TATA CARA / PROSEDUR PENDAFTARAN HAJI DI KABUPATEN BOGOR (1)


TATA CARA / PROSEDUR PENDAFTARAN HAJI DI KABUPATEN BOGOR

===TAHAP AWAL===

Pembaca, saya coba cari di Google dengan kata kunci sebagaimana judul tulisan ini, hasilnya nihil. Saya coba juga membuka laman Departemen Agama Republik Indonesia hasilnya sama. Singgah di laman Kabupaten Bogor sama juga. Apatah lagi Kantor Departemen Agama Kabupaten Bogor juga tak punya laman sama sekali di internet.

Akhirnya saya tahu secara langsung prosedur pendaftaran haji itu dengan melakukannya sendiri berbekal sedikit informasi dari bank tempat saya menabung haji. Saya ingin membagi pengalaman ini kepada pembaca agar ketika ingin mendaftar haji sudah tahu apa yang harus dipersiapkan. Entah persiapan dokumen yang harus dibawa, jumlah biaya yang harus dikeluarkan, dan mental tentunya karena kita akan berhadapan dengan gunung rintangan yang bernama birokrasi.

Semoga ini bermanfaat bagi para pembaca khususnya dari Kabupaten Bogor yang ingin menunaikan haji ke tanah suci. Bisa jadi prosedur pendaftaran haji di setiap daerah berbeda-beda. Saya mendengarnya demikian dari berbagai orang yang sudah pernah mengalaminya. Kata mereka prsoedurnya tidaklah serumit di Kabupaten Bogor. Wallahua’lam bishshowab.

Yang harus dipersiapkan oleh Pembaca ketika ingin mendaftar haji dan pergi haji tentunya adalah niat yang lurus bahwa saya ini pergi haji adalah semata-mata hanya karena Allah. Bukan untuk piknik, berdagang, mencari gelar haji, penaikan status, dipandang masyarakat, dan lain-lainnya. Niat yang lurus ini akan membuat kita pasrah pada-Nya. Ketika ada niat-niat yang sudah mulai melenceng segera luruskan saja dan minta ampun pada Allah.

Yang kedua adalah perbanyak do’a dan shalawat. Loh kok prosedur kayak ginian aja butuh ini sih? Tentu sangat dibutuhkan, karena seperti yang sudah saya bilang di awal kita akan menghadapi gunungan birokrasi yang akan menguji kesabaran kita. Dengan perbanyak do’a dan sholawat kita berharap pada Allah agar IA memudahkan semuanya.

Yang ketiga persiapkan waktu dengan secermat mungkin. Karena tidak bisa sehari atau dua hari untuk menuntaskan semua ini. Karena banyak dokumen yang harus dipersiapkan. Bagi yang berkantor kalau bisa coba minta cuti atau izin kerja setengah hari untuk mengurus pendaftaran ini.

Yang keempat selalu berangkat lebih pagi untuk mendapatkan pelayanan yang lebih awal di kantor apapun. Entah di Kantor Kepala Desa, Puskesmas, ataupun di Kantor Departemen Agama (selanjutnya disingkat Kandepag) Kabupatan Bogor. Karena kalau Anda datangnya sudah terlalu siang—yang sebenarnya menurut kita masih waktunya jam kerja—siap-siap saja Anda akan disuruh pulang dan datang kembali keesokan harinya.

Pembaca, setahu saya kalau kita ingin mendaftar haji harus sudah ada tabungan Rp20 juta dulu di bank lalu datang ke Kandepag dengan cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Ternyata masih banyak yang harus kita bawa.

Baik dokumen apa saja yang harus dipersiapkan dan ktia bawa untuk pendaftaran Haji di Kandepag Kabupaten Bogor?

Ada dua tahap. Tahap awal dan tahap kedua. Tahap awal adalah tahap pendaftaran setelah kita sudah punya tabungan sebesar Rp20 juta di bank. Tahap kedua adalah tahap pendaftaran setelah kita mendapatkan nomor porsi dari bank.

Dokumen tahap awal sebagai berikut:

  1. Fotokopi buku tabungan;
  2. Fotokopi KTP;
  3. Fotokopi KK;
  4. Fotokopi Surat/Akta Nikah;
  5. Fotokopi Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir/Ijazah;
  6. Fotokopi Surat Pernyataan Bermeterai dari Kepala Desa/Lurah yang diketahui oleh Kecamatan (asli dibawa);
  7. Fotokopi Surat Keterangan Sehat (asli dibawa).

    Masing-masing rangkap satu.

    Saya akan jelaskan yang memang perlu untuk diberikan penjelasan.

Untuk memudahkan kita dalam masalah tabungan haji ini, saya sarankan untuk membuka di bank yang cabangnya berdomisili satu propinsi dengan Kandepag Kabupaten Bogor artinya masih di Jawa Barat. Tetapi saya lebih sarankan lagi Anda buka tabungan hajinya di bank yang satu kabupaten/kota saja.

Jangan mengulangi apa yang pernah saya alami. Saya membuka tabungan haji di Bank Muamalat Kantor Kas Cawang Jakarta ternyata untuk mendaftar haji saya harus menutup dulu tabungan itu dan membuka tabungan baru di Bank Mualamat Kantor Kas Cibinong.

Ribet, dipotong biaya penutupan, dan menyita waktu banyak. Akibatnya saya tidak bisa mengejar kesempatan untuk mendaftar di Kandepag Kabupaten Bogor, mengurus surat kesehatan di Puskesmas dan Kantor Kepala Desa.

Pastikan bahwa yang difotokopi adalah halaman sampul buku tabungan, halaman pertama yang memuat nama dan keterangan kita, serta halaman yang menerangkan saldo terakhir kita. Walaupun di prosedurnya tidak diterangkan halaman berapa yang harus kita fotokopi tapi kita fotokopi saja yang saya terangkan di atas tadi. Untuk apa? Supaya lengkap dan tidak memberikan kesempatan petugas peneliti di Kandepag Kabupaten Bogor untuk menyuruh kita pulang.

Oh ya, dokumen yang harus saya bawa untuk membuka tabungan haji adalah cukup fotokopi KTP saja.

Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir/Ijazah masing-masing saya fotokopi. Walaupun di prosedurnya tandanya adalah garis miring yang berarti cukup salah satu saja namun saya fotokopi juga semuanya. Agar, lagi-lagi, supaya berkas kita tidak dianggap tidak lengkap.

Untuk Surat Pernyataan Bermeterai dari Kepala Desa/Lurah yang diketahui oleh Kecamatan maka terlebih dahulu Anda datang ke Kantor Kepala Desa sambil membawa meterai Rp6000, fotokopi KTP, fotokopi KK, serta surat keterangan atau pengantar dari RT dan RW. Untuk yang terakhir ini Anda bisa urus sendiri malam sebelumnya. Jalan pintas langsung datang ke Kantor Kepala Desa tanpa surat pengantar memang bisa tetapi itu tidak mendidik.

Untuk ke Kecamatannya Anda bisa uruskan ke petugas desa. Tetapi karena saya ingin cepat selesai saya sendiri yang akan datang ke Kantor Kecamatan. Biaya administrasi di Kantor Desa Rp20.000,00.

Saya datang ke Kantor Kecamatan dengan membawa fotokopi KTP, KK dan surat pernyataan tersebut. Langsung ditandatangani oleh salah satu Kepala Seksi yang ada di sana. Cepat dan tidak berbelit-belit. Biaya administrasinya sebesar Rp20.000,00 juga.

Jangan lupa setelah itu fotokopi surat pernyataan bermeterai tersebut sebelum kita serahkan ke Kandepag Kabupaten Bogor.

Oh ya, karena Puskesmas itu jam tutupnya adalah jam setengah 12 siang, maka sebelum ke kantor Kecamatan saya terlebih dahulu ke Puskesmas untuk meminta surat kesehatan. Cukup bayar Rp5000, antri sebentar, dan diperiksa ala kadarnya, tal…tul…, tal…tul… stetoskop, surat keterangan sehat sudah didapat. Ada pengecualian tentang datang lebih pagi ke Puskesmas. Mungkin karena datangnya siang malah antrian sudah pendek dan tidak banyak orang. Kalau pagi wuih…jangan dikira panjang antriannya. Setelahnya segera fotokopi saja surat kesehatan tersebut.

Kini tiba saatnya datang ke Kandepag Bogor. Siapkan mental karena di sana akan dilayani oleh sedikit petugas di sebuah ruangan yang sempit di Kandepag Kabupaten Bogor, tepatnya di ruangan Seksi Pelayanan Haji dan Umroh (kalau tidak salah karena saya sudah tidak ingat lagi).

Jangan membayangkan ruangan pendaftaran haji ini senyaman ruangan pelayanan di bank-bank atau Tempat Pelayanan Terpadu Kantor Pelayanan Pajak yang pernah Anda kunjungi. Ruangannya cuma 12 meter persegi yang penuh berkas tanpa petunjuk harus menghadap ke mana dan siapa terlebih dahulu.

Saya harapkan Anda datang ke sana pada pukul 09.00 sampai pukul 10.00 pagi. Lebih dari itu siap-siap saja berkas Anda akan ditolak dan disuruh datang lagi keesokan harinya. Karena petugas disana membatasi jumlah orang yang mendaftarkan haji cukup 35 pendaftar saja. Masalahnya ini berkaitan dengan proses pengambilan foto dan sidik jari yang memakan waktu bisa sampai lima jam lamanya.

Alhamdulillah berkas saya diterima walaupun saya datangnya pukul 12.30 WIB. Ini dikarenakan sedikit kengototan saya karena sudah disuruh pulang di hari kemarinnya. Ditambah sedikit kebaikan yang diberikan petugas di sana kepada saya.

Setelah mengisi formulir pendaftaran yang diberikan petugas—itupun sambil berdiri karena bangkunya sedikit dan ruangan sudah penuh orang—serta memeriksa kelengkapan berkas saya dan istri, saya disuruh petugas pergi ke koperasi untuk membayar biaya foto sebesar Rp60.000,00 dan setelahnya pergi ke ruangan pemotretan.

Nah di sini kesabaran diuji lagi karena petugas yang melayani kami pada sesi ini cuma satu orang. Kami menyerahkan kuitansi pembayaran dan berkas pendaftaran pada pukul 12.30 WIB, pemotretannya baru dilakukan pada pukul 15.15 WIB. Pengambilan sidik jari tiga perempat jam kemudian. Lalu kami menerima banyak lembaran foto berbagai ukuran dan CD-nya serta berkas pendaftaran ditambah dengan Surat Pendaftaran Pergi haji (SPPH) tiga rangkap pada pukul 16.15 WIB dari petugas pemotretan.

Dan kemudian balik lagi ke petugas yang memeriksa berkas kita di awal tadi. Berkas kita akan dicek kembali oleh petugas dan kita disuruh menyerahkan foto ukuran 1×1 yang tadi kita terima. Lalu mengembalikan dua rangkap SPPH kepada kita untuk diserahkan kepada bank dan satunya untuk kita arsipkan sendiri. Saya baru pergi dari Kandepag Kabupaten Bogor jam setengah lima sore.

Bersambung…

Riza Almanfaluthi

dedaunan di ranting cemara

09:52 26 Oktober 2009

About these ads

68 thoughts on “TATA CARA / PROSEDUR PENDAFTARAN HAJI DI KABUPATEN BOGOR (1)

  1. Ali Marwan says:

    Ass Wrb,

    Pak, mau tanya mengenai informasi dokumen kelengkapan pendaftaran haji.

    Bahwa ada Fotokopi Surat Pernyataan Bermeterai dari Kepala Desa/Lurah yang diketahui oleh Kecamatan (asli dibawa);

    Mohon infonya pak, ini surat peryataan tentang apa ya pak ??? apakah pernyataan sebagai warga atau apa ya pak…

    Terima kasih atas informasinya pak.

    Wassalama

    Ali Marwan (08159001744)

    Like

  2. insyaAllah hari ini monyoba menjalani prosedur tersebut dikandepag Depok, thanks buat infonya, doain ya moga2 gak lama danbisa dapat porsi lebih cepat, cos kemarin telp katanya jatahnya tahun 2013 waowww nunggu 4 thun lagiiii. sabarr… Ini lah ujian kesabaran menunggu 4 tahun di waiting list di negeri kita untuk menjalankan ibadah yang sangat suci ibadah haji

    Riza: amin semoga urusannya dimudahkan Allah.

    Like

  3. sihab says:

    asslm wr wb…

    pak riza,sy mau nanya tabungan Rp.20jt itu apa buat jatah porsi 1 orang saja?atau bisa buat pasangan suami istri dengan 1 rekening tanpa harus buka tabungan lagi,karena sy berencana ingin mendaftarkan haji untuk kedua orangtua.terima kasih atas pencerahannya pak.

    wsslm…

    Like

  4. abu aqlia says:

    assalamu’alaykum ustadz, terima kasih atas informasinya. Untuk melengkapi informasi ini, saya sharing syarat pendaftaran haji di depag kodya bekasi sebagai berikut:
    1. Peserta datang sendiri
    2. Copy KTP 4 lembar.
    3. Copy KK 4 lembar.
    4. Copy akte nikah 4 lembar.
    5. Copy surat keterangan domisili di atas materei 6rb dan ditandatangani lurah dan camat 4 lembar.
    6. Surat keterangan sehat dari puskesmas setempat plus copy 1 lembar.
    7. Copy tabungan.
    8. Pas photo bisa dibuat di kantor depag.
    9. Biaya dokumentasi.
    Baik petugas kantor depag dan bank semuanya ramah dan sangat membantu. Pelayanan dimulai pukul 8 pagi dan insyaallah semua urusan bisa selesai dalam 1 hari. Demikian berbagi informasi dari kami.
    Wassalamu’alaykum.

    Riza: Jazakallah… :-)

    Like

    • Andi Rianto says:

      Untuk tambahan informasi :
      Untuk surat keterangan sehat dari puskesmas untuk berdua kami dikenakan biaya per orang Rp 10.000.
      Kemarin tgl 11 Juli 2012 bertepatan libur krn PILKADA DKI, saya dan istri ngurus pendaftaran ke DEPAG Cibinong, dari rumah jam 10.30 selesai jam 13.00 (hrsnya jam 12 selesai tapi krn petugas istirahat kami diminta nunggu sampai jam 13) langsung ke BSM Cibinong untuk debit rekening. tapi krn untuk pendaftaran Juli 2012 ini Insya Allah berangkat 2017-2018 maka setelah selesai urusan di BSM kami disarankan untuk tidak usah ke DEPAG lagi, nanti saja kalau sudah ada panggilan (sekitar 2016-2017) baru menyerahkan dokumen2.
      Biaya photo di DEPAG berdua Rp 126.000. Pada dasarnya pelayanan di DEPAG Cibinong sangat baik, kalau kita sudah lengkap data2 dan antrian tidak banyak.

      Like

    • Tri Wulandari says:

      syukron infonya. di depag bekasi dikenakan biaya berapa untuk pendaftaran? mohon info detail proses pendaftaran haji bekasi, saya sudah punya tab haji 25 jt di bsm.

      Like

      • In says:

        Prosedur haji di Bekasi :
        1. Foto diri berwarna 80% background putih tidak kacamata, tidak berpakaian dinas, wanita berjilbab, tidak
        berpeci, lalu dicetak 3×4=7, 4×6=2 biayanya @ Rp 19.000.
        2. Mengurus surat keterangan domisili (rt, rw, kel, kec). Krn saya ingin cepat, maka lsg ke kel dikenai biaya
        @ Rp 150.000 & di kec @ Rp 50.000).
        3. Trus ke bank (sy ke BSM), dulu pendaftaran awal Rp 500.000, tapi mulai Feb13 hanya Rp 100.000,-.
        Sekalian setor Rp 25jt supaya lsg dpt nomor porsi untuk mengetahui kapan jadwal berangkat.
        4. Daftar ke Depag lalu mengisi formulir pendaftaran & melengkapi fotocopy ktp, kk, keterangan domisili,
        fotocopy buku nikah/akte lahir/ijazah (kecocokan data u/ pembuatan paspor melihat nama ortu/bin/binti),
        fotocopy buku tabungan depan (nama & rekening) & belakang (menunjukkan setor Rp 25jt) aslinya
        ditunjukkan juga takut bukan tabungan ybs.
        masing-masing semua 2 lembar
        5. Dipanggil untuk Sidik jari langsung di sana, oleh karena itu tidak dpt diwakilkan.
        6. Mencocokan data di formulir SPPH, foto 4×6=1buah ditempel di SPPH bila sudah ok lsg ditandatangani.
        7. Data-data fotocopy di atas dikembalikan ke calhaj & SPPH ke bank kembali untuk meminta bukti setor
        awal BPIH. Tidak dapat diwakilkan. Sisa foto semua ditempel oleh CS Bank di dokumen yang ada di
        bank, lalu ditandatangani. Sisa foto ukuran 3×4 hanya 1buah. di Bank mendapat BPIH/Siskohat (putih)
        lalu di fotocopy 2 lembar.
        8. Kembali ke Depag dengan menyerahkan fotocopy semua dokumen masing2 2lembar (KK, KTP, Domisili,
        buku tabungan, SPPH, Bukti Setor BPIH (menunjukkan nomor porsi), surat nikah (u/ melihat nama ortu
        atau bin/binti).
        9. Tinggal menunggu keberangkatan kapan, sering2lah lihat di website depag bekasi.
        10. Perkiraan bila daftar 2013, maka berangkat insya Allah 2021.

        Mudah-mudahan berguna.

        Like

      • In says:

        Lebih baik ke BSM/bank yang dituju dari pagi sehingga antrian baik di bank ataupun di depag tidak banyak. Pengalaman Maret 2013. Saya datang ke depag sekitar jam 9, yg antri baru sedikit +/- 10 orang itupun berpasangan suami istri. Tetapi begitu sy balik lagi setelah dari bank membawa SPPH & bukti setor BPIH, antriannya sudah banyak.

        Untuk fotocopy ada di seberang Depag Bekasi (dekat penjual kerang2), lebih baik difotocopy dari rumah kecuali kalau dokumen dari bank (setoran BPIH) atau depag (SPPH). Depag Bekasi letaknya di belakang Asrama haji & bersebelah belakang dengan Islamic Center, jembatan kedua setelah Asrama Haji.

        Like

      • In says:

        Jangan lupa surat domisilinya ditempel dengan materai dahulu, setelah ditandatangani calhaj ybs. Setelah itu baru ke kecamatan.

        Surat di bank juga memerlukan materai 1 buah, bila tidak bawa dapat beli dibank hanya Rp 6.000 saja tidak dilebihkan.

        Like

  5. Kang Din says:

    Ass Wr Wb,
    Salut saya sama akang yang mau berbagi pengalaman tentang pendaftaran haji. Sangat membantu, padahal DEPAG yang kantornya megah dan punya DANA ABADI pun websitenya tidak lengkap informasi Pendaftaran Hajinya.
    Hatur nuhun Kang, setidaknya ada gambaran yang lebih jelas.

    Alhamdulillah kalau ini bermanfaat. Saya memamgn yakin sih informasi ini penting buat calhaj. Minimal buat jaga-jaga dan melengkapi apa yang kurang.

    Like

  6. sri mulyati says:

    assalamualaikum..
    sy Sri dari BRISyariah Cibinong..

    kami ada produk tabungan haji, setoran awalnya hanya 50rb.
    lalu ada produk “dana talangan haji”,

    dana talangan haji ini digunakan untuk booking seat siskohat.
    sehingga calon jamaah tidak perlu menunggu terlalu lama hingga tabungan hajinya penuh.
    maksimal talangan 23 juta/orang atau maksimal untuk 6 orang dalam satu keluarga.
    tersedia fee bagi KBIH, yayasan atau perorangan yang memberikan referensi calon2 jamaah yang membutuhkan dana talangan haji.

    untuk selanjutnya bisa menghubungi saya di nomor 081283851344.
    terima kasih atas perhatiannya.
    wassalam..

    Riza: ada yang berminat? :-)

    Like

  7. nunik says:

    ass. wr. wb.

    pak riza, saya berencana untuk daftar haji bersama orang tua, tetapi saya dan orang tua berbeda ktp. saya ktp kab bogor sedangkan orangtua saya ktp jakarta, bagaimana prosedurnya suapaya kami bisa berangkat bareng ya pak? terimakasih banyak.

    wassalam

    Like

  8. Agung says:

    Assalamualaikum. Persis seperti yang anda tuliskan, hari ini setelah dr BRI membuka tabungan haji saya meluncur ke Kandepag Kab. Bogor, tiba sekitar jam 12.30 jawaban yang saya dapat sangat menggelikan bahwa petugas ybs sudah terlalu capek disarankan datang besok lagi. Terimakasih info yang telah anda tulis, saya akan hadapi biroksai dengan persiapan yang lebih matang lagi, semoga lancar semuanya. Amien. Wassalam

    Like

  9. Amir Mustofa says:

    Assalammu’alaikum wr. wb

    terima kasih atas sharingnya.
    mohon info, apakah untuk pemeriksaan kesehatan juga harus di Puskesmas kab bogor atau bisa bebas memilih puskesmas?

    Salam,

    Like

  10. Rudi says:

    trimakasih informasinya, saya nanti mudah-mudahan sabar menghadapinya dan dapat mempersiapkan fisik, mental dan persyaratan administrasi lainnya dengan baik, pertanyaan saya sama dengan saudara Amir, apabila keterangan sehat dari rumah sakit bolehkah?

    Like

  11. lisha says:

    Pak, uang 20jt ga harus disetorkan dulukan ya? bisa tidak uangnya saya tarik lagi dari bank stlh proses pendaftaran selesai sambil menunggu kuota? Maksud saya uangnya mau saya investasikan dulu (di emas) mengingat waktu tunggu yg sangat lama. Atau uangnya harus diserahkan ke rekening depag?

    saya mohon info kapan waktu penyetoran uang.

    trima kasih..

    Like

    • Ya semua uang sebesar 20 juta (sekarang 25 juta) harus disetor ke rekening depag untuk bisa mendapatkan nomor pemberangkatan. kalau enggak setor ya enggak dapat nomor. kalau mau invest pake duit sisanya yang belum disetor sebanyak 15 juta (misal jika onhnya sebesar 35 juta), setornya nanti ketika ditelpon harus melunasi uang haji. Jadi uang 20 /25 juta itu tidak bsia ditarik lagi. demikian.

      Like

  12. Terima kasih pak infonya. Adakah yg tau kl daftar haji wilayah Cigudeg Bogor antriannya sdh sampai tahun berapa saat ini? atau ada nmr telepon yg bisa dihubungi untuk mengeceknya?

    Terima kasih

    Like

  13. Mas'udah says:

    Assalamu’alaikum wr wb,
    pak riza jadi kalau saya buka tabungn di muamalat jakarta, tapi KTP saya ciputat, tangsel, tabungan saya harus ditutup dulu dan dipindahkan ke ciputat, baru daftar, sebenarnya halaman yang ada namanya dan ada saldonya dah difotokopi dan disahkan oleh petugas muamalat jakarta, apa itu tidak akan berlaku, mohon infonya wassalam

    Like

  14. Assalamu’alaikum, Wr.Wb
    “Barang siapa yang menunjukan suatu kebaikan atau petunjuk, maka dia akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengamalkannya, tanpa mengurangi orang yang mengamalkannya”, Kitab Fadilah Amal
    Salah satu persyaratan tadi adalah Akte Kelahiran/Kenal Lahir/Izajah
    itu salah satu atau semuanya Pak, soalnya saya tak berkate dan tak punya kenal lahir
    ada ijazah namanya besa dengan KTP, KK, dan surat nikah
    mohon infonya

    Like

    • mungkin yg dimaksud adalah dana talangan haji, bukan tabungan haji. rencananya seperti.itu. gak tau realisasinya kapan. dana talangan haji yg sebabkan antrian haji tambah lama. dg tabungan haji jadi ketahuan mana yg bener2 niat berangkat hingga tak zalimi yg lain. tabungan haji saya adalah bank muamalat.

      Like

  15. siska says:

    Assalamualaikum Pa….

    mw ikutan tanya dong, apa ada persyaratan batas umur? rencana saya mau mengajak anak sy dan saat ini belum memiliki KTP….

    mohon infonya ya pa…

    Terima kasih

    Like

  16. rita says:

    Bismillah
    Minta infonya pak, jika ktp jakarta, tabungan di jakarta, tapi domisili di depok maka surat keterangan lurah/kec dan surat keterangan sehat/puskesma harus sesuai ktp atau bisa didapatkan di domisili saat ini?
    Sangat bermanfaat artikelnya.jazaakallohu khoiron.

    Like

  17. MAKMUN says:

    afwan, bagaimanan mendapatkan kelompok pak? Apakah di kelompokkan oleh DEPAG yang haji mandiri saja atau gimana? bapak ikut sunnah tarwiyah tidak? kalau ikut, prosedurnya gimana? disana pakai muthowwif tidak? jika sesuai estimasi saya dan istri insya Allah tahun 1434 ini berangkat. saya belum nemu teman karena memang saya belum “woro-woro” mnecari teman yang mau haji mandiri tahun ini. Kepada yang punya teman/saudara di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah yang berhaji tahun 2013 mohon bantuannya untuk meng infokan ke saya (mitrasdj@gmail.com).

    Like

    • Yang menentukan adalah Depag. Mereka yg akan membuat rencana manasik buat yg mandiri. Nanti pengelompokkannya adalah anggota mandiri sendiri yg diawasi atau diatur oleh pimpinan rombongan. Itu jika yg mandirinya banyak. Jika tidak harus pasrah diikutkan ke kelompok kbih. Saya gak ikut tarwiyah. Tapi jika mau akanditawarkan oleh pimpinan kloter. Demikian.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s