SEKALIBER TRIBUNNEWS PAKAI FOTO EDITAN


SEKALIBER TRIBUNNEWS PAKAI FOTO EDITAN

    

    Pada tanggal 3 Juli 2014, media online tribunnews.com menampilkan berita yang berjudul “Nasi Kotak yang Dibagi-bagikan Prabowo di Dalamnya Ada Duit Rp 50 Ribu!”. Tak lupa sebagai peneguh atas judul tersebut sekaligus sebagai dramatisasi maka Tribunnews menampilkan foto nasi kotak dengan gambar uang lima puluh ribuan tertempel di tutup nasi kotak. Caption yang tertulis di bawah foto sebagai berikut: “Nasi kotak yang dibagi-bagikan Prabowo saat kampanye di Lapangan Lumintang Bali, Selasa 1 Juli 2014. Tampak terselip uang Rp 50 ribu.”

    Dengan caption seperti itu maka dinyatakan dengan tegas bahwa foto nasi kotak itulah yang dibagi-bagikan pada saat kampanye Prabowo di Lumintang, Bali (1/7). Di era penuh dusta seperti saat ini maka sebagai pembaca yang cerdas tentu tidak mudah untuk percaya. Sebaiknya pun menggunakan dengan baik dan benar anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada kita yaitu otak.

    Benarkah nasi kotak itu yang diberikan pada saat kampanye Prabowo? Ternyata itu foto tertanggal 11 Juli 2007. Pengguna facebook menunjukkan tautan bahwa foto yang ditampilkan oleh tribunnews.com adalah foto hasil editan. Tautan tersebut berasal dari sini: http://commons.m.wikimedia.org/wiki/File:Nasi_gudeg_nasi_kotak.JPG . Dari situs wikimedia.org tersebut maka dapat diketahui pula oleh kita metadata dari foto yang berjudul Nasi Gudeg Nasi Kotak.jpg.

    Terlihat dari foto asli nasi kotak tersebut tidak ada gambar uang lima puluh ribuan. Gambar nasi kotak isi nasi gudeg, ayam goreng, dan rendang telur pun lebih tajam dan menggugah selera daripada yang ditampilkan oleh Tribunnews. Selain itu Tribunnews menampilkan tautan sumber dari foto tersebut yaitu: http://www.matammasa.org. Namun ketika diklik tautan tersebut tidak dapat dibuka.

    Suasana pilpres 2014 membuat para pekerja media terbelah. Profesionalisme, cek dan ricek, hanya menjadi barang mewah. Jumlah hits sekarang menjadi tujuan utama. Kini para pembaca harus lebih cerdas dalam membaca. Karena banyak media yang melacurkan idealismenya. Mudah melakukan kedustaan. [Riza Almanfaluthi]

**

http://www.suaranews.com/2014/07/sekaliber-tribunnews-pakai-foto-editan.html?m=1

 

 

 

2 thoughts on “SEKALIBER TRIBUNNEWS PAKAI FOTO EDITAN

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.