CARA CEPAT HENTIKAN CEGUKAN TANPA AIR


cara2bmembuat2bbubur2bmutiara2byang2benak252cbubur2bmutiara2bdiah2bdidi252cbubur2bmutiara2bsagu252cbubur2bmutiara2bncc252cbubur2bmutiara2bgula2bmerah252ccara2bmembuat2bbubur2bmu

 

Ini sudah saya twitkan tentang cegukan itu. Tapi saya narasikan agar menjadi abadi adanya ia. Tak tertelan sama kicauan yang lain. Dan semoga saja bisa manfaat buat yang lain. Iya tuh Bro, waktu pagi tadi saat mau mengeluarkan motor tahu-tahu dari mulut saya keluar bunyi-bunyian: Ceguk. Cegik. Ceguk. Cegik.

Saya pikir cegukan seperti ini tak akan bertahan lama. Eh ternyata sampai kereta datang di Stasiun Citayam cegukan itu tak berhenti. Tubuh saya sampai terangkat sedemikian rupa kalau lagi cegukan. Saya sampai tak enak sama yang lain. Makanya segera saya cari cara menyembuhkan cegukan tanpa air melalui Google. Biasanya kalau pakai air sih mudah menghentikannya. Tinggal minum air putih sebanyak-banyaknya sambil menutup hidung. Insya Allah berhasil. Lah ini pas ada di kereta bagaimana minum airnya coba?

Dan ketemu juga tips menghentikan cegukan itu tanpa air. Cuma sebelumnya saya mau kasih tahu mengapa sih terjadi cegukan pada diri kita setiap manusia. Kalau orang tua zaman dulu mah selalu bilang kalau cegukan yang dialami sama anak bayi itu tanda lagi tumbuh gede. Nah ini saya bukan anak bayi gitu loh? Jadi mau tumbuh apanya lagi?

Saya kutip secara langsung dari Wikipedia yah tanpa edit lagi. Seperti ini:

Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus.

Cegukan seringkali berkembang dalam situasi tertentu, seperti makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol, atau karena keseimbangan elektrolit. Cegukan dapat pula disebabkan karena tekanan saraf frenik oleh struktur anatomi yang lain, atau karena tumor dan penyakit ginjal lainnya, meski hal ini jarang terjadi. American Cancer Society melaporkan bahwa 30% pasien kemoterapi menderita cegukan sebagai efek samping perlakuan.

Nah, kayaknya salah satunya memang saya alami. Yaitu makan makanan yang sangat panas, mi instan rebus jam empat pagi tadi. Kembali kepada cara menghentikan cegukan yang saya temukan dari Google tepatnya dari blog orang itu ternyata memang tidak berhasil. Ada empat langkah yang ia tulis tapi masih belum sederhana. Masih ada pertanyaan yang mengambang atas setiap langkah itu. Kebetulan cara itu juga gatot alias gagal total diterapkan kepada saya.

Akhirnya saya modifikasikan atawa improvisasikan dengan cara saya sendiri dan syukurnya berhasil 100% dengan cepat. Seketika Insya Allah. Bagaimana caranya? Ohya saya tidak mengutip cara ini dari Wikipedia. Cara ini adalah cara yang berhasil saya terapkan. Bukan cara Wikipedia yang belum tentu keberhasilannya.

Berikut cara saya:

1. Gelembungkan mulut sebesar-besarnya;

2. Tutup hidung rapat-rapat dengan tangan;

3. Telan udara yang ada di mulut. Pokoknya ditelan.

4. Ulangi sampai tiga kali.

Sudah itu saja. Dan Alhamdulillah tak perlu menunggu lama cegukan saya ini langsung hilang. Saya pun bisa melanjutkan perjalanan naik krl ini tanpa ada hambatan yang berartiโ€”masih bisa berdiri di atas kereta tanpa bunyi ceguk, cegik.

Semoga bermanfaat.

***

Riza Almanfaluthi

dedaunan di ranting cemara

14:44 27 Desember 2012

gambar sekadar ilustrasi saja diambil dari sini.

Advertisements

47 thoughts on “CARA CEPAT HENTIKAN CEGUKAN TANPA AIR

  1. Alhamdulillah ketemu caranya.. udah dari sebelum tarawih sampe saya baca artikel ini cegukan terus.. padahal sampe kembung perut saya kebanyakan minum air tadi sahur..
    terima kasih tipsnya ya.. ๐Ÿ™‚

    Like

  2. Sudah lama pun topiknya, tahun 2015 masih beri manfaat, kebetulan hari ini kamis mas, jadi lagi ga bisa hentikan cegukan pakai air, its work, caranya berhasil, terima kasih mas

    Like

  3. Wah benar benar berhasil, terima kasih tipsnya,
    Saya lagi puasa bingung cara hentikan cegukan saya. Untung nemu tips ini, terima kasih banyak~ ^^
    Saya bisa hentikan cegukan tanpa membatalkan puasa saya,

    Liked by 1 person

  4. JazakAllah Khairan mas, cegukan saya langsung hilang. habis bingung cegukannya datang pas lagi puasa jadinya gabisa minum. tapi Alhamdulillah mas Rizal membantu dengan tipsnya. semoga Allah membalas jasa mas Rizal ini.

    Liked by 1 person

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s