KISAH NYATA: LAKUKAN INI JIKA INGIN PUNYA ANAK


KISAH NYATA: LAKUKAN INI JIKA INGIN PUNYA ANAK

image

“Jika belum adanya keturunan yang membuatmu gelisah di penghujung malam ini mintalah Allah ta’ala dengan do’a Nabi Zakariya.” Satu kalimat yang ditwitkan oleh Moh. Fauzil Adhim pada dini hari ini membuat saya termenung. Sebuah kebetulan bahwa pada malam itu saya ingin menuliskan sebuah cerita tentang kegundahan seorang teman akan hadirnya buah hati dalam umur perkawinannya yang baru mencapai lima bulan. (Baca Juga  PORTOFOLIO RIZA ALMANFALUTHI).

Sebuah waktu yang tidak bisa disetarakan dengan waktu sepi yang dimiliki oleh Nabi Zakariya dalam sebuah penantian yang panjang dan endapan keniscayaan kalau istrinya yang mandul tidak pernah mungkin akan punya keturunan. Maka hanya doa yang bisa terlantun: “Tuhanku, jangan biarkan aku sendiri. Dan Engkaulah sebaik-baik Waris (QS. 21: 89)”

Dalam sebuah percakapan maya, di pertengahan ramadhan 1433 H yang penuh keberkahan, tercetus sebuah kegalauan betapa pusing teman saya ini memikirkan istrinya yang juga belum mendapatkan tanda-tanda kehamilan.

“Kamu mau enggak saya beri solusi?” sebuah pertanyaan yang sebenarnya tak butuh jawaban. Karena dengan mengemukakan masalahnya pada saya saja setidaknya ia merasa sudah cukup gelisah itu terkurangi.

“Kamu dan istri kamu lakukan dua hal ini.”

“Apa?”

“Istighfar dan sedekah. Perbanyaklah. Misalnya saat mau berhubungan intim, saat kamu berdiri di dalam kereta, saat kamu bekerja. Insya Allah kita akan lihat hasilnya dalam sebulan ini.”

Hanya itu yang bisa saya sampaikan padanya persis seperti apa yang diriwayatkan oleh Abu Hanifah dalam Musnadnya, dari Jabir bin Abdullah ra, bahwa seorang laki-laki datang kepada Nabi Muhammad saw sambil berkata: “Wahai Rasulullah! Aku tidak dikaruniai seorang anak pun dan aku tidak memiliki anak.” Maka Rasulullah saw bersabda: “Lalu di mana kamu dari banyak beristighfar dan banyak bersedekah, karena engkau akan diberi rizki anak karena sebab keduanya.” Lalu laki-laki ini memperbanyak sedekah dan istighfar. Jabir berkata, “Maka orang ini dikaruniai sembilan anak laki-laki.”1)

Saya meyakinkannya untuk melakukan dua hal itu. Apalagi sudah jelas kalau dalam Surat Nuh (71: 10-12) disebutkan tentang janji Allah kepada orang yang meminta ampunan kepadaNya, maka Ia akan memberikan banyak rupa kebaikan dan salah satunya adalah memperbanyak harta dan anak. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.

Kepada para jamaah shalat tarawih saya sampaikan cerita teman ini dan berharap ada keajaiban yang datang dalam sebulan ini. Pengharapan besar, doa yang terucap sepenuh keyakinan, sedekah yang seikhlas-ikhlasnya, permintaan ampunan tertuturkan dengan sebenar-benarnya permintaan, dari hati yang dilembutkan oleh madrasah ramadhan, pada waktu yang mustajabah, variabel manalagi yang akan membuat Allah tidak mewujudkan semua asanya?

Ramadhan usai, Syawal menjelang. Hiruk-pikuk mudik, lebaran, dan baliknya menyita perhatian semua. Tidak terkecuali saya. Tapi ada mekanisme takdir Allah yang sedang berjalan. Hari ke-9 Syawal sang teman memberitahu saya, “Aku mengucapkan terima kasih untuk saran dan doa kamu bulan puasa kemarin. Subhanallah walhamdulillah. Aku telah memastikan secara medis kalau kandungan istriku sudah berjalan kurang lebih lima minggu.”

Allah Maha Besar, nikmat mana lagi yang hendak diingkari. Allah tunjukkan keajaiban sedekah dan istighfar itu pada kami, walau baru sebatas janin. “Terus perbanyak sedekah dan istighfarnya, karena sedekah dan istighfarmu yang konsisten akan menjaga kandungan istrimu.”

Istighfar itu tanda kepasrahan dari hamba yang sesadar-sadarnya kalau dirinya lemah, membawa kedamaian, menjadikan lapang atas setiap kesedihan, jalan keluar atas setiap kesempitan, dan membuka datangnya rizki dari arah yang tiada terduga. Dan ia adalah sarana tarbiyah untuk menjadikan diri shalih secara pribadi sebagaimana shalat.

Sedekah berkelindan dengan istighfar. Sedekah itu pembuktian adanya iman di dada, ia menghapus kesalahan, menjauhkan dari kematian yang buruk, menghindarkan dari musibah, ia mengobati orang-orang yang sakit. Dan ia adalah sarana tarbiyah untuk menjadikan diri shalih secara sosial sebagaimana zakat.

Inilah ikhtiar. Dan setelah kawan saya itu, keajaiban apalagi yang akan muncul di hadapan Anda dari banyaknya istighfar dan sedekah yang tertunaikan?

Untuk berkonsultasi dengan saya silakan melalui Facebook Messenger dan Whatsapp.

**

Catatan: Kisah-kisah sejenis dapat dibaca secara lengkap dalam buku saya yang berjudul Orang Miskin Jangan Mati di Kampung Ini. Buku ini  terbit pada Februari 2020 dan pada saat ini telah memasuki Cetakan Kelima.

Untuk membaca sinopsisnya silakan mengeklik tautan berikut: laman ini.

Untuk pemesanan buku silakan kunjungi: https://linktr.ee/RizaAlmanfaluthi

 

WhatsApp Image 2020-05-03 at 10.47.59.jpeg

Terkait artikel ini JANGAN LUPA baca juga yang ini:

ISTRI BELUM HAMIL-HAMIL, SUAMI MAU NIKAH LAGI

SUAMI PENYABAR SETARA TABI’IN ITU ADA

Kisah Nyata: Ini Dia 7 Ikhtiar Dalam 7 Tahun untuk Mendapatkan Momongan

DUA PULUH TUJUH TAHUN MENANTI, AKHIRNYA HAMIL JUGA

PORTOFOLIO RIZA ALMANFALUTHI

Maraji’:

1) Musnad Abi Hanifah, syarah Mulia Ali al-Qari dalam Hasan bin Ahmad bin Hasan Hammam; Keajaiban Sedekah & Istighfar

Riza Almanfaluthi

dedaunan di ranting cemara

30 Agustus 2012

Sumber Gambar diambil dari sini.

Diunggah pertama kali untuk: Citizen Fimadani

Tags: Zakariya, Moh. Fauzil Adhim, Jabir bin Abdullah, Abu Hanifah, Musnad Abi Hanifah, Sedekah, istighfar,

248 thoughts on “KISAH NYATA: LAKUKAN INI JIKA INGIN PUNYA ANAK

      1. maaf pak ustadz, dulu saya waktu hamil sering di bikin meneteskan air mata oleh saudara, sekarang saudara tsb sdh menikah hampir 3th. tapi belum dikaruniai buah hati. saya pernah mengucap bahwa suatu saat kamu akan merasakan sakit hati lebih dari saya. apakah ada pengaruh kata2 saya tsb thdp saudara saya pak? terima kasih…

        Like

      2. Iya Bu Yarti. Lebih baik ibu meingkhlaskannya dan memaafkan saja Bu. Insya Allah Ibu akan mendapatkan balasan yang luar biasa dari Allah atas keikhlasan ibu itu. Lebih baik ibu bersikap demikian. Kalau mau demikian ibu istighfar dan langsung bilang dengan mantap, “saya mengikhlaskannya ya Allah.” Allah mendengar itu Bu. Silakan.

        Pada 5 Juni 2014 13.32, dedaunan di ranting cemara menulis:

        >

        Like

      3. Ass pak ustad .. Tlong minta doa ny pak ustad agar bln ini sy bs hamil.. Amiinn ya allah.. Mudh2 an lambat ny heid sy bln ini bs hamil.. Sy dh 2 thn lbih mendambakan debay pak ustad sy minta doa ny, trimaksih

        Liked by 1 person

  1. Assalamualaikum ..

    Hii smua’a sya mw berbagi cerita saya..
    Ngomong2 soal sedekah,
    Dulu saya sgt menginginkan mong2’an & gatau knp hati sya sll saja terketuk untuk bersedekah.
    Wktu itu dlm perjalanan pulang dari toko obat saya bertemu dengan bapak2 tua memakai tongkat bawa ember,botol minum aqua dan memakai kaca mata besar.
    Saya kira bpk itu menghampiri saya untuk meminta sedekah (mf) tp ternyata bpk itu trs berjalan & melangkah lurus hingga menabrak saya & setelah saya lihat bpk itu menggerakan tongkat’a untuk mencari jalan
    Hati sya sedih melihat’a krn ternyata bpk itu sbnr’a buta.bpk itu berjalan d tengah jln yg bnyk d lalui pengendara mobil & motor,karena sya hawatir bpk itu knp2 lalu saya tuntun bapak itu ke jalan pejalan kaki.bnyk disekitar saya melihat saya & bapak itu dengan aneh & ada jg yg menjauh tkt tersenggol oleh ku sesa’at aku & bpk itu lewat d jalan.
    & saya liat bpk itu berbicara berbisik sprti mendoakan saya,mungkin dia berdoa untuk saya.setelah itu bpk itu berjalan sendiri entah kemana pergi’a.
    & akupun pulang bersama suami.
    Sesampai’a d rumah aku sll teringat dgn paras wajah bpk itu,bahkan smpai skrg saya msh ingat.
    & ke esok’an nya aku beli tespack berharap aku hamil (positive).
    Aku membeli tespack d mini market,setiba’a disana aku melihat anak kecil meminta uang d dpn mini market tsb (anak itu biasa meminta uang di dpn minimarket itu) & seperti biasa aku memberi’a uang & kadang ku beri roti untuk’a.
    Di sepanjang jln aku bersedekah & gatau knp dgn spontan hati sll terketuk untuk bersedekah hingga sesampai’a d rumah aku bernazar: klo aku hamil aku akan membuat sukuran untuk anak yatim, piatu.
    Dan setelah itu aku tes urin dgn tespack : Alhamdulillah hasil’a positive.
    Tp kandunganku hanya bertahan smpai 3 bulan,karena janinku meninggal dlm kandungan jd harus kuretase.
    Aku yakin ini ujian untuku dr yg maha kuasa.
    Allah sll mengujiku krn Allah syg kpd ku.
    Skrg aku sedih bgt,karena d rahimku terdapat kista ovarium,sebenar’a kista ini udah ada dr smnjk sebelum hamil smpai hamil.tp dulu ukuran’a skitar 4cm skrg udh 5,6cm ..
    Smga dgn bersedekah & terus berusaha & berdoa kpd Allah penyakit kistaku pun bs smbuh atas kehendak’a.amin
    & aku juga bs hamil lagi.

    Like

    1. Teman2 sekalian,, mari kita doakan bersama2 agar mbak zee fabella segera diangkat penyakit kistanya dan selalu diberi perlindungan oleh Allah SWT sehingga bs segera memperoleh keturunan,, amiennn (˘ʃƪ˘) ….
      Utk mbak zee semoga diberi ketabahan dan selalu semangat,, yakin bahwa Allah akan segera memberikan mu’jizat kpd hambaNya yg taat 🙂 Allahuakbar….

      Like

    2. Disamping usaha batin (bersedekah dll), juga sebaiknya mbak minum rebusan daun sirsak secara rutin. kalo untuk kista dengan daun sirsak testimoninya sudah banyak di milis-milis internet. cukup 10 lembar tiap merebus. 3 gelas direbus menjadi 1 gelas. sehari bisa 1 ato 2 kali merebus.

      Like

    3. manusia hanya berdoa n berusaha seoptimal mgkn, soal hasil serahkan sama Allah. yakin seyakin2nya saat yang tepat Allah akan memberi anak, insyaAllah.kista insya allah bs sembuh dgn habbatussaudah.

      Like

    4. assalammualaikum saudariku.. bagaimana kabarnya ? terus terang setelah saya membaca kisah mbak di atas saya menangis terharu karena saya juga salah satu wanita yg menderita kista ovarium yang baru saya ketahui beberapa hari yg lalu. tapi saat ini saya belum juga dikasih keturunan mbak.. saya hampir putus asa , tapi saya selalu mencari tau bagaimana caranya agar bisa hamil.

      Like

  2. Insya Alloh dimudahkan jalannya untuk segera dapat baby yach mba Zee, anak yg sholeh dan sholihah, dan semoga Alloh swt mengangkat penyakitnya. Mohon doa juga buat kami agar dapat segera dikaruniakan keturuan. Aamminn ya robbal a’lamin

    Like

  3. Pak Ustad sya Mohon doanya dan teman teman di blog ini juga saya dua kali keguguran.mudah-mudahan segala ikhtiar saya akan memberikan saya momongan lagi.dan minta doanya agar saya diberi kekuatan dalam berikhtiar.amin
    saya percaya tidak ada usaha yang sia sia

    Like

    1. mba ikha senasib qta ya ternyata,saya juga 2 kali mengalami hal yang sama,bingung rasa sdh g berharga lagi mba,mudahan qta diksi kepercayaan utk mempunyai anak ya mba,amiien ya robb…

      Like

  4. Mohon do’anya buat saya juga y saya sudah 8 bulan menikah tapi blum ada tanda tanda,insya allah saya akan melaksanakan saran ustadz,,,,,,smoga segala usaha dan do’a kita d dengar olehNya Amiiiiiin………

    Like

  5. asalamu alaikum pa ustadz? saya mohon doanya, saya sudah satu kali ke guguran.sampai sekarang saya belum punya anak, saya sangat menginginkn seorang anak,saya tak berhenti berdoa kpd yang maha kuasa, semoga alloh mengabulkan doa saya dan orang yng mendoakan saya semoga pa ustadz memberikan solusi untuk saya, terimakasih sebelumnya.

    Like

  6. assalamualaikum pak ustadz dan kawan2 sekalian 🙂

    Saya sdh 1 thn menikah dan blm diberi kepercayaan dri Allah utk mengandung.. Tp insya Allah saya dan suami selalu berdoa dan berusaha dan mohon ampun pd Allah SWT minta diampuni segala dosa2 yg kami perbuat agar tidak menjadi penghalang terkabulnya hajat kami.. Juga sllu minta maaf pd orang tua trutama pd ibu.. Krn doa ibu insya Allah paling mustajab diantara doa2 yg dihanturkan dari siapapun..

    Mudah2an ya pak ustadz smua usaha kami pun segera dijabah Allah.. Pasrah krn kami yakin Allah pasti mmberi amanahnya pada waktu terbaik menurut-Nya…

    Mohon doanya jg ya teman2 dsini jg mendoakan agar kami semua yg blm dikaruniai keturunan agar disegerakan rejeki kami

    Like

  7. assalamualaikum pak ustadz dan kawan2 sekalian 🙂

    Saya sdh 1 thn menikah dan blm diberi kepercayaan dri Allah utk mengandung.. Tp insya Allah saya dan suami selalu berdoa dan berusaha dan mohon ampun pd Allah SWT minta diampuni segala dosa2 yg kami perbuat agar tidak menjadi penghalang terkabulnya hajat kami.. Juga sllu minta maaf pd orang tua trutama pd ibu.. Krn doa ibu insya Allah paling mustajab diantara doa2 yg dihanturkan dari siapapun..

    Mudah2an ya pak ustadz smua usaha kami pun segera dijabah Allah.. Pasrah krn kami yakin Allah pasti mmberi amanahnya pada waktu terbaik menurut-Nya…

    Mohon doanya jg ya teman2 dsini jg mendoakan agar kami semua yg blm dikaruniai keturunan agar disegerakan rejeki kami..

    Dan yg sedang berusaha.. Ayoo semangatt harus percaya semua usaha,doa,sedekah kita semua pasti tidak akan sia2.. Krn Allah sdh menetapkan rejeki kita masing2 yang tidak mungkin tertukar dgn umatnya yg lain.. Percaya Allah pasti punya rencana yg indah utk kita semua..

    Maaf yah kepanjangan comment saya.. Hehe..
    Oh iya, semoga yg mendoakan juga diberi rezeki yg tak henti2nya dari Allah SWT.. Amiinn amiiinnnnnnnnnnnnnn mksh pak ustadz sdh mmbuka forum ini 🙂

    Wass.. Wr. Wb.

    Like

  8. mhn do’a dari teman2 smua smg Allah memberikan kesabaran kepada saya dan suami ats penantian anak yang hampir 3 tahun ini dan smg penyakit kista sy jg diangkat oleh Allah….

    Like

  9. Assalamualaikum.wr.wb
    sya diani.s irt
    pak sya mohon pnjelasanya
    suami sya kena PHK 2thn trakhir maklum hny SMP
    dn hdup kmi hnya brgantung pda hutang,kini hutang kami brtmbh bnyk
    kmi pun mkin tertekan dlam biaya hdup
    jikala Allah itu maha adil,knapa coba’an kmi tiada henti
    dtmbh kini sya hmil lgi,
    adapun jika ad yg bsa bntu kmi merawat anak kmi yg kedua sya sngat berterimakasih
    dn kmi mohon belas kasihnya
    kami hny ingin pinjam uang yg akn sya gunakn mmbyar htang kmi yg menunggak
    demi Allah sudah tiada henti kmi memohon,tpi knapa smua seakn tiada henti
    jikala ad yg mau bantu kmi
    hub. 085643928728
    insya Allah ini adalah jalan kami
    terimakasih

    Like

  10. Jika benar sesama muslim wajib tolong menolong,tolong kami sodara2ku sesama muslim
    Insya Allah akn dbukakan pintu rejeki bgi yg mau mnolong kami

    Like

    1. Asalamuaikm ustad…trimaskh ats doany dan nasehatnya,alhmdulilh ustad,stlh sy mengikuti sran ustad,allah mengabulkan doa saya,sy diberi kehamilan saat ramadhan kmrn.yg mau sy tnykan,apakh sy msh blh trus ber istigfar,spy ank sy kelak terlhr sempurna dan shat?

      Like

      1. Alhamdulillah akhirnya. Harus diteruskan…karena istighfar itu dZikir. Sarana mengingat Allah yg kudu dilakukan kapanpun. Sambil berdiri ataupun duduk. Demikian. Teruslah istighfar karena istighfar juga solusi atas rizki kita. Bayi yang sehat adalah tentunya sebuah karunia dan rizki tiada terkira buat kita. Amin.

        Like

  11. yg belum dikaruniai buah hati jangan risau yaa mungkin Allah belum memberi kita kepercayaan, tetap jalani ibadahnya. Allah punya banyak rencana indah untuk umat-umatnya..

    Like

  12. Assalamu’alaikum pak Ustad… saya sudah 3 Tahun 4 bulan menikah dan belum memperoleh keturunan… InsyaALLAH saya akan berusaha memperbanyak istigfar dan juga bersedekah… Mohon bantuan doanya pak ustad… Mudah-mudahan ALLAH Memberikan Keturunan Yang Sholeh dan Sholeha pada kami…. Amiin.

    Like

      1. Trimakasih atas info dan pengalaman yang disharekan disini.
        Pak ustad dan teman-teman semua, saya mohon bantuan untuk mendoakan saya dan mengaminkan do’a-do’a saya. Saya sangat berterimakasih apabila teman-teman bersedia menyelipkan do’a saya dalam ibadah teman-teman. Semoga Allaah memberikan balasan yang tidak terkira atas do’a, bantuan dan kebaikan teman-teman semua. Amiiin…
        Bismillaahirohmaanirrohiim
        Subhaanallah Walhamdulillah Walaa Ilaha Illallaah Wallaahu Akbar,Walahaula WaLa Quwata Illa Billah…
        Trimakasih ya Allaah atas segala limpahan rizki, anugerah, dan nikmat yang Engkau berikan kepada hamba.
        Trimakasih ya Allaah atas amanah dan kepercayaan yang telah Engkau berikan kepada hamba untuk mengandung buah hati selama lebih dari 8 bulan, Trimakasih atas nikmat yang telah Engkau berikan kepada hamba untuk melahirkan bayi laki-laki anugerahMu.
        Ya Allaah yang maha pengampun, hamba mohon ampunan jika selama Engkau titipkan dalam kandungan hamba kemarin hamba kurang mampu merawatnya, ampuni hamba jika selama ini hamba banyak salah dan khilaf, hamba ikhlas Engkau mengambilnya kembali ke pangkuanMu. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un… Trimalah kembali buah hati pertama hamba di surgaMu yang penuh dengan kebahagiaan ya Allaah, berikanlah limpahan kasih sayangMu padanya ya Allaah, hamba mohon sampaikan salam sayang hamba padanya ya Allaah, hamba mohon sampaikan padaNya bahwa hamba sangat menyayanginya ya Allaah… Ampuni hamba atas segala dosa dan kesalahan hamba ya Allaah…
        Ya Allaah yang maha besar, Ya Allaah yang maha pemurah, ya Allaah yang maha penyayang, ya Allaah yang maha pencipta, ya Allaah yang maha kuasa, ya Allaah yang maha berkehendak, ya Allaah yang maha memiliki segala-galanya, hamba mohon berikanlah kepada hamba anugerah yang lebih indah lagi, anak-anak keturunan dari sisimu untuk hamba kandung, hamba lahirkan, hamba besarkan, hamba didik, dan hamba dampingi hingga akhir hayat hamba, bimbinglah hamba untuk bisa merawatnya dengan baik sebagaimana yang Engkau kehendaki.
        Ya Allaah yang maha berkuasa, berikanlah anugerah kepada hamba anak-anak yang tumbuh dengan sehat, kuat, cerdas, pintar, berakhlak mulia, berperilaku santun, baik, sholeh/sholehah.
        Ya Allaah yang maha pengasih, anugerahkan kepada hamba anak-anak keturunan yang dapat menyenangkan dan menyejukkan hari orangtuanya, berguna bagi keluarga, sesama, lingkungan, bangsa, dan agama.
        Ya Allaah yang maha sempurna, berikanlah kepada kami kebahagiaan, kemudahan, dan keselamatan selalu.
        Ya Allaah yang maha mengetahui, hamba yakin dan percaya Engkau mengetahui apa yang hamba inginkan dan hamba butuhkan, hamba yakin dan percaya Engkau akan memberikan yang terbaik untuk hamba, ya Allaah kabulkanlah do’a-do’a hamba, Amiiin.

        Like

  13. Terimakasih pak ustadz atas sharing yg brmanfaat
    kami sedang mndamba anak,sayangnya stlah 3thn menikah suami ijin utk menikah lg dan saya belum bisa ikhlas utk berbagi..apa yg harus saya lakukan..mohon bimbingan..

    Like

    1. Sesungguhnya sabar itu adalah milik orang-orang yg menang. Sabar bukan berarti kalah melainkan menentukan kemenangan di langkah selanjutnya di saat yg teramat baik. Tiga tahun adalah waktu yg tak seberapa. Musyawarah dg suami dan pihak keluarga adalah jalan terbaik. Hasil syuro ditaati insya Allah bawa keberkahan yg banyak. Semoga Allah segera berikan anak sholih yg didamba. Demikian.

      Like

  14. Assalamu’alaikum pak ustadz..terimakasih atas bimbingannya..insya allah kami akan melaksanakan yg pak ustadz sampaikan..kl boleh kami tau, istighfar yg spt apa yg hrs kami amalkan..apakah sering membaca do’a taubat (robbighfirli watub alayya innaka anta tawwaaburrohiim) jg merupakan salah satu istighfar…?

    Like

    1. Istighfar yang mana saja silakan. Sebisanya. Paling afdhal tentunya Sayyidul Istighfar sebagaimana yang ada di dalam gambar. Insya Allah. Selamat ya. Semoga tetap sabar. Semoga menang. Insya Allah dapat punya anak segera.

      Like

      1. Assalamu’alaikum wrwb..pak ustadz..
        Menindaklanjuti urusan keinginan suami utk menikah lg dan keinginan punya anak..secara fisik dan mental kami masih berusaha..yg mengganggu saya sekarang adalah suami msh berhubungan intens dgn si janda itu hingga skrg, meski dgn cara lunak saya minta agar suami menjauhi n meninggalkannya tetapi permintaan trsebut tidak digubris..dgn cara tegas malah saya yg dimarahi suami. Hampir putus asa rasanya..hanya doa kepadaNya saya terus panjatkan agar suami menyadari tindakan dan sikapnya yg membuat saya rapuh dan rumah tangga selalu ribut tidak tenang,mengusik pekerjaan dan ibadah saya lainnya.
        Saya mohon saran pak ustadz..apakah boleh saya curiga suami saya terkena sihir? sikap/tindakan/doa apalagi yg saya harus saya lakukan krn saya tdk mau jd istri yg berdosa krn ribut dan hati panas terus atas kelakuan suami..
        Atas perhatian dan tanggapan pak ustadz..saya ucapkan terimakasih…wassalamu’alaikum wrwb..

        Like

  15. Alhamdulillah terimakasih pak ustadz…masukan pak ustadz membangkitkan semangat n kpercayaan diri kami…mohon bantuan do’a dari bpk ustadz n teman2 semua….

    Like

    1. Wa’alaikumussalam. Iya tuh. Ada dalilnya. Dan itu adalah amalan baik. Amalan baik kan bisa dekatkan kita dengan Allah. Kalau kita sudah dekat sama Allah masak sih Allah gak mau ngasih? Ya Insya Allah mas atau Mbak Yosi dapat segera momongan dalam waktu dekat. insya Allah.

      Like

  16. Ass,,
    Pak ustad,, mohon do’a nya juga ya,,, saya sudah menikah 6 buln lebih,, hamba ingn baget memepunyai buah hati,, hamba selalu berdo’a dengan ke inginan hamba,,, saya akan mengikuti saran dari p.ustad dan semoga cepat diberi momongan ,, mohon bantuan do’a nya ya teman2, dan semoga kita semua yg menginginkan buah hati cepat dikaruniai anak oleh Allah SWT aminn ya robbal alaminnn

    Like

      1. assalamualaikum p.ustad , mohon doa nya buat saya & suami . Kami nikah sdh 4,5th blm dikaruniai momongan. Sdh berusaha ke dokter & alternatif juga tp blm dikasih sama Alloh. Insya Alloh saya akan terus berdoa & mencoba istiqomah dlm bersedekah & istigfar. Mohon doanya juga teman2…

        Like

  17. Assalamualaikum pak ustad…,terima kasih sebelumnya..artikel yg sangat mencerahkan..khususnya bagi kami para pendamba buah hati..yg masih menanti hadirnya momongan di keluarga kecil kami.., pak..minta doa nya agar saya dan suami segera di berikan buah hati yg telah kami nanti 6 tahun lebih ini.. sungguh kami sangat berusaha berbaik sangka atas segala rencanaNya..,doakan agar kami senantiasa diberikan kekuatan iman dan kesabaran sampai Allah menghadirkan buah hati yg benar2 kami damba..Amiin, semoga Allah memberikankarunia buah hati kepada kami..sebagai ladang ibadah kami untuk merawat dan membesarkan nya menjadi putra putri yang sholeh dan sholehah..Amiin ya Rabbal Alaminn

    Like

  18. Assalamu’alaikum wr.wb….Pak ustadz sya sdah 3 tahun menikah, sampai saat ini kami belum juga ada tanda-tanda kehadiran seorang anak pada keluarga kami…kami mohon bantuan Ziyadah Do’a bagi kami mudah-mudahan diberi momongan dalam waktu dekat. Amin Yaa robbal’alamin. . . .

    Like

  19. Assalamu’alaikum wr, wb.pa ustad sy sdh 3 tahun menikah dan blm dikaruniai kturunn.padhal kami sangat mndambakannya.tolong bantu doanya pa ustad agar saya dapat scptnya dikarunia anak yg sholeh.Amin…..

    Like

  20. Ass..sy ingn bertnya?sy dah nkah slma 1.5 taun..istri sya blum hmil jga..sya sdah bngung dh gmn cra yg d lakukan..hrus gmn lg ych..mohn doay ych pk biar istri sya hmil,d blan nie.aminn

    Like

    1. Harus bagaimana lagi? Tetap ikhtiar dan berdoa. Saya tak bosan-bosan menyarankan hal ini. Nabi Zakaria puluhan tahun belum punya anak. Insya Allah Mas Asep tak perlu tahunan untuk punya anak. Insya bulan ini atau bulan depannya istrinya sudah hamil Insya Allah. Yakin sama Allah.

      Like

  21. Hampir 12 tahun usia pernikahan kami dan kami masih berdua. Semua terapi sudah kami jalani dari mulai medis hingga alternatif. Dokter yg menangani kami adalah seorang dokter specialist kandungan yg sholeh dan tidak mengeruk keuntungan pribadi sehingga ketika semua tahapan terapi telah selesai dijalani, sang dokter berkata : “Ibu dan bapak tidak ada masalah sedikitpun, ikhtiar sudah dijalankan sekarang sy sarankan kepada ibu dan bapak untuk memperbanyak sedekah, doa dan istighfar. Posisi anak dan harta itu sejajar dalam al qur’an tidak ada yg lebih tinggi atau rendah. Mohonlah kepada Allah untuk segera diberi keturunan. Sehebat apapun ilmu kedokteran dan obat yg sy berikan, semua tidak akan berguna tanpa bantuan dari Allah”

    Kami hanya tersenyum dalam tangis haru. Subhanallah, kami dipertemukan dgn dokter yg baik dan sholeh padahal sehari pasien beliau lebih dari 40 orang.

    Sy pernah mengalami masa-masa stress yg panjang, sampai2 sy enggan berkunjung kepada teman atau tetangga yg melahirkan karena ada perasaan kecewa, sedih, cemburu dan marah : Kapan giliran sy, Rabb?!
    Di saat-saat sy menangis, suami selalu mengingatkan sy untuk bersabar dan ketika sy betul-betul merasa sedih sy membaca al qur’an asal baca tanpa memilih surat maupun ayatnya.

    Subhanallah…. Allah menegur sy melalui al qur’an yg saat itu sy baca sambil menangis, stlh bbrp ayat sy baca, sampailah sy pada ayat “jadikanlah sholat dan sabar sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yg sabar.”
    Sy tidak mampu membaca ayat tsb dalam satu helaan nafas, karena setiap ditengah-tengah ayat tsb tenggorokan sy tercekat dan sakit mengingat apa yg sudah sy pikirkan terhadap Allah. Betapa Allah sayang kepada sy, betapa Allah ingin menunjukkan seberapa sabar sy? Malam itu sy berusaha tawakal menerima apapun keputusan Allah dan semoga bisa menerimanya dgn ikhlas.

    Malam itu sy bertanya kepada suami :”Kenapa ayah tidak pernah mempertanyakan kapan bunda hamil?”

    Sambil tersenyum dan mengusap kepala sy dgn lembut, suami berkata :”Karena ayah tidak mau menyakiti perasaan bunda dgn pertanyaan tsb. Kita serahkan semuanya kepada Allah y, Nda! Sementara itu, kita dekatkan diri kita kepada Allah.”

    Peristiwa itu terjadi tahun 2009, di usia pernikahan kami yg ke-7.

    Sekarang, hampir 12 tahun usia pernikahan kami. Dan dia….. Dia tetap mencintai sy seperti awal mula kami menikah dan tetap tidak pernah mempertanyakan kapan kami akan memiliki keturunan. Komitmen awal kami menikah adalah ingin menyempurnakan setengah dien yg sudah kami miliki.

    Semoga kami tetap istiqomah dalam berikhtiar, bersedekah, beristighfar dan saling menerima kekurangan masing-masing, aamiin…..

    Maaf, kepanjangan 🙂

    Like

      1. Sama-sama pak ustadz….
        Mohon maaf, nama sy Shanti kalo Shinta nama adik sy hehehehe…..

        Ketika sy perlihatkan postingan pak ustadz kepada suami sy, beliau serius membacanya.

        Sebagai seorang wanita, jujur ada kekhawatiran suami akan berpaling kepada wanita lain karena keterbatasan yg tidak diinginkan oleh wanita manapun.

        Sy pun sempat menyatakan kekhawatiran sy tsb kepada suami sy dan meski berat hati sy harus bisa merelakan jika suatu waktu suami hendak menikah lagi. Namun suami berkata :”Satu aja belum habis masa mau dua! Insya Allah kita akan menjalani semuanya bersama dgn atau tanpa anak.”

        Sy bukan seorang yg mengharamkan poligami karena sebagai wanita muslimah harus menerima apapun yg tertulis di dalam al qur’an. Namun sebagai seorang wanita, sy pun ingin seperti ibunda Khadijah atau Fatimah Az Zahra yg selama hidupnya tidak pernah dimadu oleh Rasulullah atau Ali Bin Abi Tholib.

        Alhamdulillah, suamipun semakin memahami isi al qur’an setelah semakin rajin mengikuti ta’lim sejak tahun 2007. Beliau pernah berkata :”Betul seorang laki-laki diperbolehkan menikah lebih dari satu kali tapi bacalah ayat berikutnya jika tidak bisa bersikap adil maka hendaknya 1 saja. Berat nda untuk poligami itu! Hanya Allah Yang Maha Adil.”

        Lega sy, pak Ustadz 🙂

        Mohon keikhlasan doa dari pak Ustadz dan jama’ah di sini, semoga ikhtiar kami akan berbuah manis. Insya Allah kami tidak akan pernah lelah untuk berikhtiar.

        Like

  22. Assalamu’alaikum wrwb pak ustadz.. dan bu shanti..
    Saya sangat bersyukur dan terharu saat membaca ulasan ttg saya dan bu shanti yg dikemas dgn sangat baik oleh pak ustadz di islamedia…alhamdulillah hingga saat ini saya masih diberikan kekuatan oleh Allah SWT utk menjalani hari-hari ini dengan ikhlas dan sabar..inshaa allah..
    Terimakasih banyak krn pak ustadz masih terus memotivasi via tulisan dan ulasan serta tanggapan yg baik. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan pak ustadz dan keluarga..amien ya robb…

    Like

      1. Aamiin……

        (ولسوف يعطيك ربك فترضى)

        “Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas”. (Adh Dhuha: 5)

        Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

        (وَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ فَإِنَّكَ بِأَعْيُنِنَا )

        “Dan bersabarlah menunggu ketetapan Tuhanmu, karena sesungguhnya engkau berada dalam pengawasan Kami…” (Ath Thur: 48)

        Bacalah ayat ini penuh tadabbur dan penghayatan, terus berdoalah dengan hati penuh yakin bahwa Allah tidak pernah dan tidak akan pernah menelantarkanmu. 

        Dan saya sangat yakin bahwa tidak ada yg sia-sia atas semua usaha yg sudah saya lakukan dan Allah, Dia tidak pernah menelantarkan saya. Tidak akan pernah 🙂

        Like

  23. maaf pak ustadz, dulu saya waktu hamil sering di bikin meneteskan air mata oleh saudara, sekarang saudara tsb sdh menikah hampir 3th. tapi belum dikaruniai buah hati. saya pernah mengucap bahwa suatu saat kamu akan merasakan sakit hati lebih dari saya. apakah ada pengaruh kata2 saya tsb thdp saudara saya pak? terima kasih…

    Like

  24. Pak ustadz saya dan suami sudah menikah hampir 6th sudah usaha ke dokter belum juga berhasil. Bulan ini kami sedang menunggu hasil usaha program dokter doakan semoga allah karuniakan keturunan kepada kami. Terimakasih.

    Like

  25. ustadz saya sudah menikah selama 3 tahun lebih tapi tidak ada tanda kalo saya hamil,,,,saya ingin sekali punya anak sehingga terfikir untuk mengangkat anak agar rumah tangga saya tidak sunyi…..apa dosa saya terlalu berat.sehingga allah marah kepada saya,,,saya sering menangis sendiri,sedih,,,,saya kesepian tampa anak,,,

    Like

    1. Sabar ya Bu Rita. Yang kesepian bukan hanya Ibu saja. Insya Allah banyak yg senasib dg Ibu. Tapi yg tak lelah-lelahnya saya selalu katakan, Ikhtiar terus tetap dilakukan. Istighfar dan sedekah terus dilanjutkan. Tentunya istighfar adalah ikhtiar lanjutan setelah ibu bertaubat jika memang merasa punya dosa kepada Allah. Istighfar akan kasih jalannya Bu. Ohya mengasuh anak? subhanallah. itu langkah bagus tuk direalisasikan. Itu sama saja dg sedekah dan menyalurkan naluri keibuan. Ibu jgn khawatir yah. Ini semua takdir Allah. Allah lagi sayanh sama ibu. sehingga dikasih ujian seperti ini tuk dinaikkan grade imannya ke tingkat yg lebih tinggi lagi. Itu aja bu. Tetap semangat ya Bu.

      Like

  26. Ass pak ustad..sy nayla dr yogya..sy menantikan si buah hati bertahun2 lamanya..tp blm jg datang..sy jg sdh priksa dokter normal,tp knp sy blm jg kunjung pny momongan ya pk ustad..sy terkadang merasakecewa,sedih,sakit hati,knp allah blm memberikan keturunan buat sy..tp sy inget kembali karna apapun yg terjadi semua udh menjadi kehendak nya..kira2 apa yg hrs sy lakukan ya pak ustad..ibu sy udh meninggal jd tdk ad tmpt sy mengadu pak..mhon sarannya pak..makasihs sblmnya pak..

    Like

    1. Setelah terus sedekah dan istighfar, jalan mengasuh atau mengadopsi anak bisa jadi jalan. Memelihara anak asuk adalah bentuk sedekah. Tetep sabar dan ikhlas Bu. Juga berdoa tiada lelah. Amin. Smg Allah karunia anak.kepada ibu segera. amin. On 2014 6 14 14:38, “dedaunan di ranting cemara” wrote:

      >

      Like

    2. Assalamu’alaykum Ibu Nayla,
      Salam kenal, sy Shanti. Tak disangka di sini banyak juga perempuan yg senasib dgn sy 🙂
      Jangan sedih dan gundah ya bu! Semua sudah ada jalannya, ikhtiar terus dan tetap berdoa, bersedekah juga beristighfar. Allah akan memberikan yg terbaik bagi kita meski yg terbaik tsb tidak sesuai dgn apa yg kita inginkan. Dan daun yg jatuh tak pernah menyalahkan angin 🙂

      Jika ibu kita sudah tiada, maka mengadulah kepada Allah, Dia Maha Mendengar dan Maha Melihat. Allah SWT itu senang ketika melihat hambaNYA “meronta” dalam do’a. Merasa sangat butuh kepadaNYA meskipun Allah SWT tdk butuh kpd sgl sesuatu. Itulah kenapa kita selalu diberi ujian (sesuai kadar), agar kita selalu butuh sama Allah SWT, agar Allah SWT selalu senang sama kita. Malah kita mesti introspeksi ketika semua permintaan kita langsung dikabulkan, jangan2 krn Allah SWT ga suka sama kita (istidroj). Tandanya adl ketika dikabulkan kita malah menjadi “jauh” dr Allah SWT. Makanya susah-senang itu ujian. Yaa Allaah berilah kami kekuatan dlm menjalani ujian-MU…Jangan heran dengan org2 saleh yg jika kita melihat mrk, sepertinya tdk pernah bersedih, krn mrk menilainya sbg “pemberian” dr Allah swt. Jika diberi kesenangan, mrk akan semakin dekat sm Allah krn takut istidroj. Ketika diberi cobaan mrk tdk bersedih krn mungkin Allah swt ingin melihat hambaNYA menghabiskan lbh byk wkt dg Allah (dlm do’a). “Alaa inna auwliya Allaahu laa khoufun ‘alaihim walaa hum yakhzanuun”; sesungguhnya org2 yg dicintai Allah itu tdk merasa takut(kecuali kpd Allah) dan tdk pula brsedih. Semua itu dg catatan kita tdk bermaksiat. Kalo masih bermaksiat maka lain ceritanya. Wallaahu a’lam bishshowab. Mohon maaf bkn brmaksud menggurui, sekedar sharing. Mohon maaf lahir batin.

      Like

  27. Sya udh 8thn menikah..blm dikaruniai keturunan,sangat sangaattt mndambakan hadirnya buah hti dlm rumah tangga kami…subhanallah..postingan ini sgt bermanfaat..mohon kiranya bpk mendoakn sya dn suami..smoga cpt dikaruniai keturunan

    Like

  28. subhanallah,, terimakasih bnyk atas postnya… Sangat bermanfaat,, syukron katsir utk mas admin,,
    saya termasuk yg blm punya keturunan, saya 19 th, menikah 25 agustus 2013, usia 18 th, pernah hamil usia 13 minggu, tp keguguran, dan sampai saat ini saya blm hamil lagi..postnya mngingatkan saya bahwa semua hal yg kita alami saat ini tidak luput dari kuasa dan kehendak Allah

    Like

  29. Ustad … Doa Nabi Zakaria itu di surat Al Imron 38 – 40 yaaa ??? , dalam Surat tersebut apakah Teraphy nggak bicara dalam 3 hari bias jadi salah satu solusinya ??? mohon Pencerahan yaa Ustad

    Like

    1. Menurut saya tidak ada contoh dari kanjeng Nabi Muhammad saw atas terapi bicara seperti itu. Yang ada terapi bicara yang tidak bermanfaat yang dilakukan sepanjang hayat kita. 🙂 Wallahua’lam bishshowab. hanya Allah yang tahu.

      Like

  30. Cerita diatas sm seperti aq,bedanya usia pernikahan nya baru 5 bulan sdgkan aq sdh 3,5 tahun belum jg di karuniain seorang anak. Ustd mohon doanya ya agar tahun 2014 ini aq bisa positive hamil.

    Like

  31. Assalamualaikum pak ustad…,terima kasih sebelumnya..artikel yg sangat mencerahkan..khususnya bagi kami. pak..minta doa nya agar saya dan suami segera di berikan buah hati yg telah kami nanti 5 tahun ini.. sungguh kami sangat berusaha berbaik sangka atas segala rencanaNya..,doakan agar kami senantiasa diberikan kekuatan iman dan kesabaran sampai Allah menghadirkan buah hati yg benar2 kami damba..Amiin,

    Like

  32. Asswrwb Ustadz,
    Mhn sllu do’anya agar kami segera diberi kepercayaan momongan.
    Keinginan yg kami nntikan selama 15 thn.
    InsyaAllah akan kami pertanggungjawabkan dunia akhirat.
    Aamiin.

    Like

  33. ustad kusedih sekalih…diwaktu istrahat teman-teman guru membicarakan program punya anak lagi sambil bersenda gurau tp sy cuma bisa tersenyum menahan rasa malu dan sedih .apakah ada harapan untukku setelah lbih dr 15 tn ku nikah

    Like

  34. Sya udh 7thn menikah..blm dikaruniai keturunan,sangat mndambakan hadirnya buah hati dlm rumah tangga kami…akan saya Insya Allah istigfar , bersedekah dan yang utama berdoa selalu sy lakukan, dan mohon kiranya bpk Ustaz mendoakn sya dn suami..smoga cpt diberikan momongan

    Like

  35. Assalamu’alaikum,,, ustad,, saya sudah nikah hampir 5thun tapi belum juga punya keturunan,, do’anya ya ustad semoga dengan memperbanyak istighfar dan bersedekah,, dibulan ini saya dapat kado terindah dari yang maha Esa,, yaitu dapat hamil ya ustad, Amiiiin

    Like

  36. Ass. Pak Ustad, Sedih Sedih Sedih itu yang sayan rasakan sepanjang 8 Tahun ini. Belum juga ada momongan. saya sudah baca semua artikel ini. akan saya amalkan dengan keikhlasan hati.

    Like

  37. kami sudah menikah 12th….. segala daya n upaya sudah kami lakukan, mohon doa nya dan amin dari teman2 dan ustadz…agar kami segera mendapatkan keturunan anak yang sholeh dan sholehah….kami yakin Allah tidak tidur dan menyayangi kami….

    Like

  38. Assalamuallaikum Wr.Wb.
    Hati saya tersentuh untuk mencoba 2 hal ini (istighfar dan sedekah) dimana saat ini sudah 3 tahun pernikahan belum dikaruniai anak.. semoga dimulainya saya dan suami beristighfar dan bersedekah, akan dikaruniai anak yang sholeh dan sholehah… Aamiin…

    Like

  39. Pak ustadz saya pernah hamil anak ke 2. ..pd saat usia kandungan sy 5 bln mertua sy pernah menyinggung perasaan saya dan saya stress trus anak sy meninggal dalam kandungan dan trjadi pandarahan yg mengakibatkan plasentanya lepas dan sy tidak bisa punya anak lg krn rahimnya hrs diangkat inilah yg membuat sy tdk bisa memaafkan mertua sy bagaimana pak ustadz apa yg hrs sy lakukan

    Like

    1. mau tidak mau tinggal pasrah saja sama Allah. Tidak ada yang bisa dilakukan kecuali memohon kepada Allah agar diberikan kesabaran. Anak satu yang telah diberikan Allah harus dijaga baik-baik. Jadikan anak yang sholeh sehingga bisa menolong Ibu di akhirat nanti. Mertua tinggal dimaafkan saja. Sebaik-baik manusia adalah hyang bisa memafkan. Demikian. Semoga berkenan.

      Pada 28 Mei 2015 22.18, Blog Riza Almanfaluthi menulis:

      >

      Like

  40. assalamu’alaikm….
    pak ustad sy sudah menikah hampir 3th blm dikaruniai anak.betapa inginnya sy dan suami pny momongan.sedih rasanya pak ustad sy selalu jd bahan cemoohan org,terkadang tmn dikantor ngomongnya bikin nyesek.sudah sy cb ke dokter ke alternatif semua menyatakan sehat.jika sy blm pernah merasakan hamil,blm pernah melahirkan,blm pernah punya anak apa itu salah sy?mohon doa nya p.ustad dan teman semua biar kami cepat dikasih momongan.insyaallh akan sy cb seperti tulisan p.ustad diatas…..mudah2an Allah meridhoi.
    wassalamualaikum wr wb….

    Liked by 1 person

  41. Nice blog… Trmksh banyak ya buat berbagi cerita ini.. Sungguh bagi saya membaca postingan ini.. serasa ada cahaya dlm kegelapan.. sebuah hidayah yang Alloh beri dg ilmu ini.. Semoga Alloh merahmati anda dan klg Anda.. subhanalloh walhamdulillah.. Mohon doa restu.. semoga kami jg segera diberi sebuah momongan jg.. Amin2.. Dan saya doakan kpd smua tmn2 semua yg msh blm diberi momongan.. smg segera diberi kturunan yg sudah dijamin kebaikan, ksehatan, rizky pangkt drajat yg Mulia oleh Alloh ta’ala..

    Liked by 1 person

  42. Trima kasih share nya, sangat menginsporatif. tidak ada keraguan sama sekali di dalam diri saya akan keajaiban sedekah. akan saya praktelkan lebih dalam lagi mudah2an Alloh mmberikan juga jalan saya dan istri untuk segera mempunyai momongan amiiiinn…

    Liked by 1 person

  43. sangat menginspirasi saya, kebetulan usia pernikahan saya hampir 5 tahun, Allah memberi cobaan dengan 2 kali keguguran yang dialami istri saya, dan tepat dibulan ramadhan ini Allhamdulillah istri saya positif hamil, jalan 3 minggu,.mohon doanya saudara semuslim semoga kehamilan istri saya yg ke tiga ini sehat, selamat dan diberi manfaat.Aamiin …In sya Allah dengan metode istighfar dan sodakoh kita dilancarkan hajatnya..

    Liked by 1 person

  44. assalam mualaikum ..
    Aku menikah udah hampir 2,1/2 thn .aku belum punya momongan …temen2 aku yg duluan aku udh gendong anak aku jadi iri pda temen aku.. Dan hinga aku berusaha kesana,kesini tpi blm jga ada hasilnya hinga aku bingung ada apa dgn aku ini..tolong kasih solusi,nya pak uztad..makasih ..walaikum slm

    Like

    1. Solusinya tetap sabar dan ikhtiar. Sedekah dan istighfar insya Allah jadi solusi. Yakinlah, kegelapan akan selalu berakhir. Ada kebahagian dan terang di ujung terowongan.

      Pada 3 Oktober 2015 20.25, Blog Riza Almanfaluthi menulis:

      >

      Like

    1. Sedekah itu bisa dalam bentukcapa pun. Namanya juga pemberian. Bisa dalam bentuk uang, senyum, dzikir dll. Saya sarankan dalam bentuk uang. Sedangkan penerima sedekah itu biasa siapa saja ,mereka yang membutuhkan. Itu saja. Selamat bersedekah. Semoga Allah kabulkan doanya.

      http://rizaalmanfaluthi.com ~~~sharing is caring. On Oct 12, 2015 6:42 AM, “Blog Riza Almanfaluthi” wrote:

      >

      Like

  45. suami saya adlah seorang mualaf,, kami menanti perjalanan kami dari awal bertemu sampai menikah kurang lebih 8 th, perjalanan suami saya untuk menjadi mualaf tidaklah mudah, tentangan dari keluarga dan masyarakat sekitar kami menambah kami menjadi semakin kuat untuk tetap bersatu. dan sekarang kami sudah menikah 6 bulan, tetapi kami belum diberi kepercayaan untuk diberi momongan, awalnya saya tidak begitu kepikiran karena usia pernikahan kami baru menginjak hitungan bulan, tapi akhir-akhir ini saya jadi kepikiran setelah ibu mertua saya menanyakan perihal saya belum juga diberi momongan.
    saya mohon doanya pak ustadz supaya saya dan teman-teman yang belum diberi momongan untuk segera diberi momongan dan insya Allah saya akan mengamalkan amalan dari pak ustadz.

    Like

  46. assalamualaikum..saya ifa dari kalimantan..saya mau curhat saya sudah menikah satu tahun tetapi belum jg di karuniai keturunan..halangan juga tdak lancar..tolong penjelasan solusinya..

    Like

  47. Terima kasih infonya sungguh menarik sekali.. semoga kita sesalu dapat nasehat-menasehati dalam kebaikan.. dan semoga artikel ini menjadi amal jariyah bagi pemiliknya.. amin..

    Like

  48. Bagi anda yang butuh keturunan silakan datang menemui ibu aminah di desa nangrhoe timu kec. Ulim kab. Pidie jaya Aceh, no. Hp. 085296108536. ( Perlu di ingat: anda harus datang dengan suami anda). Buktikan sendiri, Insyaa Allah Impian anda akan tercapai dengan tingkat keberhasilan diatas 90 persen.

    Like

  49. pak ustad…sy udh menikah 1 tahun lebih. tp belum dikaruniai anak..sy terkadang sedih melihat istri sy..kadang diceritai oleh org lain…kalau istri sy tdk bisa punya anak…sy udh periksa kedokter…tp sampai sekarang belum ada hasilnya pak….mohon pencerahanya

    Like

    1. Ya saya cuma bisa mengatakan tetaplah bersabar. Semoga Allah memberikan balasan atas kesabaran itu. yakinlah atas ketentuan Allah. Percaya Allah yang berkehendak atas segala sesuatu. IStighfar dan sedekah bisa menjadi jalannya. Amiin. Semoga cepat dapat momongan yah.

      Pada 21 Juni 2016 22.57, Blog Riza Almanfaluthi menulis:

      >

      Like

  50. Mohon ijin untuk mengamalkannya ya pak ustad Riza Almanfaluthi,, mohon ijazahkan amalan itu kepada saya,, saya terima ijazah istigfar dan shodakoh supaya cepat dikaruniai keturunan,, ats diberikannya ijazah ini trimakasih,,

    Like

  51. Ass pa ustad,,terharu sekali membaca postingan ini,saya dan suami pun sdh 2thn menikah blm mmpunyai mmgan,terkdg mmbuat hati sedih…tak putus berdoa, ikhlaskan hati ya allah setiap bersedekah dan tak henti mengucap istighfar smga disegerakan mendpt kturunan ya allah,aamin..mhn doanya ustad

    Like

  52. assalamualaikum..
    alhamdulilah..terimakasih pak ustad atas pengetahuan2 yang di bagikan, hari ini bergitu gundah nya hati ini, rasa sakit, kecewa kegundahan saat di datangi haid di pagi ini..saya menikah lebih kurang 9 bulan, dalam ke adaan saya berjauhan dari suami..suami saya merantau di kalimantan,,saya di sumatra ..kepulangan suami yg hanya bisa 1x 2 bulan itu sangat di dambakan..bulan kemaren suami pulang di rencanain pas di masa subur saya..karna begitu jarang ..suami pulang di masa subur..tapi allah belum mengizinkan untuk memberi keturunan terhadap kami..tadi pagi haid saya datang..dengan amarah yg tak tertahan..tangisan..ini itu nya..tapi setelah saya searching internet ketemu majalah ini..alhamdulilah,,hati ini tenang,,terimakasih ustad,,mohon,,do:akan saya di beri kan keturunan yahc ustad..

    Like

  53. MOHON DOA YA PAK USTAD, SAYA SDH 3,5 TAHUN MENANTI BUAH HATI, AWAL2 SAYA MERASA STRESS TP SKRG SAYA UDH BNYK BERSABAR, IKHLAS, USAHA, DAN DOA AKHIRNYA SAYA TAWAKALKN SM ALLAH, SAYA ADA MSLH DI TUBA SAYA DOKTER BLG SAYA NGK BS HAMIL DAN JLN SATU2 NYA ADALAH BAYI TABUNG. ITU SATU HARIAN SAYA MENAGIS SEJADI2 NYA UNTUNG SAYA PNY SUAMI YG SABAR DN MENGUATKAN SAYA, STLH MEMBACA ARTIKEL BPK SAYA BERKESIMPULAN BHW TAK ADA YG TDK MUNGKIN BG ALLAH. INSYAAALH SAYA AKAN MENGIKUTI SARAN BPK ISTIGFAR DAN SEDEKAH DAN DI NIATKAN KARENA ALLAH

    Like

  54. Ya Allah.. berikan kami anak yang soleh dan solehah, anak kembar ya Allah.. sudah hampir dua tahun kami menikah tapi belum juga punya anak.. kabulkan lah doa ku ya Allah..ya rohman ya rohim ya mujib ya hayyul ya qoyyum… amin ya robbal alamin…

    Liked by 1 person

  55. pak ustad desember besok usia pernikahan saya sudah 12 tahun….saya sedih, saya mau punya momongan, semua usaha sudah saya lakukan…apakah saya masih banyak dosa ya allah?….kapan waktunya buah hati hadir….usia saya sudah bertambah tua….mohon di jawab y p ustad

    Liked by 1 person

    1. Kita semua ya punya dosa Bu. Semua yg menimpa kita adalah ujian dariNya. Tidak atau belum punya anak adalah salah satu ujian itu. Yang intinya cara Allah untuk meningkatkan derajat kita. Tapi tetap yakin ya bu dan dengan ikhtiar penuh bahwa Allah akan kabulkan doa ibu untuk memiliki anak. Insya Allah terkabul.

      Like

  56. Ass..
    Pa ust. Saya udh 2 thn lebih menikah tp.blm kuga d karunia anak…saya udh berulang kali merasakan hamil tp ujungnya tidak hamil. Sudh 3 dokter dan 2 terapi saya tekuni..tp blm jg saya hamil. Mohon minta solusinya yh pa ust.

    Liked by 1 person

  57. Ass… Saya sdh 7 tahun menikah blm diberi momongan.. Saya sdh putus asa ustad, pengen skali saya mengamalkan istighfar, tp suami saya tdk mau. Sdh saya bujuk tpi tdk mau. Kalo saya mengamalkan sendiri apa bisa…???

    Liked by 1 person

  58. Assalamualaikum

    Masya Allah..
    Ketemu juga blog begini.
    Pas banget Pak Riza..

    Saya habis kuret, karna janin meninggal dalam kandungan di usia sekitar 8 – 9 weeks
    😦
    Saat ini sedang Ikhtiar lagi utk hamil

    Semoga saya bisa mengamalkan 2 SOLUSI diatas : “SEDEKAH & ISTIGHFAR”
    agar segera DIPERCAYA ALLAH utk hamil lagi.

    Trimakasih sarannya Pak 🙂

    Wassalamualaikum

    Liked by 1 person

  59. Ustad saya udah telat 3 hri dtng buln suami saya sngat senang,tpi keesokan hriny sya dtng bulan dan suami sya tdak mw ngmng am sya,jdi sya hrus ngelakui ap agar sya bsa pnya ank

    Like

    1. apa yang harus dilakuin? Tentu banyakin sabar terus. Suami juga. harus dibanyakin sabar dan jangan gampang marah sama istri. Semoga.

      Jabat erat.

      *Riza Almanfaluthi*

      rizaalmanfaluthi.com

      Pada 16 Januari 2017 13.28, Blog Riza Almanfaluthi menulis:

      >

      Like

  60. Assalamualaikum…trmksh atas smw ilmunya…sy mau bercerita dan mohon doa serta solusi bagi masalah yg sedang sy alami.saat ini sy merasa sedih sekali dg keadaan ini meskipun sy sadar bahwa ini adalah takdir Allah Maha Penyayang tpi ttp saja hati ini..Astaghfirullahal’adziim😌
    Tgl 1 nov2012 sy mnikah dg harapan langsung dikaruniai momongan stlh -/+3bln mnikah trnyata sy punya kista sejak itu brbgai pengobatan sy jalani sampai saat ini pun blm brhnti.Skrg sdh 2017 Ya Allah kuatkanlah…😌sy ingin sembuh dan segera dikaruniai anak yg soleh dan solehah…Amiin

    Like

  61. Q sudah 2 thn menikah belum juga diksih keturunan
    Tpi dlu sblum mnikah q sllu membuat calon suamiku sakit hati karna q slingkuh
    Apa ini yg membuat q belum jga hamil
    Apa karna q msh merahasiakan sesuatu kpda suamiku

    Like

  62. Q sudah 2 thn menikah belum juga diksih keturunan
    Tpi dlu sblum mnikah q sllu membuat calon suamiku sakit hati karna q slingkuh
    Apa ini yg membuat q belum jga hamil
    Apa karna q msh merahasiakan sesuatu kpda suamiku

    Liked by 1 person

  63. Assalamu alaikum pak ustad,,saat aq mersa udh putus asa,,,tidk mempuxai dukungn lgi aq menemukn blok ini,,pak ustad say udh 8 thun mnikh blm dikarunia,,sempt putus asa tpu saat saya menemukn blok ini semgat sya kembali lgi,,mhon bimbingan dan doax pak ustad,,,

    Liked by 1 person

  64. Asslammualaikum… Pak uztadz, tolong mintak doanya pak uztadz, suapaya bulan ini saya hamil…. Amin ya allah… Mudah mudahan telat haid saya yang bulan bs hamil… Sya sdh hampir 2 tahun nikah… Sya mendambakan debay pak uztadz… Sya mintak doanya. Trimakasih

    Liked by 1 person

  65. Asslamualaikum pak ustadz 😊
    alhamduliah saya bisa brtemu dgn blog ini ,
    saya sudah menikah 13 bulan, 1thn lebih pak ustadz😌
    saya dan suami sudah sangt ingin memiliki keturunan,tapi sampe skrg ini Allah belum memberikan kami kepercayaan itu,insyallah kami akan selalu berusaha sabar dengan di barengi istighfar dan bersedekah ,mohon saya minta tolong di bantu doa nya ya pak ustadz 😊😇

    Liked by 1 person

  66. Pak ustadz… saya uda 6 tahun nikah tapi belum mempunyai anak.. saya pernah hamil 1 balan lebih tapi saya keguguran & sudah lama saya tidak perna hamil lagi berbagai obat penyubur uda saya minum tapi hasilnya 0 saya minta pendapat ustadz apa yg harus sya lakukan supaya bisa hamil lagi

    Like

Tinggalkan Komentar:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.