Sulawesi Tengah Dilanda Bencana, Pegawai Ditjen Pajak Selamat Semua


Gempa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat, 28 September 2018 yang diikuti dengan tsunami menyisakan kesedihan untuk kita semua. Fenomena alam tersebut menelan harta dan memakan korban jiwa yang banyak.

Dari pantauan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, korban jiwa yang tercatat per tanggal 30 September 2018 sebanyak 832 jiwa. Rinciannya: 821 orang meninggal di Palu dan 11 orang di Donggala.


Dengan adanya bencana alam tersebut, berbagai elemen masyarakat di seluruh nusantara langsung bergerak memberikan bantuan ke daerah yang terdampak gempa. Ini penting untuk memenuhi kebutuhan dasar yang hilang seperti air bersih, obat-obatan, makanan, dan lainnya. Terutama pula memulihkan aliran listrik dan jalur komunikasi yang ada.

Dalam keadaan yang sengkarut tersebut Direktorat Jenderal Pajak langsung bertindak. Pertama, mengetahui kondisi pegawai dan bangunan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) yang berada di lokasi bencana seperti Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu, Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Parigi, dan KP2KP Banawa.

Dan dipastikan bahwa sampai hari ini, Senin, 1 Oktober 2018, tidak ada pegawai Direktorat Jenderal Pajak yang menjadi korban. Semua selamat. Ini sekaligus mengonfirmasi berita tentang belasan pegawai Ditjen Pajak yang belum terkontak pada Ahad (30/9).

Kedua, Direktorat Jenderal Pajak melalui unit vertikal terdekat seperti Kantor Wilayah DJP Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Maluku Utara bergerak cepat mengirimkan pegawai sebagai relawan dan memberikan bantuan melalui jalur darat, laut, dan udara.

Melalui jalur darat, bantuan dikirim dari Toli-toli dan Poso. Jalur laut pun dimanfaatkan sebaik-baiknya melalui sinergi dengan Kantor Bea dan Cukai menggunakan Kapal BC 9003 yang bertolak dari Makassar.

Bekerja sama dengan TNI Angkatan Udara, Ditjen Pajak mengirimkan bahan bantuan berupa obat-obatan, makanan, dan tenda dengan menggunakan pesawat Hercules. Direktorat Jenderal Pajak berterima kasih kepada semua pihak dalam pengiriman bantuan ini.

Ketiga, menetapkan keadaan kahar untuk kantor pajak yang terdampak gempa serta berusaha tetap memberikan layanan administrasi perpajakan dan penerbitan produk hukum perpajakan sesuai dengan Prosedur Operasional Standar yang telah ditetapkan. Sebelumnya, hal yang sama dilakukan pada saat terjadi bencana gempa di Lombok.

Keempat, memastikan seluruh pegawai Ditjen Pajak dari Sabang sampai Merauke untuk tetap berpegang teguh terhadap prinsip-prinsip berkomunikasi terutama melalui media sosial sebagaimana telah diatur dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-17/PJ/2017 tentang Pedoman Komunikasi di Lingkungan Direktorat Jenderal Pajak.

Salah satu prinsip komunikasi itu adalah Kebenaran Informasi. Seluruh pegawai Ditjen Pajak harus memastikan keandalan dan keakuratan data dan/atau informasi sebelum disebarluaskan kepada internal dan eksternal. Serta memastikan data dan/atau informasi yang akan disebarkan adalah relevan dan telah diperoleh dari sumber yang kredibel dan kompeten. Prinsip itu berguna untuk meredam kesimpang-siuran informasi yang ada.

Dalam kondisi demikian, peran Juru Bicara Tertunjuk sebagaimana diatur dalam beleid tersebut menjadi urgen. Juru Bicara Tertunjuk merupakan pegawai Ditjen Pajak yang ditunjuk untuk menjadi juru bicara atas nama Ditjen Pajak dalam hal memberikan informasi kepada media.

Dalam hal ini Juru Bicara Tertunjuk adalah Direktur Jenderal Pajak, Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2humas) atau direktur teknis terkait, Kepala Kantor Wilayah, Kepala Bidang P2humas, atau Pejabat eselon III lainnya yang ditunjuk, dan Kepala Kantor.

Dari sanalah informasi mengerucut untuk dikelola, dipercaya untuk didistribusikan, dan dimonitor. Semoga kita bisa belajar dari semua kondisi ini. Doa selalu untuk Palu dan Donggala.

#pajakkitauntukkita

Ditulis dan diunggah pertama kali di  http://pajak.go.id/article/sulawesi-tengah-dilanda-bencana-pegawai-ditjen-pajak-selamat-semua

Advertisements

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.