BLOG HAJI TEREKOMENDASI


BLOG HAJI TEREKOMENDASI

Sudah lebih dari dua orang yang saya kenal telah pergi ke tanah suci pada pekan pertama Oktober tahun ini. Sedangkan saya masih lama, Insya Allah tanggal 25 Oktober nanti. Saya cuma berharap Allah tidak memberi saya sakit lagi seperti di bulan syawal yang baru lewat, dua penyakit bertubi-tubi. Enggak ding, tepatnya maag di awal syawal dan cacar air di akhir Syawal. Amin.

Sembari menunggu hari H itu saya berusaha untuk memperdalam ilmu haji. Dengan membaca banyak literatur fikih haji dari berbagai buku atau membacanya melalui internet—swer sebelum ini saya tidak tahu apa-apa tentang ilmu haji, minim banget, dan menyedihkan. Yang menarik dari cara belajar online di internet itu adalah banyaknya pengetahuan yang tidak didapat dari buku-buku. Seperti belajar pengalaman dari orang yang sudah pergi haji. Oleh karenanya banyak blog yang sudah saya sambangi.

Dari sekian situs dan blog itu yang teramat menarik bagi saya, Insya Allah cuma dua blog ini.

Blog yang pertama amat menarik karena bicara hal-hal teknis dari mulai persiapan haji hingga pelaksanaan hajinya di sana. Hal-hal yang menurut kita sepele dan seringkali diabaikan ditulis di sana. Ditambah dengan ilustrasi foto membuat content blog ini amat bermanfaat dan layak untuk dijadikan referensi.

Blog yang menggunakan tagline: kupenuhi panggilanMu ini masih update. Postingan terakhir sampai tulisan ini dibuat adalah pada tanggal 19 Agustus 2011. Komentar saya adalah, “Teknis dan detil banget Bro.” Jarang saya temukan di blog lain. Saya cuma berucap dalam hati semoga apa yang ditulis menjadi ladang amal kebaikan buat penulisnya. Tidak pernah putus dan berhenti sebagai shadaqah jariah.

Nah, blog yang kedua, yang mengambil nama Bunda Thousand Words sebagai nama blognya ini buat saya exciting banget. Saya menemukannya di urutan pertama Mbah Google ketika saya mengetikkan kata “tanazul”. Awalnya iseng untuk berkunjung. Apalagi blog ini sudah lama enggak diupdate. Tanggal postingan terakhir adalah 6 November 2009.

Eh, ternyata saya tidak cukup membaca satu postingannya saja. Berlanjut terus dan terus ke postingan lainnya. Saya mulai baca blog ini dari waktu ashar sampai maghrib tiba. Enggak terasa. Yang membedakannya dari blog yang pertama atau yang lainnya adalah cerita pengalaman hajinya. Kalau blog pertama bicara tentang teknis haji tetapi blognya Bunda Bintari Sriwijayanti ini bercerita tentang pengalaman spiritual berhaji dengan suaminya di tanah suci. Tulisannya renyah. Natural. Manusia banget. Enggak jaim. Mencerahkan. Mengharukan. Dan mampu membuat mata saya berkaca-kaca.

Sedikit sekali blog yang konsisten bercerita dari awal sampai akhir tentang pengalaman hajinya. Terkadang ada blog lain yang semangat di awal untuk bercerita tetapi cuma berhenti di tulisan kedua atau ketiga. Nah blog ini Insya Allah bercerita lengkap. Recommended dah…

Layak kalau semua pengalamannya itu dibukukan. Dan memang bukunya sudah terbit. Judulnya: Menjemput Hidayah Di baitullah. Ini dia kaver bukunya.

Kalau mau jadi teman FB mereka gampang. Cari saja di google ketemu Insya Allah.

Itu saja kali saya mau cerita tentang blog terekomendasi ini. Semoga ini bermanfaat buat Anda yang mau pergi haji dan menambah wawasan.

***

Riza Almanfaluthi

dedaunan di ranting cemara

06.51- 9 oktober 2011

TAGS: blog abu syafwan, abu syafwan, blog bintari sriwijayanti, bintari sriwijayanti, kupenuhi panggilanmu,bunda thousand words,tanazul, menjemput hidayah di baitullaH, blog haji, haji,

Advertisements

3 thoughts on “BLOG HAJI TEREKOMENDASI

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s