“MEMBUNUH” USB FLASH DISK BANDEL


“MEMBUNUH” USB FLASH DISK BANDEL

 

Sudah beberapa bulan ini harddisk eksternal saya tak bisa dimatikan pada saat saya mau mencabut dari lubangnya. Baik dengan cara klik kanan ataupun klik kiri. Padahal saya sudah memastikan bahwa tidak ada lagi program ataupun file yang masih dipakai. Selalu muncul tanda atau peringatan seperti ini:

 

Bila kita paksakan maka sudah barang tentu akan merusak harddisk itu. Dan saya tidak menginginkan kejadian itu kembali terulang setelah dua buah flashdisk saya mengalami kerusakan.

Saya jadi bingung. Tetapi saya tak mau kurang akal oleh karenanya saya bertanya sama ajengan Google, yang sudah sering kali membantu memecahkan persoalan yang saya hadapi. Saya masukkan kata kunci pada mulut ajengan google. Seperti ini “flash disk susah dicabut cannot stopped“.

Dan terpampanglah beberapa link yang ada. Pada akhirnya saya tertarik dengan sebuah link yang ternyata mempunyai permasalahan yang sama dengan apa yang dialami oleh saya. Link itu adalah link sebuah blog mumtazanas. Tepatnya untuk pembahasan tema ini, di blog tersebut, ada di sini. Dengan judul tulisan Mencabut USB Flashdisk dari Komputer dengan Aman.

Mumtazanas bilang jika prosedur mencabut USB Flash Disk dari komputer dengan aman telah dilakukan dan masih terdapat tanda peringatan tersebut maka perlu dilakukan dengan cara lain. Caranya sebagai berikut:

Kita harus terlebih dulu tahu apa yang mengunci USB Flash Disk. Jjika kita tidak tahu proses apa yang mengunci USB Flash Disk, kita dapat menggunakan bantuan sebuah freeware “unlocker”. Sebuah freeware yang cukup kecil ukurannya (183 KB) patut diinstall di komputer anda. Sesuai dengan namanya software ini berfungsi meng-unlock proses yang memegang USB.

Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan:

  1. Meng-klik kanan pada media tersebut di bagian explorer.

     

  2. Jika ada proses yang memegang USB ini akan diberitahukan melalui sebuah tampilan yang terdapat pilihan untuk “kill process” atau “unlock”. Pilih “unlock all” jika Anda ingin mencabut USB Flash Disk, jika masih membandel gunakan kill process.

     

 
 

 Nah, untuk bisa memperoleh software kecil itu Mumtazanas menunjukkan kepada kita semua tempat untuk mengunduhnya. Di sini:

Download unlocker 1.8.3

Akhirnya saya coba deh, melakukan unduh program kecil tersebut. Setelah mengunduh saya langsung menginstallnya. Alhamdulillah berhasil. Setelah diinstall, saya segera melakukan proses “pembunuhan” USB Flask Disk itu dengan terlebih dahulu membuka windows explorer dan mengklik kanan media harddisk external saya. Sekali lagi sukses. Syukurlah.

Sekarang saya sudah mengetahui hal baik ini. Tentu saya kudu mengucapkan terima kasih kepada pemilik blog itu: Mumtazanas. Semoga Allah memberikan kemudahan kepada Anda dan mengalirkan pahalanya terus menerus selama ilmu baik ini masih dipergunakan oleh manusia yang masih hidup. Barang siapa yang menunjuki jalan kebaikan maka ia mendapat pahala kebaikan yang sama dengan orang yang melakukan kebaikan itu. Semoga.

***

Riza Almanfaluthi

dedaunan di ranting cemara

11:21 19 Juni 2008

 

 

 

 

 

Advertisements

5 thoughts on ““MEMBUNUH” USB FLASH DISK BANDEL

  1. Wow, ini yang saya tunggu tunggu. Dari dulu saya mencari program yang bisa memonitor proses akses ke USB FlasDisk & tentunya juga FREEWARE.

    Thanks banget. Artikelnya sangat membantu.

    Riza Menajwab: Sama-sama. Makasih juga.

    Like

Tinggalkan Komentar:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s