TIPS TUTORIAL WORDPRESS: BLOGGING WITH WORD 2007 [POSTING TEKS DAN GAMBAR DARI WORD 2007 KE WORDPRESS]


NGEBLOG,

POSTING TEKS DAN GAMBAR DARI WORD 2007 KE BLOG WORDPRESS

BLOGGING WITH WORD 2007

Saya merasakan suatu kegembiraan hari ini karena saya telah sukses dalam melakukan sesuatu. Ya, saya kini dimudahkan sekali oleh teknologi. Dan karena ini suatu hal yang sukses maka perlu disebarkan kepada yang lain. Semoga ini dapat memberikan manfaat yang baik buat yang memerlukannya atawa wabil khusus untuk para blogger. Begini ceritanya:

Saya kalau memosting tulisan untuk blog saya, saya sangat jarang sekali untuk menuliskannya langsung di text editor yang telah disediakan oleh penyedia layanan blog seperti wordpress misalnya. Saya harus menuliskannya terlebih dahulu di Microsoft Office Word (MS Office Word).

Kelemahannya adalah disaat mengupload tulisan tersebut di blog, tampilannya jadi berantakan, sehingga harus diedit ulang di text editor wordpress. Pokoknya mulai dari font, bold, italic, atawa paragrafnya semuanya hancur berantakan. Saya bingung bagaimana caranya untuk mengatasi hal ini.

Makanya saya mencari program text editor gratis untuk ngeblog, seperti Zondry Blog Writer atau yang sejenisnya. Gunanya program ini adalah ketika kita selesai menulis artikel di program itu lalu kita ingin mempublikasikannya di blog kita cuma tekan tombol publish. Tulisan tersebut bisa langsung terpublikasikan tanpa perlu membuka blog kita terlebih dahulu. Jadi terhubung online.

Tapi karena saya juga kurang nyaman untuk menulis di program itu, maka saya tetap menuliskan artikel di ms office word, lalu copy paste ke program tersebut, dan tekan tombol publish tetap saja hancur berantakan. Entah kenapa. Juga tombol-tombol di sana kurang familiar, kurang friendly, dan fasilitas help-nya kurang membantu. Jadi saya buang program itu. Saya tetap kembali ke awal, yaitu susah payah sedikit menulis di word dan edit di text editor wordpress pada menu write post.

Suatu saat saya membaca artikel di Kompas tentang teknologi terkini. Wartawan Kompas itu bercerita tentang kemudahan teknologi yang membantu kehidupan manusia karena adanya fasilitas yang diberikan oleh Ms Office Word 2007 yaitu fasilitas Upload Blog langsung dari Word 2007. Ia menulis berita dan langsung mempublikasikan ke blognya tanpa buka-buka terlebih dahulu blognya tersebut.

Saya penasaran, saya coba. Saya temukan tombol-tombolnya, tapi ternyata tetap tidak bisa. Entah kenapa. Kemudian saya putus asa lalu tidak lagi berniat untuk melakukan itu. Tapi kemarin, karena lagi-lagi tulisan saya berantakan dan saya harus mengedit ulang maka saya bertekad pasti ada solusi untuk masalah ini. Saya tanya kepada Ajengan Google masalah upload blog via Word, dan saya menemukan sebuah link ini:

http://office.microsoft.com/en-us/word/HA101640211033.aspx

Akhirnya saya menemukan jawabannya untuk mengatasi kebuntuan ini. Dan saya akan membagi solusinya itu kepada Anda semua para pembaca. Berikut solusi yang sejelas-jelasnya dari saya semoga bermanfaat.

  1. Tentunya Anda harus punya blog dulu bukan. Kalau belum punya daftar dulu. Kalau saya daftar di WordPress ini. Ini alamat blog saya: https://dirantingcemara.wordpress.com
  2. Lalu Anda harus punya Program Ms Office Word 2007 yang terinstall di komputer Anda;
  3. Melakukan setting blog di Ms Office Word 2007. Caranya:
  • Buka Ms Office Word 2007
  • Cari tombol blog di Quick Access Toolbar. Quick Access Toolbar ini adalah kumpulan tombol-tombol yang bisa kita tambah dan kurangkan tombol-tombolnya sesuai kebutuhan. Quick Access Toolbar ini adanya di bagian paling atas dari tampilan Word 2007.

    Tombol yang tampak biasanya adalah tombol undo, save, atau print dan lain-lain. Jika tidak ada tombol blog, maka kita klik kanan di Quick Access Toolbar tersebut lalu pilih Customize Quick Access Toolbar.

    Di kotak Choose Commands From, pilih
    pilihan All Command, lalu
    di kotak bawahnya pilih tombol Blog, mudah dicari karena urut berdasarkan alphabet.

    Cara milihnya dengan menekan tombol Add, lalu
    tekan OK.

  • Kini di Quick Access Toolbar sudah ada tombol ikon Blog yang bergambar kertas dan panah warna hijau. Tekan tombol itu dan akan ada pilihan Publish dan Manage Account.
  • Tekan Manage Account dan
    akan muncul Dialog Box Blog Accounts.
  • Pilih tombol New. Lalu akan muncul Dialog Box New Blog Account.
  • Pilih penyedia layanan blog yang tersedia, saya pilih WordPress.
  • Lalu tekan next. Dan akan muncul Dialog Box New WordPress Acoount.
  • Ada isian Blog Post URL : http://<Enter your blog URL here>/xmlrpc.php

    Ganti <Enter your blog URL here> dengan nama blog Anda. Sebagai contoh, saya ganti dengan nama blog saya dirantingcemara.wordpress.com

  • Lalu isi kotak User Name dan Password dengan isian yang sama dengan saat kita membuka atau saat log in ke blog yang kita punyai. Kedua isian ini sangat sensitif jadi harus memasukannya dengan benar, jika tidak maka settingan ini gagal. Jika benar maka akan muncul pemberitahuan bahwa settingan ini succesfull. Selesai.
  1. Sekarang saya akan menguraikan bagaimana cara mempublikasikan artikel kita ke blog kita itu.
  • Buka MS Office Word 2007;
  • Lalu kita buat artikel yang kita kehendaki;

    Anda bisa mempublikasikan tulisan tersebut sebelum atau sesudah file itu disimpan.

  • Tekan tombol Microsoft Office Button yang adanya di sudut kiri paling atas Word 2007;
  • Pilih Publish lalu
    pilih Blog;
  • Lalu akan muncul tulisan kita itu, dengan ciri ada kotak bertuliskan seperti ini:

    [enter post title here]

  • Cantumkan judul yang kita kehendaki di kotak itu.
  • Bila perlu cantumkan juga kategorinya, dengan mengklik tombol Insert Category di Blog Post tab (adanya di sebelah kiri atas pada blog group).

    Akan muncul pilihan kategori yang telah kita buat sebelumnya di blog WordPress kita.

  • Bila selesai, langsung deh, tekan tombol publish. Di
    sana ada pilihan publish (untuk langsung mempublikasikannya di halaman utama menu blog kita)
    dan publish as a draft (bila kita tidak ingin mempublikan secara langsung dan hanya ingin sebagai draft saja di blog kita atau karena kita ingin mengeditnya terlebih dahulu sebelum disebarkan kepada khayalak umum).
  • Hasilnya bisa dilihat di blog Anda, persis sekali dengan apa yang ditulis di Word 2007. Terlihat rapih tanpa edit dan hasilnya memuaskan.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Sekarang saya tidak susah-susah lagi untuk mengunggah (upload) teks ataupun gambar. Cukup dari MS Office Word 2007, tak perlu buka-buka lagi banyak menu di WordPress.

Semoga bermanfaat untuk Anda semua. Bila ada pertanyaan, silakan untuk mengajukannya kepada saya di menu komentar. Perlu saya tegaskan bahwa artikel ini saya tulis di Word 2007 langsung saya publikasikan untuk blog saya ini.

Mohon maaf bila ada salah dan kurang jelas dalam pemaparan.

Wassalaamu’alaikum wr.wb.

Riza Almanfaluthi

dedaunan di ranting cemara

09:43 03 April 2008

Kalibata Cerah Sekali Pagi Ini.

28 thoughts on “TIPS TUTORIAL WORDPRESS: BLOGGING WITH WORD 2007 [POSTING TEKS DAN GAMBAR DARI WORD 2007 KE WORDPRESS]

  1. Jazakallah khairan katsira…
    Sangat berguna. Sekarang di MSword saya sudah ada icon blog-nya. đŸ™‚
    Sekali lagi jazakallah ya pak…

    Like

  2. Alhamdulillah kalau bermanfaat.. Ohya kalau tidak bisa dipublish kemungkinan file kita masih Office 2003 sehingga perlu di convert terlebih dahulu. Cara mengconvert, tinggal klik Microsoft Office Button.
    đŸ™‚

    Like

  3. Pak Riza,

    Ada cara lain untuk memuat tulisan dari MS Word ke editor teks di wordpress sbb:
    1. Dari MS Word, tekan Ctrl+A untuk select all, lalu Ctrl+C untuk copy.
    2. Buka aplikasi Notepad (Programs:Accessories:Notepad), tekan Ctrl+V untuk paste teks tsb.
    3. Dari Notepad, lakukan Ctrl+A, lalu Ctrl+C
    4. Buka editor teks wordpress, tinggal tekan Ctrl+V. Beres.

    Prinsipnya adalah me-‘reset’ seluruh style/ atribut teks yg dibuat oleh MS Word, sebelum dimuat pada editor teks wordpress.

    TETAPI, ini masih perlu usaha untuk menyisipkan ‘Enter’ (ganti baris) disetiap awal paragraf pada editor teks wordpress.

    wassalam,
    endro

    Like

  4. wah… sangat berharga sekali informasi ini buat saya yg lg belajar bikin wordpress. tp maaf ada yang saya tanyakan nih. gimana supaya tampilan artikel saya bila pake read more di word 2007? mohon penjelasannya. biar keliatan ringkas
    trimkasih sebelumnya

    wassalam

    Like

  5. Mbak Myta, ini nih memang yang belum bisa saya temukan. Karena tidak bisa, maka saya cuma bisanya dengan edit di manage wordpress, supaya jadi read more.
    Selain itu saya belum mengetahuinya. Makasih buat mbak myta yang telah berkunjung.
    đŸ™‚

    Like

  6. ampe jam 11 malem baru nemu nich solusi
    makasih bro ntar gw coba ah
    skarang mah udah ngantuk…
    salam kenal
    venose.wordpress.com

    Riza: Semoga bermanfaat.

    Like

  7. udah sy coba ga bisa mas, katanya “word cannot register your account”…maksudnyaaaaa?…apa ms Word-q yang bajakan ato apa, tapi tiap menghubungi microsoft kagak bisa…. tolong dong…. krena sy mau posting tulisan yg memuat gambar atau grafik, kotak,dsb. jadi ga isa tampil di halaman blog. gmana carane mas… makasih atas bantuannya.

    Riza: Seharusnya bisa. Coba klik link bantuan di microsoft. Di sana diterangkan kalau terjadi hal yagn seperti ini. Biasanya ini terjadi jikalau jaringan lagi padet. Atau blog Anda lagi di blok sama admin blognya. Allohua’lam bishshowab.

    Like

  8. Hello does an experienced user on here mange to view this website and see it clearly on their mobile phone eg. pda? Any help gratefully received as to which is the best way to view this place on the move. I am looking to change my mobile phone shortly

    Like

Tinggalkan Komentar:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.