Cara Mudah Siswa SMA SMK Praktik Kerja Lapangan di DJP


Beberapa waktu lalu, pertanyaan soal bagaimana cara anak SMA atau SMK melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mampir melalui aplikasi percakapan Whatsapp.

Pertanyaannya seputar apakah pendaftaran PKL itu melalui aplikasi magang.kemenkeu.go.id atau melalui cara lain.

Saya sudah mengulasnya dalam artikel di sini. Namun, tidak ada salahnya juga saya mengulanginya kembali. Apalagi akun media sosial resmi DJP menampilkan video soal ini kemarin (26 Juli 2023).

Jadi terkait PKL ini, siswa SMA/SMK tidak perlu mengajukan permohonan melalui aplikasi magang.kemenkeu.go.id. Namun, dengan cara seperti ini:

1. menyampaikan soft copy berkas usul permohonan PKL ke alamat surel kemenkeu.prime@kemenkeu.go.id, dan/atau

2. menyampaikan hard copy berkas usul permohonan PKL ke Bagian/Subbagian Tata Usaha di Unit Eselon II dan/atau Unit Eselon III tujuan PKL.

Jangan lupa, lampirkan juga surat pengantar dari sekolah kepada pimpinan Unit Eselon II dan/atau Unit Eselon III tujuan PKL.

Sederhana sekali, bukan? Jadi kalau mau cepat langsung saja datang ke kantor pajaknya sambil membawa berkas usul permohonan dilampirkan dengan surat pengantar dari sekolah. Tidak ada format baku soal berkas usul permohonan dan surat pengantar dari sekolah tersebut.

Berikut, video yang diunggah oleh akun media sosial resmi @DitjenPajakRi tentang cara mengajukan permohonan PKL di DJP. 

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Komentar:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.