa. Untuk menyapa perlu senyum. Bukan uang bukan tampang. Sekalipun tampang maka tampang penuh persahabatan. Bukan dengan parameter cantik dan gagah, jelek, dan buruk rupa.

Maka tersungginglah senyum di wajahku setiap bertemu siapapun adanya dia. Anak-anak, bapak-bapak dan untuk ibu-ibu—untuk yang terakhir ini tentu dengan senyum sewajarnya yang aku bisa. Sampai suatu ketika mereka bilang: “Anda beda daripada yang lainnya.” Segala puji hanya untuk Allah. Hanya satu hal yakni dari senyum itu mereka bisa menerima kita menjadi pelayan mereka, “khadimatul ‘ummat”

Maka segera tersenyumlah pada dunia. Jangan pelit dan jangan ragu untuk tersenyum. Hamburkanlah senyum yang kau miliki, selama tersenyum itu gratis. Dermawanlah kau dengan senyuman. Nilai sedekah sudah di tangan, apalagi ketika dengan senyuman itu kau mampu membahagiakan seseorang. Tersenyumlah padaku. Karena seseorang itu adalah aku.

***

 

Riza Almanfaluthi

monolog ahad pagi

memperingati tulisan ke-500

dedaunan di ranting cemara

09.35 20 Februari 2011

Advertisements

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.