PROSEDUR PERPANJANGAN SIM DI MOBIL SIM KELILING


PROSEDUR PERPANJANGAN SIM DI MOBIL SIM KELILING

Tahun 2001 silam saya baru mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C. Di tahun 2006 saya memperpanjang SIM C sekaligus mendaftarkan diri untuk mendapatkan SIM A. Semuanya saya lakukan di Polres Depok. Cerita prosedur perpanjangan SIM di tempat tersebut telah ditulis di sini.

Nah sekarang, di tahun 2011 , tepatnya di bulan Juli, saya harus memperpanjang kedua SIM tersebut. Karena keterbatasan waktu yang saya miliki, saya berniat mencoba untuk memperpanjang SIM tidak di kantor Polres Depok tetapi di mobil Pelayanan SIM Keliling. Oleh karenanya saya telusuri internet untuk memperoleh jadwal mobil keliling di wilayah Depok.

Perlu diketahui bahwa layanan Mobil Keliling ini khusus untuk memperpanjang SIM A dan C. Jika SIM tersebut telah lewat satu tahun maka SIM tidak bisa diperpanjang di mobil Pelayanan SIM Keliling ini. Ini sama saja membuat SIM baru dan datanglah ke Polres Depok untuk itu. Pun, Di mobil keliling ini tidak bisa untuk membayar pajak kendaraan. Untuk hal ini tetap kudu pergi ke Samsat. Sumbernya dari sini.

Berikut jadwal Pelayanan SIM Keliling untuk wilayah Depok tersebut:

1. Senin: Honda Motor Care Pancoran Mas Depok

2. Selasa: Perum Mutiara Depok Sukmajaya

3. Rabu: DTC Pancoran Mas Depok

4. Kamis: Kantor Samsat Cinere Limo

5. Jumat: Depok Town Square (Detos)

6. Sabtu: Margocity

Jam pelayanan mulai 08.30 pagi sampai 12.00 siang. Tetapi kata petugas yang ada di sana, bisa juga lebih dari jam itu tergantung dari banyak sedikitnya masyarakat yang ingin memperpanjang SIM.

Karena letaknya cukup strategis bagi saya yaitu di dekat Stasiun Pondok Cina dan kebetulan hari Jum’at adalah hari yang tidak sibuk di kantor, saya niatkan untuk pergi ke Detos. Dari stasiun itu tidak perlu ke jalan raya Margonda untuk menuju ke Detos. Cukup lewat jalan belakang yang terhubung dari Stasiun Pondok Cina ke Detos. Letak mobil keliling itu ada di tempat parkir paling belakang Detos.

Saya sampai di sana pukul 08.05. Sudah ada 16 orang yang ada tempat itu. Dan tepat pukul 08.18 mobil layanan itu datang. Salah satu petugas memberitahu kami untuk mengumpulkan dokumen yang disyaratkan di meja yang disediakan. Dari tumpukan yang dilakukan secara berebutan itu, saya dapat urutan lumayan.

Persiapan dan dokumen apa yang dibutuhkan dalam memperpanjang SIM di layanan mobil keliling ini?

1. Doa tentunya waktu kita keluar rumah. Agar selamat sampai tujuan. Pulang dan perginya. Bahkan untuk selamat di akhirat juga.

2. Pulpen. Jangan sampai ketinggalan bawa perlengkapan yang satu ini. Penting beud. Supaya enggak pinjam-pinjam. Kalau minjem-minjem, memperlama Anda memperoleh urutan terdepan.

3. Fotokopi KTP 1 lembar saja. Karena terbukti ketika saya bawa 2 lembar, satunya dikembalikan kepada saya. Jangan lupa gunting fotokopi KTP tersebut seukuran KTP-nya. Tak perlu satu lembar kertas fotokopian, karena petugasnya nanti akan mengguntingnya juga. Ini akan memperlama layanannya.

4. Asli SIM A dan/atau SIM C.

5. Klip, trigonal klip, atau penjepit kertas. Benda kecil ini penting untuk menyatukan lembar fotokopi KTP dan asli SIM agar tidak tercecer di tumpukan;

6. Sabar. Modal soft skill ini diperlukan beud. Orang sabar disayang Tuhan. Pun, sambil menunggu panggilan, sila untuk mengakrabkan diri dengan para pengantri yang lain. Bukankah kita makhluk sosial.

Setelah dokumen dan persyaratan di atas kita penuhi, saatnya untuk mengikuti tahap-tahap selanjutnya. Apa saja? Ini dia:

  1. Mengumpulkan 1 lembar fotokopi dan asli SIM A atau C atau keduanya yang mau diperpanjang di tempat yang telah ditentukan oleh petugas layanan SIM keliling;
  2. Petugas akan meneliti dokumen tersebut di atas kemudian melekatkan dokumen itu pada formulir isian;
  3. Petugas akan memanggil kita dan menyerahkan formulir itu untuk kita isi. Kepada yang mau memperpanjang 2 SIM akan mendapatkan 2 formulir juga;
  4. Isi formulir dan setelah selesai segera kembalikan kepada petugas yang memanggil kita;
  5. Petugas (waktu itu adalah Brigadir Polisi Dua Sumarno) akan mencatat formulir itu ke dalam buku besar, kemudian menyerahkannya kepada petugas yang ada di dalam mobil;
  6. Lima atau enam orang akan dipanggil ke dalam mobil;
  7. Di dalam mobil, kita akan diambil sidik jarinya secara eletronik oleh petugas, kemudian dipotret, dan membayar uang sejumlah Rp125.000,00 sebagai biaya perpanjangan SIM. Biayanya untuk perpanjangan SIM A atau SIM C sama sama. Dan jangan harap ada tanda terima. Karena memang tidak diberi oleh petugasnya;
  8. Tunggu sesaat dan SIM dicetak langsung dengan printer yang ada di sana;
  9. Setelah mendapatkan SIM ucapkan terima kepada petugas dan segera keluar dari mobil;
  10. Selesai, ucapkanlah Alhamdulillah.

Tepat pukul 09.23, saya yang mempunyai nomor urut 11, sudah keluar dari mobil keliling itu. Jadi sekitar satu jam lebih. Nah, entah berapa jam lagi lamanya bagi mereka yang urutannya di bawah saya.

Keuntungan dari memperpanjang SIM di layanan mobil keliling ini adalah tidak perlu tes kesehatan, tak perlu bayar asuransi, tidak perlu datang ke Polres Kota Depok untuk antri panjang.

Itu saja. Semoga informasi ini berguna bagi Anda semua yang mau memperpanjang SIM di wilayah Depok. Mohon maaf kepada semua pihak jika ada salah-salah kata atas penyajian informasi ini.

Kita berjumpa lagi lima tahun ke depan, jika ada umur panjang. Insya Allah.

***

Riza Almanfaluthi

dedaunan di ranting cemara

21.46 WIB 21 Juli 2011

Tags: Surat Izin Mengemudi, Surat Ijin Mengemudi, SIM A, SIM C, Polres Depok, SIM Keliling, prosedur perpanjangan SIM A, prosedur perpanjangan SIM C, prosedur perpanjangan SIM, jadwal sim keliling depok, mobil keliling, detos, Depok Town Square, biaya perpanjangan SIM, biaya memperpanjang SIM, biaya perpanjangan SIM A, biaya perpanjangan SIM C, biaya memperpanjang SIM A, biaya memperpanjang SIM C, biaya perpanjangan SIM wilayah Depok, biaya memperpanjang SIM wilayah Depok, biaya perpanjangan SIM A wilayah depok, biaya perpanjangan SIM C wilayah depok, biaya memperpanjang SIM A wilayah depok, biaya memperpanjang SIM C wilayah depok, Honda Motor Care Pancoran Mas Depok, Perum Mutiara Depok Sukmajaya, DTC Pancoran Mas Depok, Kantor Samsat Cinere Limo, Margocity

16 thoughts on “PROSEDUR PERPANJANGAN SIM DI MOBIL SIM KELILING

  1. Selasa : Perumahan Mutiara Depok Sukmajaya..
    untuk hari selasa kayaknya dipindah deh ke Komplek pemancar RRI-Cimanggis ( didepan gerbangnya Sebelum Rumah Sakit Husada )

    Like

  2. Kemarin ane perpanjang sim di detos biayanya udah Rp.155.000 buat sim c lumayan cepet sih, waktu ngantri ada yang simnya telat 1 tahun disuruh perpanjang di polres sama petugas.

    Like

Tinggalkan Komentar:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.