Peran Venture Capital bagi Startup


Pelaku bisnis tentu mengenal namanya investasi yang erat kaitannya dengan bagian keuangan perusahaan. Investasi berhubungan dengan akumulasi kegiatan tertentu untuk membidik keuntungan di masa yang akan datang. Saat ini, jenis permodalan usaha sudah bervariasi. Hal tersebut akan mempermudah anda untuk meminjam sejumlah dana ketika memulai usaha. Salah satunya adalah Covergence Ventures. Dalam situsnya convergencevc.com menjelaskan jenis bidang usaha dari perusahaan yaitu venture capital. Selain VC dari dalam negeri adapula jasa penanaman modal dari asing.

Upaya Venture Capital untuk Membantu Startup

Akhir-akhir ini perusahaan jasa permodalan usaha baru dengan menyalurkan dana dari investor memang sedang populer. Sistem kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak membuat beberapa pengembang startup tertarik mengajukan permohonan pinjaman dana. Pesona modal venture memang cukup populer di dunia financial. Tidak hanya kucuran dana saja yang diberikan kepada mitranya. Beberapa bimbingan juga diadakan agar startup terus berkembang. Apa saja upaya VC dalam membantu mitra perusahaannya? Penjelasannya ada di poin berikut.

  1. Tahap bimbingan perbaikan usaha

Aspek pertama adalah memperbaiki tenaga kerja yang ada. Sumber daya manusia adalah salah satu faktor penting untuk kemajuan perusahaan. Fasilitas yang mumpuni belum bisa berjalan baik jika pekerja tidak bisa memunculkan ide-ide segar untuk menggebrak pasar. Sehingga beberapa perusahaan venture capital akan menyarankan untuk mengevaluasi tenaga ahli yang ada. Hasil evaluasi bisa menjadi bahan pertimbangan untuk tahap perbaikan ini. Poin kedua berkaitan dengan konsep dan analisa bisnis.

  1. Tahap memilih mitra yang potensial

Tidak semua kenalan merupakan mitra yang tepat. Hal inilah yang membuat bimbingan dari VC adalah sesuatu yang berharga. Startup harus mulai membidik kemitraan strategis melalui akses yang tepat. Jika anda bekerjasama dengan venture capital yang sudah punya banyak pengalaman, biasanya akses jaringan yang diberikan adalah orang-orang berkualitas. Anda bisa mencari perusahaan jasa penanam modal yang menyediakan kualifikasi akses lain yang dibutuhkan startup. Seperti misalnya akses lisensi, properti intelektual, dan jenis pasar sesuai kebutuhan perusahaan anda

  1. Bimbingan bantuan manajemen

Manajemen berperan penting untuk membuat perusahaan mendapat untung besar. Apabila bidang manajemen belum teratur maka perlu dilakukan beberapa perbaikan. Venture capital akan membantu mendukung bisnis, ruang kantor bersama, dan akses market. Selanjutnya akan menuju tahap pendanaan yang berkaitan dengan besaran kebutuhan modal. Apabila kerjasama berlanjut dalam jangka waktu lama, biasanya VC menyediakan semacam cadangan dana untuk biaya pemasaran, pengembangan produk, dan operasional.

  1. Menawarkan pendanaan lanjutan

Permodalan awal yang diberikan VC kepada perusahaan yang permohonannya disetujui tidak berlangsung selamanya. Ada jangka waktu untuk investasi tersebut yang umumnya berkisar antara empat tahun hingga sepuluh tahun. Pada akhir masa perjanjian, startup diminta mengembalikan dana pinjaman tersebut . Penyelesaiannya ada dua alternatif yaitu memasuki bursa saham atau membuka penanaman modal baru.

Keempat poin yang tersebut di atas merupakan sekilas penjelasan tentang peran venture capital. Bermitra dengan usaha penyedia modal ini menghindarkan startup anda dari masalah kekurangan modal. Beberapa bimbingan yang diberikan juga menjadi faktor pendukung untuk memajukan bisnis. Satu hal lagi yang perlu anda pertimbangkan adalah perjanjian pengembalian seluruh dana saat masa pendanaan selesai. Apabila startup tidak berniat membuat kerjasama lanjutan maka tidak ada solusi lain kecuali akuisisi saham. Karena harga saham dari perusahaan yang didanai adalah salah satu sumber keuntungan VC.

 

Advertisements

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.